search-button

Sep 10, 2019

4 Cara Menghubungkan Android Box ke TV

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Cara Menghubungkan Android Box ke TV. Android Box TV merupakan salah satu bentuk teknologi terkini yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Bisa dibilang sudah banyak orang yang mulai memasangnya tetapi kesulitan yang mungkin di awali oleh beberapa adalah bagaimana sebenarnya cara menghubungkan android box ke TV ini di rumah?

Memasang perangkat tersebut tidaklah susah apalagi jika kamu sudah membaca langkah-langkah merakit perangkat. Cara kerjanya sama dengan perangkat android sehingga tidak terlalu sulit. Yuk, simak.
Cara Menghubungkan Android Box ke TV

Cara Menghubungkan Android Box ke TV

Mempersiapkan Perangkat

Langkah pertama selalu diawali dengan membuka kardus dan mengeluarkan seluruh item yang ada pada perangkat. Kamu perlu membuka box android tersebut. Kemudian setelah itu cari apakah tersedia adaptor di TV konvensional.
Mengapa ini penting? Hal ini karena adaptor digunakan untuk memasang kabel serta menghubungkannya ke colokan listrik. Kelebihan android TV Box dari pada memasang TV biasa adalah keringkasan dan efisiensi pemasangan yang jauh lebih mudah dan tidak rumit.

Memasangkan Kabel HDMI

Kemudian, cara menghubungkan android box ke TV dilanjutkan dengan memasang kabel HDMI. Kamu bisa menemukannya di bagian belakang TV. Jika perangkat yang digunakan adalah perangkat konvensional biasa tanpa ada konektor atau port untuk kabel USB maka perangkat ini tidak akan bisa terpasang.

Nah, langkah selanjutnya adalah mengambil kabel HDMI tersebut lalu menyambungkannya ke bagian android TV Box tersebut.

Mengaktifkan Perangkat

Setelah selesai memasang kabel kamu perlu mengecek apakah perangkat telah tersambung atau belum. Caranya yakni dilakukan dengan mengaktifkan tombol on yang ada pada Android.

Biasanya perangkat akan langsung terkoneksi dengan ponsel tetapi bila belum terjadi maka mungkin diperlukan sebuah aplikasi pendukung yang akan membantu perangkat agar terkoneksi secara baik. Cara pasang android TV Box bisa juga dilakukan dengan menggunakan remot TV yang tersedia pada paket.

Mengaktifkan Koneksi

Agar bisa terhubung maka diperlukan jaringan internet. Kamu perlu mengoneksikan terlebih dahulu perangkat dengan WIFI atau jaringan LAN. Caranya masuklah ke bagian layar home atau bagian menu awal. Lalu, pilih menu setting. Jika bingung yang manakah menu setting maka kamu bisa tinggal melihat ikon yang berbentuk gerigi atau gear.

Selanjutnya pilih bagian On. Pilihan ini akan langsung menghidupkan dan menghidupkan koneksi wifi di tempatmu. Lalu, perlu juga memasukkan sandi atau pasword agar lebih aman.

Ini diperlukan saat kamu ingin menghubungkan perangkat TV ke sistem android yang ada di ponsel. Setelah semua terhubung maka kamu bisa langsung memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada seperti melakukan streaming video, streaming lagu dan lain-lain.

Bahkan hal-hal yang biasa kamu lakukan dengan ponsel bisa kamu pindahkan ke layar TV seperti mengedit foto, atau melakukan video call. Seperti itulah cara menghubungkan android box ke TV. Semoga membantu.
Baca juga: