search-button

Apr 4, 2014

Cara Mengetahui Email Yang Terkirim Sudah Di Baca Atau Belum

   
Advertisements
Advertisements
Pernahkan anda disuruh si bos untuk mengirim email ke luar negeri? Disuruh dosen untuk mengirim tugas lewat email? Atau mengirim lamaran kerja melalui email? Pertanyaan yang muncul di kepala anda adalah apakah email tersebut sudah terkirim apa belum? Takut di omel si bos, takut diberi nilai D sama dosen, atau takut tidak di sms si penerima kerja.

Sebelumnya saya ingin sedikit menjelaskan, layanan email provider seperti Google Gmail, Yahoo! mail, Outlook maupun yang lainnya akan langsung memberitahukan kepada anda jika email yang anda kirim ke seseorang sudah benar-benar terkirim yaitu dengan cara memeriksa di folder terkirim/sent. Dan jika email anda tidak terkirim atau gagal, maka mailer mereka secara otomatis akan memberitahukan kepada anda lewat inbox atau kotak masuk berupa Daemon mail.

Pertanyaan yang sebenarnya adalah "Apakah Email yang kita kirim tersebut sudah Di baca/buka atau belum?" Inilah yang akan saya bahas dan akan saya beritahukan bagaimana cara mengetahui hal tersebut yaitu dengan menggunakan ekstensi dari Bananatag.

Bananatag adalah sebuah layanan yang memiliki bermacam fitur. Mereka bisa melacak, mengetahui link yang ada didalam email di klik atau tidak, memberikan notifikasi atau pemberitahuan bahkan menganalisis dan memberikan laporan seputar email yang anda kirim dan bisa anda gunakan untuk layanan email provider seperti Gmail, Outlook dan berbagai klien email lainnya dan anda bisa menggunakan layanan mereka secara gratis untuk 5 email perhari.

Cara Mengetahui Email Yang Dikirim Sudah Terbaca Atau Belum :
1) Gunakan Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome di PC atau laptop lalu buatlah sebuah akun di Babanatag
2) Cari email baru di inbox dari email yang didaftarkan diatas lalu klik link Getting Started Page
3) Download ekstensi untuk browser anda sesuai dengan email yang didaftarkan
4) Setelah berhasil didownload, install lalu restart browser anda
5) Masuk ke email provider anda ( disini saya menggunakan gmail) lalu anda akan melihat icon bar baru dari ekstensi banantag, sekarang anda bisa memulai untuk mengirim email ke siapapun dengan mencentang track email di bagian bawah.

Cara mengetahui email yang sudah terbaca

6) Setelah email anda terkirim, klik icon bananatag lalu klik dashboard

Cara melihat email yang sudah dibuka

7) Log in ke akun bananatag lalu lihatlah laporan dibagian bawah maka akan ada penerima dan status dari email yang telah anda kirimkan tersebut. Jika statusnya Opened, berarti email yang terkirim telah terbuka atau telah terbaca.

Email terkirim telah terbaca

Berhasil! sekarang anda tidak perlu pusing untuk mengetahui email Gmail atau Outlook yang terkirim sudah dibaca atau belum karna bananatag akan memberi laporan kepada anda secara gratis!