search-button

Sep 10, 2019

12 Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti" di Android. Kami sering menemukan pengguna Android mungkin termasuk kamu, yang mengeluh tentang munculnya pesan error "Sayangnya Youtube telah berhenti", "Sayangnya Whatsapp telah berhenti" atau "Sayangnya facebook telah berhenti". Ini adalah kesalahan aneh yang terjadi ketika kamu menggunakan Aplikasi dan secara tiba-tiba aplikasi tersebut berhenti bekerja atau macet, kemudian kamu dibawa kembali ke Layar Utama dan munculah pesan "Sayangnya, aplikasi telah berhenti".

Masalah ini memang sangat membingungkan karena kadang Aplikasi kamu berjalan dengan lancar dan kadang aplikasi akan mati secara otomatis dengan pesan kesalahan. Bukan hanya Youtube, Whatsapp, atau facebook saja ada banyak lagi contoh Aplikasi yang mengalami kesalahan ini. Untuk itu, baca terus untuk mencari tahu cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti" di Android terbaik dan paling efektif.

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android

Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" Di Android


1. Bersihkan Background

Ketika RAM Android kamu penuh maka masalah ini akan terjadi, yups smartphone kamu punya batas dalam menjalankan aplikasi tergantung dari besar RAM. Jadi cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti" di Android karena ini adalah dengan bersihkan terlebih dahulu aplikasi – aplikasi yang berjalan sebelum kamu membuka aplikasi lain.

2. Force Stop

Seperti yang kami katakan sebelumnya, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background dapat menyebabkan pesan error muncul. For your information, ada beberapa aplikasi pada smartphone Android yang tidak bisa diberhentikan dari background hanya dengan melakukan wipe. Aplikasi – aplikasi tersebut hanya dapat di singkirkan dari background dengan force stop

3. Perbaiki Koneksi Internet

Untuk membuka aplikasi online tentu saja kita membutuhkan koneksi internet, tetapi ketika koneksi internet tidak baik, maka jangan heran jika tiba – tiba aplikasi berhenti. Cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti" di Android karena ini adalah dengan membuka aplikasi tersebut ditempat dengan kualitas sinyal yang baik, atau mungkin kamu harus mengganti provider SIM yang kamu gunakan untuk internet.

4. Restart Smartphone

Ini adalah solusi termudah untuk memperbaiki kesalahan ini, yaitu dengan mencoba untuk me-restart atau me-reboot smartphone Android kamu, jika cara paling mudah ini masih tidak dapat memecahkan masalah Android kamu, maka silakan coba cara selanjutnya.

5. Hapus Cache Aplikasi

Cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti" di Android selanjutnya adalah dengan menghapus cache aplikasi. Menghapus cache aplikasi juga merupakan cara yang sangat populer untuk mengatasi masalah ini. Karena dengan membersihkan cache aplikasi yang tersimpan akan membuat aplikasi menjadi seperti baru. Disarankan kepada semua pengguna untuk membersihkan cache aplikasi secara teratur agar aplikasi berfungsi lebih baik.

6. Perbarui Aplikasi


cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android

Masalah munculnya pesan error sayangnya aplikasi telah berhenti pada android kamu mungkin disebabkan oleh aplikasi yang telah lama atau aplikasi dengan versi lama. So kemungkinan ada pembaruan aplikasi yang telah disediakan, silahkan buka playstore dan perbarui aplikasi yang bermasalah.

7. Instalasi baru

Kadang-kadang, error “sayangnya, aplikasi telah berhenti” tersebut disebabkan karena instalasi aplikasi yang tidak tepat. Maka cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti" di Android karena ini adalah dengan mengunduh aplikasi sepenuhnya dari Google Play Store dan menggunakannya setelah berhasil dipasang dengan benar di perangkat Android kamu. So jika benar, kamu mengunduh dari tempat lain atau instalasi tidak tepat, sebaiknya segera melakukan instalasi baru.

8. Turunkan Aplikasi Ke Versi Yang Lebih Rendah

Jika masalah sayangnya aplikasi telah berhenti terjadi karena kamu baru saja menginstal atau memperbarui aplikasi, itu bisa menjadi sumber masalah yang kamu alami sekarang. Bisa saja aplikasi yang baru kamu insatal atau baru kamu perbarui tidak kompatibel dengan smartphone Android kamu. Coba turunkan versi aplikasi yang kamu pasang, atau uninstall aplikasi yang baru kamu pasang dan carilah alternatif aplikasi yang lebih kompatible.

9. Setel Ulang Semua Preferensi Aplikasi

Jika masalah aplikasi yang tiba – tiba berhenti dan muncul pesan error tersebut tidak bisa diatasi oleh cara – cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti" di Android diatas, maka silahkan ikuti cara ini dengan menyetel ulang semua preferensi aplikasi. Tinggal buka Pengaturan >> Manajer Aplikasi >> Semua >> Menu >> Atur Ulang Preferensi Aplikasi lalu Restart Android, beres.

10. Perbarui OS Android

Dalam jangka waktu tertentu atau secara rutin Android mengeluarkan versi baru, versi baru tersebut biasanya menawarkan fitur – fitur baru dan juga perbaikan bug yang artinya dengan memperbarui versi OS Android, pesan error “sayangnya aplikasi telah berhenti” akan diperbaiki.

11. Pengaturan Ulang Pabrik

Setel Ulang Pabrik hanya boleh digunakan jika tidak ada cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti" di Android diatas yang berfungsi. Harap ingat untuk mencadangan semua data dan konten kamu di cloud atau perangkat memori eksternal, seperti flashdisk sebelum melakukan metode ini karena ketika melakukan reset pabrik pada perangkat Android kamu, semua media, konten, data dan file lainnya akan dihapus, termasuk pengaturan perangkat.

12. Lepas Root


Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Android

Baca Juga:
12 Aplikasi Android Kitkat Terbaik Dan Keren
Cara Menampilkan Easter Egg Android Semua Versi
10 Gamepad Android Terbaik Murah Berkualitas

Jika smartphone Android kamu telah kamu root dan terjadi masalah pada aplikasi, maka itu artinya root yang kamu lakukan adalah penyebabnya. Sebaiknya lepas atau unroot smartphone android kamu, and you know I tihink the original is better.


Kesalahan seperti sayangnya aplikasi telah berhenti memang sangat umum saat ini. Kesalahan ini bukanlah masalah serius tapi ini adalah kesalahan acak yang terjadi karena berbagai alasan dalam situasi tertentu. Langkah pertama ketika kamu mengalami kesalahan seperti itu adalah dengan tetap tenang dan jangan mencoba untuk menggunakannya lagi dan lagi setelah crash dan pesan kesalahan itu muncul. Cukup ikuti cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti" di Android yang tercantum diatas. Terimakasih and good luck !