search-button

Jun 8, 2018

10 Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di Xiaomi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Cara jitu mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di xiaomi. Bagi saya dan mungkin juga kamu, kamera adalah fitur wajib yang harus selalu dalam keadaan baik. Karena disetiap kaki melangkah selalu saja ada momen yang ingin kita abadikan.


Dan alangkah menyebalkannya, ketika masalah atau error mulai menghampiri kamera Xiaomi kita. salah satu masalah itu biasanya munculnya pesan error “sayangnya kamera telah berhenti”. Kalau sudah begini, kamera pun tidak bisa digunakan. Karena itu kamu perlu tau cara jitu mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di xiaomi ? begini caranya…


cara jitu mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di xiaomi 0

Cara Jitu Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di Xiaomi


1. Jangan Gunakan Kamera Untuk Beberapa Saat

Ada kemungkinan ketika kamu mendapatkan pesan error "Sayangnya, Kamera telah berhenti" adalah karena kamu menggunakan kamera untuk jangka waktu yang lama. Jadi, hanya dengan keluar dari aplikasi kamera, menunggu 10 detik dan membukanya kembali akan memperbaiki masalah ini.

2. Bersihkan Cache Xiaomi

Cara jitu mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di xiaomi yang kedua adalah dengan membersihkan cache Xiaomi. Silahan download aplikasi pembersih cache untuk memudahkan ini. tapi jika kamu ingin membersihkannya secara manual juga bisa, tapi mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama. its all up to you.

3. Restart Xiaomi

Me-restart sering dapat memperbaiki masalah aplikasi sederhana termasuk masalah ini. Tapi dengan ini, sulit untuk melacak penyebab sebenarnya dari masalah. Jika kamera berhenti bekerja tanpa alasan apa pun, maka restart adalah perbaikan yang cepat dan mudah.

4. Bersihkan Data Kamera

Ini pembersihan cache yang lebih spesifik, kamu tinggal buka pengaturan lalu buka aplikasi kemudian pilih kamera, setelah itu klik clear data atau hapus data. Jangan lupa untuk back up semua data yang ada di kamera ya.

5. Hapus Cache dan Aplikasi Data Galeri


cara jitu mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di xiaomi 1


Terkadang, kamu mungkin mendapatkan error ini saat ada masalah di Galeri Kamera. Cukup, Hapus cache dan data aplikasi galeri. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah berikut ini, Pengaturan >Aplikasi>Semua aplikasi> Galeri > Hapus Cache dan Data. Sebelumnya pindahkan dulu semua file yang ada di galeri ke flashdisk atau PC kamu ya.

6. Gunakan Safe Mode

Cara ini akan memastikan apakah ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan errornya kamera
Xiaomi kamu atau tidak. Caranya seperti ini,
  • Tekan dan tahan tombol Daya
  • Tekan dan tahan opsi Power Off
  • Kamu akan mendapatkan pop-up yang meminta kamu untuk memulai ulang perangkat dalam Safe Mode, klik Oke.
Jika kamera kamu berfungsi kembali, silahkan copot aplikasi yang baru-baru ini kamu unduh.

7. Copot Custem ROM

Untuk pengguna Custom ROM, munculnya pesan error "Sayangnya, Kamera telah berhenti" bisa disebabkan karena masalah kompatibilitas atau ROM belum diinstal dengan benar. Jadi, lebih baik kamu menggunakan kembali sistem operasi original atau yang lebih kompatibel.

8. Perbarui OS Xiaomi

Jika kamu telah menunda pembaruan OS Xiaomi kamu untuk waktu yang lama maka ada kemungkinan kamu telah melewatkan pembaruan yang diperlukan untuk membantu aplikasi perangkat berfungsi dengan baik. Jadi segera perbarui OS Xiaomi kamu.

9. Install Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Mungkin error ini terjadi karena kamera bawaan Xiaomi benar-benar mengalami kerusakan. Saya sarankan, untuk sementara unduhlah aplikasi kamera pihak ketiga. Ada banyak yang tersedia yang bisa kamu unduh di play store.

10. Factory Reset


cara jitu mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di xiaomi 2

Baca Juga :
10 Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Redmi Cepat Panas dan Boros (UPDATED)
Cara Membuat Akun Mi dan Mi Cloud di HP Xiaomi
Cara Menampilkan Kontak Xiaomi Semua Seri

Penyetelan ulang pabrik atau factory reset akan membuat Xiaomi kamu kembali ke kondisi awalnya. Ini berarti kamu akan kehilangan semua data dan semua aplikasi pihak ketiga yang diinstal di Xiaomi kamu. Silahkan cadangkan semua data penting kamu, agar nanti tinggal di masukan dan diinstal ulang.


So, itu adalah cara jitu mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di xiaomi. Semoga, salah satu diantaranya dapat memperbaiki kamera Xiaomi kamu yang error itu. Selamat mencoba and have a nice weekend ;)