search-button

Apr 23, 2018

Cara Memperbaiki Power Bank Cepat Habis

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIADCOMCara Memperbaiki Power Bank Cepat Habis. Di pasaran sendiri, power bank telah disediakan dengan beragam kapasitas mulai dari 1000 miliamp hour (mAh) hingga yang mencapai 12.000,-. Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti jika daya yang dibutuhkan HP adalah 46000 mAh, maka kapasitas 10.000 mAh mampu mengisinya dua kali secara penuh.

Sehingga tidak jarang kita pun merasa bahwa power bank tidak bekerja dengan tidak atau daya yang dikandungnya semakin cepat terkuras. Kaitannya dengan hal ini, ini adalah cara memperbaiki power bank cepat habis.

Cara Memperbaiki Power Bank Cepat Habis

Mengapa Daya Power Bank Cepat Habis

Mengatasi power bank cepat habis yang pertama dapat dilakukan adalah memperbaharui pemahaman tentang daya yang dibutuhkan oleh HP. Komponen utama dalam power bank setidaknya terdapat dua devices vital yang mengontrol penyimpanan dan sirkuit perilis daya. Hal ini juga berarti terdapat beberapa baterai yang berisikan 10.000 mAh. Keduanya saling bekerja sama untuk mengisi daya HP dengan kecepatan konstan 5 volt.

Masalahnya, tidak ada HP yang mempunyai kecepatan sebesar itu. Sebagaimana yang pernah di kutip dari media cetak bahwa mobile tidak mempunyai kecepatan konstan atau bisa dibilang juga tidak mempunyai kesetabilan.

Sedangkan telephone genggam yang beredar sampai saat ini bertegangan sekitar 4.3 dan yang paling rendah 3.0. data ini mengindikasikan bahwa setiap kali kita mengisi daya ke power bank, akan ada daya yang terbuang sekitar 10% karena ketidak samaan tenaga yang keluar dengan tenaga yang masuk.

Pengeluaran Power Bank

Cara memperbaiki power bank cepat habis dengan menurunkan suhu. Suhu panas dari power bank juga berkontribusi membuang daya secara percuma. Dengan demikian, power bank telah kehilangan daya 20 persen selama kita menggunakannya. Semisal, kapasitas power bank 10.000 mAh hanya bisa memasksimalkan baterai kita sebanyak tiga kali dengan kapasitas baterei HP sebanyak 2.500 mAh dan tidak lebih. Sayangnya, kemampuan tersebut juga akan menurun seiring dengan pemakaian yang terlalu sering.

Memperbaiki power bank dengan kasus seperti ini dapat dimulai dengan cara pemakaiaannya yang dilihat dari 20 hingga 30 persen HP. Dengan hitungan ini, suatu HP berkapasitas 2.000 mAh dapat diisi ulang dengan penuh apabila power bank mempunyai kapasitas 13.000 mAh atau lebih.

Sebelum mengganti baterai baru, sebaiknya dicek terlebih dahulu dengan membukanya secara hati-hati. Dan, mengulik bagian kabel yang bisa jadi tidak terpasang seperti sidiakala.

Jika sudah melakukan hal tersebut dan tidak menunjukkan perubahan, bisa jadi baterai memang saatnya untuk diganti. Kegiatan ini, tentunya memangkas ongkos daripada membeli power bank baru. Terlebih, masa bertahan baterai tersebut kebanyakan hanya 1 tahun atau 500 kali pengisian maksimal.

Sisanya, beberapa masalah akan mengikuti seperti berkurangnya daya secara berkala. Cara Memperbaiki Power Bank Cepat Habis ini dengan menyediakan baterei sesuai jumlah dan kapasitas.
Baca Juga: