search-button

Sep 10, 2018

2 Cara Memperbaiki Power Bank Tidak Mengisi

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara Memperbaiki Power Bank Tidak Mengisi. Kebahagiaan paling ujung dari kids jaman now boleh jadi diwakili dengan keberadaan 'colokan'. Alat perpanjangan dari pusat arus listrik ini berperan untuk mengalirkan energi ke gadget-gadget mereka. Karena kebutuhan tersebut semakin besar, akhirnya terjadi peralihan yang besar pula saat power bank dipasarkan.

Alat yang satu ini mampu menampung kapasitas energi untuk dua hingga 4 kali pengisian full. Sayangnya, kebahagiaan ini bisa segera luntur jika power bank kesayangan ternyata tidak mengisi sebagaimana mestinya. Untuk mengatasinya, inilah Cara Memperbaiki Power Bank Tidak Mengisi.

Cara Memperbaiki Power Bank Tidak Mengisi

Cara Memperbaiki Power Bank Tidak Mengisi

Periksa Kabel Charger dan Adapter

Kemungkinan selalu bisa muncul untuk memecahkan masalah, sebagaimana hal ini. Sebelum panik karena power bank tidak mengisi dan berfikir mengganti yang baru, sebaiknya diperiksa dahulu semua yang berkaitan dengan pengisian batrei. Salah satunya masalah kabel penghubung power bank ke colokan.

Untuk memeriksa masih berfungsi atau tidak, satu-satunya cara hanyalah mengetes kabel tersebut dengan gadget lain, seperti HP, tablet, dll. Atau bisa mencoba power bank ke kabel lain. Jika terdapat masalah pada kabel tersebut, biasanya kabel sudah mulai aus dan ujungnya mulai terkikis.

Permasalahan tersebut dapat menyebabkan arus tidak dapat masuk ke dalam power bank. Atau sebaliknya, tempat aliran daya pada power bank telah melonggar, sehingga kabel charger tidak dapat mengikat dengan baik.

Jika Cara Memperbaiki Power Bank Tidak Mengisi ini telah dilakukan dan tidak menunjukkan hasil apapun. Maka, dapat disimpulkan bahwa sumber kerusakan ada di dalam power bank itu sendiri. Namun, jangan terburu-buru mempensiunkannya, bisa jadi hanya masalah batrei yang dapat diganti dengan yang lain.

Namun, hal ini dibutuhkan alat pendukung dan pemahaman mengenai hubungan arus dan daya sehingga hubungan tiap kabel sesuai tanpa ada resiko konsleting.

Mengganti Baterai Power Bank

Cara mengatasi Power Bank Tidak Mengisi selanjutnya adalah dengan membukanya. Cara ini boleh dibilang langkah terakhir untuk memastikan bahwa power bank memang tidak bisa digunakan lagi. Pertama, oleskan minyak kayu putih ke power bank untuk merenggangkan retakan pemisah power bank. Selanjutnya, congkel dengan obeng minus secara hati-hati.

Selanjutnya, periksa seluruh bagian kabel yang menguhubungkan antara arus positif dan negative. Jika tidak ada arus terputus, sudah bisa dipastikan bahwa batrei yang mengalami permasalahan. Tanda lain yang dapat mengindikasikan batrei adalah problem utama adalah ukurannya yang mulai mengembung.

Keadaan tersebut ditandai dengan perubahan waktu pengisian daya yang semakin cepat, namun daya cepat terkuras saat digunakan.

Cara Memperbaiki Power Bank Tidak Mengisi ini dimulai dengan mempersiapkan alat seperti soldier, batrei lithium dan nikel. Untuk kapasitas dan jenis, pastikan sama batrei terdahulu. Kemudian copot batrei beserta ikatannya dan ganti dengan batrei baru. Sisanya, batrei hanya perlu ditaruh ke tempat sedia kala beserta tutupan retakannya.
Baca Juga: