search-button

Jan 3, 2018

Cara Tepat Memilih Mesin Jilid yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Untuk menggabungkan lembaran kertas misalnya hingga 450 lembar kertas, perlu proses penyatuan dan salah satu yang bisa digunakan adalah dengan melakukan penjilidan. Untuk menjilid dengan hasil yang sempurna, Anda harus menggunakan mesin jilid yang bisa Anda temukan di toko alat tulis misalnya yang ada secara online. Mesin untuk melakukan penjilidan ini dibedakan menjadi 2 yaitu berdasarkan pada jenisnya dan berdasarkan pada tenaga penggeraknya.

Cara Tepat Memilih Mesin Jilid

Pengelompokan mesin untuk jilid yang bisa dibeli di situs belanja online tersebut adalah:

Berdasarkan pada jenisnya:

  • Mesin Untuk Penjilidan Buku: Mesin ini berukuran lebih besar dan dipergunakan untuk menjilid buku yang jumlahnya lebih besar.
  • Mesin Untuk Penjilidan Laporan: Ukuran mesin ini lebih kecil dan diperuntukkan menjilid laporan mempergunakan kawat spiral atau penjepit plastik.

Berdasarkan pada tenaga penggeraknya:

  • Mesin untuk jilid manual yang digerakkan menggunakan tangan.
  • Mesin dengan tenaga listrik.
  • Untuk memilih jenis mesin yang akan dipergunakan untuk menjilid yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Pertama adalah kebutuhan Anda.

Ada beberapa jenis mesin jilid yang ada di pasaran, yaitu:
  • Jilid spiral serta kawat double dengan pitch 3:1 dan 2:1.
  • Jilid spiral plastik yang mempergunakan spiral plastik dan khusus untuk jilid spiral plastik.
  • Jilid spiral kawat dan plastik yang dapat dipergunakan tidak hanya menggunakan spiral kawat namun juga plastik.
  • Jilid thermal yang mempergunakan bahan lem yang ada di bagian cover.
  • Jilid lem panas yang umumnya dipergunakan untuk melakukan jilid skripsi atau cover buku dan mempergunakan bahan lem panas.
  • Jilid kalender yang khusus dipergunakan untuk membuat kalender.

Kedua adalah jumlah lembaran yang akan dijilid.

Masing-masing untuk menjilid memiliki ukuran dan kemampuan atau kapasitas yang berbeda. Umumnya, mesin tersebut bisa dipergunakan untuk menjilid sebanyak 10-25 lembar akan tetapi ada juga yang dapat menjilid hingga 450 lembar bahkan lebih. Selain jumlah lembar, pertimbangkan juga mengenai kemampuan mesin tersebut untuk melubangi cover dan jenis kertas apa saja yang bisa di lubangi.

Ketiga adalah kapasitas serta frekuensi penjilidan dari mesin tersebut. Maksudnya adalah kebutuhan Anda mengenai berapa banyak Anda akan melakukan proses penjilidan dan juga berapa banyak dalam sejam atau sehari Anda menjilid. Kapasitas per jam ataupun per harinya untuk menjilid tergantung berdasarkan pada kemampuan dari operatornya atau yang mengerjakannya. Jika Anda melakukan proses penjilidan yang cukup banyak, sebaiknya gunakan yang menggunakan listrik atau mesin elektrik. Sedangkan jika Anda mempergunakan mesin tersebut untuk proses penjilidan yang sedikit, Anda bisa menggunakan mesin manual yang harganya lebih murah.

Pertimbangan lainnya untuk memilih mesin jilid yang tepat berdasarkan kebutuhan adalah:

  • Hasil akhir penjilidannya.
    Jika Anda ingin menghasilkan proses jilidan bahan tebal dengan spine atau punggung buku yang melengkung ketika dibuka. Bisa pilih tipe velo dan thermal. Untuk hasil yang bisa dibuka secara penuh dan rata bisa pilih mesin wire binding, coil binding, comb plastic binding sedangkan untuk hasil yang lebih ekonomis bisa menggunakan mesin spiral plastik dan untuk kesan profesional sebaiknya gunakan mesin spiral kawat.
  • Kemudahan ketika menambah atau mengurangi dokumen misalnya jika ada revisi. Untuk dokumen tender, jilid ring kawat harus digunakan, sedangkan untuk yang lebih mudah diedit bisa gunakan spiral plastik.
    Ukuran kertas yang Anda pergunakan.
  • Kualitas dari material mesin yang dipergunakan.
  • Merk serta garansi dari mesin untuk menjilid tersebut.
Itulah sedikit tips cara memilih mesin jilid yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.