search-button

Sep 10, 2019

7 Cara Memperkuat Sinyal 4G di Android (UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara Memperkuat Sinyal 4G LTE di Android. Mengalami kehilangan sinyal saat Anda menggunakan Android tentu membuat Anda kesal bukan? Ketika Anda sedang asik menggunakan internet atau sedang streaming video tetapi sinyal pada ponsel Anda tidak stabil tentu yang tadinya cepat akan menjadi lambat, dan semua lalu lintas data yang terhubung akan terhambat.

Hal yang Anda bisa lakukan agar sinyal Android tidak hilang tiba-tiba biasanya dengan menggunakan aplikasi tertentu. Namun ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat sinyal Android. Disini saya akan mengulas beberapa cara memperkuat sinyal 4G di Android. Langsung saja simak langkah-langkahnya.

Cara Memperkuat Sinyal 4G di Android

Tips dan Trik Cara Memperkuat Sinyal 4G di Android

1. Periksa Kekuatan Sinyal

Ketika Anda sedang menggunakan internet pada Android, tiba-tiba koneksi terputus. Ternyata setelah Anda cek sinyal operator yang digunakan melemah, otomatis aktivitas Anda ketika sedan menggunakan internet akan menjadi terhambat. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Caranya adalah selain melihat jumlah bar sinyal di status bar, ada cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal terseut. Yaitu, untuk pengguna Android cukup masuk ke "Settings » pilih About Phone » Status". Selanjutnya kekuatan sinyal akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatss (dBm).

2. Pancing Jaringan Dengan Mengaktifkan Air Plane Mode

Cara selanjutnya untuk menstabilkan sinyal 4G di Android yaitu dengan mengaktifkan Air Plane Mode, cara ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator yang Anda gunakan. Selain itu bisa saha ponsel Android Anda akan terhubung ke pemancar siyal yang lokasinya paling dekat. Tidak hanya itu selain untuk mengembalikan sinyal 4G yang tiba-tiba hilang Air Plane Mode memiliki fungsi lain yaitu:
  • Menghemat baterai
  • Mempercepat isi ulang baterai
  • Menghindari gangguan
  • Memperkuat sinyal

3. Kunci di Satu Jaringan

Melakukkan penguncian jaringan menjadi 4G Only atau LTE Only bisa digunakan untuk mempertahankan sinyal Anda agar tidak mudah hilang. Selain itu, dengan mengunci di jaringan tertentuk, baterai ponsel Anda akan lebih irit dari biasanya karena ponsel tidak akan mencari jaringan yang berbeda terus-menerus.

4. Usahakan Baterai Selalu Full

Kenapa harus selalu full? full disini bukan berarti baterai smartphone Android Anda harus berada di 100%, full disini adalah untuk menjaga supaya ponsel Anda tidak otomatis mengaktifkan mode hemat daya. Mode ini bisa saja memutus sementara koneksi ke jaringan, karena untuk berpindah koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memang memakan banyak daya. Jadi, kalau ternyata masalah sinyal pada ponsel Android Anda disebabkan hal ini, cukup charge saja smartphonenya.

5. Jangan di Gedung atau Indoor

Selanjutnya untuk mengatasi sinyal 4G yang hilang, sebaiknya ketika Anda sedang menggunakan internet dengan jaringan 4G tidak dilakukan didalam ruangan. Hal itu memang cukup berpengaruh, jaringan yang didapat tidak akan maksimal. Memang tidak terlihat, karena jaringan seluler menggunakan gelombang elektromagnetik jadi tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Saran saya Anda gunakan diluar ruangan untuk mendapatkan sinyak yang lebih maksimal dan stabil.

6. Ganti Kartu Provider SIM

Sudah mencoba beberapa cara sebelumnya, tetapi masih tidak berhasil. Silakan Anda coba cara ini yaitu dengan mengganti kartu SIM yang Anda gunakan. Mungkin saja kartu provider tersebut tidak mendukung jaringan 4G di daerah Anda, dan memang untuk saat ini di Indonesia jaringan 4G belum sepenuhnya bisa didapatkan karena masih terkendala faktor teknis.

7. Gunakan Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer & Signal Guard Pro

Terakhir, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang satu ini, yaitu aplikasi 3G/4G Speed Optimizer dan Signal Guard pro. Aplikasi ini dapat melakukan banyak hal yang berhubungan dengan jaringan di Android Anda. Aplikasi ini dapat memperbaiki sinyal Android yang hilang secara tiba-tiba. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini silakan Anda download di Google Play.
Setiap Cara Jitu Memperkuat Sinyal 4G di Android ini bisa Anda terapkan di setiap merk smartphone seperti Samsung Galaxy, Xiaomi, ASUS Zenfone, Sony Xperia, Oppo, Smarfren Andromax, LG dan merk lannya.
Dari ke 7 cara diatas Anda dapat melakukkan perbandingan, mana yang kira-kira berhasil. Silakan Anda bisa mencobanya satu persatu. Demikian penjelasan dari saya mengenai cara memperkuat sinyal 4G di Android.
Baca juga: