search-button

Sep 10, 2019

7 Cara Mengatasi “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi paling jitu Cara Mengatasi “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” di Android atau “Unfortunately Gallery Has Stopped” bisa dilakukan dengan cara mudah ini. Sebagai salah satu aplikasi yang paling sering digunakan, aplikasi galeri bertujuan untuk membuka berbagai jenis file media hiburan seperti gambar gif, foto dan video. Tetapi tak jarang pula, sebagian pengguna menghadapi kendala aplikasi galeri Android tiba-tiba tidak bisa buka dan tentu saja akan membuat kita merasa kesal.

Anda mungkin akan bertanya kenapa sering muncul keterangan galeri terhenti di Android. Ketika aplikasi galeri error, biasanya akan menunjukkan pemberitahuan seperti “Unfortunately, Gallery Has Stopped”, “Galeri Tidak Merespon”, “Force Stop” dan berbagai hal lainnya. Pada saat kesalahan ini muncul maka aplikasi tersebut akan menutup sendiri bahkan smartphone Android kita pun tidak bisa digerakkan untuk beberapa saat. Lalu bagaimana cara mengatasi galeri yang tidak bisa dibuka ini?

Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti di Android

Penyebab Sayangnya Galeri Telah Berhenti

Aplikasi galeri Android tidak merespon sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa masalah. Diantaranya adalah ukuran foto yang ingin Anda lihat terlalu besar, format video tidak didukung, penggunaan RAM yang terlalu banyak hingga menumpuknya file cache di smartphone.

Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti Pada Android

Setiap smartphone Android entah itu dari Samsung Galaxy, Oppo, Sony Xperia, ASUS, Smarfren Andromax, Lenovo, Vivo, LG, Advan, Xiaomi dan yang lainnya, telah dibekali dengan aplikasi galeri bawaan untuk membuka file media yang tersimpan. Aplikasi galeri tersebut akan melakukan scanning baik itu terhadap file yang tersimpan di memori internal maupun microSD. Untuk mengatasi aplikasi galeri tidak bisa dibuka atau muncul kesalahan Sayangnya Galeri Telah Berhenti tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Galeri Android Berhenti dan Tidak Bisa Dibuka

1. Bersihkan Cache dan Riwayat Smartphone.
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki galeri Android yang error adalah dengan membersihkan cache dan history didalam smartphone. Gunakan aplikasi pembersih sampah seperti Clean Master atau aplikasi Cleaner yang biasa Anda gunakan.
2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Galeri.
Solusi mengatasi galeri terhenti tiba-tiba adalah dengan memaksanya berhenti dan menghapus data aplikasi terebut. Tujuannya untuk melakukan reset terhadap aplikasi galeri agar datanya kembali kosong. Caranya tap Settings » Manager Aplications » All  » Gallery kemudian tap tombol Force Stop dan Clear Data.
3. Matikan Smartphone dan Reboot.
Jika muncul kesalahan Sayangnya Galeri Telah Berhenti setelah Anda menerima gambar dari smartphone lain atau foto yang dipindahkan dari kamera DSLR, matikan smartphone tersebut kemudian cabut baterai, kartu SIM dan microSD. Biarkan smartphone tidak menerima daya selama beberapa detik kemudian pasangkan kembali dan lakukan reboot.
4. Pindahkan File Media ke MicroSD.
Agar beban kapasitas memori internal smartphone tidak penuh yang menyebabkan aplikasi galeri tidak bisa dibuka, pindahkan berbagai file foto dan video ke memori eksternal yakni microSD. Caranya, buka aplikasi file maganer/file explorer kemudian gunakan fitur “Move/Pindah” ke folder di microSD.
5. Gunakan Aplikasi Galeri Pihak Ketiga.
Aplikasi galeri bawaan biasanya kurang begitu banyak memiliki fitur atau memiliki banyak kekurangan saat melakukan scan sehingga foto sulit muncul. Untuk itu, gunakan aplikasi galeri pihak ketiga yang bisa Anda dapatkan di 5 Aplikasi Gallery Android Terbaik Paling Ringan
6. Update OS Android.
Demi mendapatkan kinerja dan performa terbaik, Anda seharusnya menggunakan versi Android terbaru jika sudah tersedia untuk perangkat Anda. Hal ini pun biasanya akan memberikan fitur terbaru dan big fixing terhadap terjadinya banyak kesalahan atau error. Termasuk sering munculnya pesan sayangnya galeri telah berhenti. Caranya tap Settings » About device » Sopware Updates » Update now.
7. Lakukan Factory Reset.
Saya tidak menyarankan hal ini tetapi menjadi pilihan terkahir jika aplikasi galeri Anda masih sering menutup sendiri. Lakukan factory reset untuk memperbaiki system yang error sehingga smartphone Anda akan kembali ke pengaturan awal dan seperti baru. Pastikan untuk membackup akun sebelum melakukannya. Caranya tap Settings » Backup and reset » Factory data reset.

Kesimpukannya, ketika aplikasi galeri tidak merespon dan sering menutup sendiri, biasanya telah terjadi kesalahan hanya pada aplikasi itu saja. Dengan melakukan Cara Mengatasi “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” di Android tersebut, maka foto dan video pun bisa kembali Anda buka dan lihat.
Baca juga: