search-button

Jul 20, 2016

Cara Screenshot Tanpa Tombol di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara screenshot tanpa tombol di smartphone Android bisa dilakukan dengan mudah. Anda pasti sudah mengetahui, bahwa ketika kita ingin memfoto tampilan Android adalah dengan cara menekan tombol kombinasi. Bisa dibilang semua merk smartphone termasuk Samsung Galaxy, Sony Xperia, Asus Zenfone,  Xiaomi, Oppo dan yang lainnya mengharuskan pengguna untuk menekan tombol. Meskipun pada xiaomi pengguna bisa melakukannya melalui quick setting di notifikasi bar.

Tombol kombinasi untuk screenshot berbeda antara merk smartphone yang satu dan lainnya. Tetapi rata-rata menggunakan dua tombol yakni Power + Home atau Power + Volume. Namun  tak jarang pengguna cukup kesulitan ketika ingin screenshot menggunakan tombol ini. Bahkan bagaimana jika salah satu tombol sudah rusak dan tak berfungsi lagi? Pastinya Anda tidak akan bisa melakukannya. Tetapi kali ini saya akan memberikan solusi cara screenshot tanpa tombol di Android.

Cara Screenshot Tanpa Tombol

Cara Screenshot Tanpa Menekan Tombol Kombinasi di Android


Screen Grabber 5 adalah aplikasi screenshot Android tanpa menekan tombol. Aplikasi dengan ukuran kecil ini bisa memfoto semua tampilan layar yang sedang Anda buka. Pada dasarnya pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu kemudian sebuah tombol melayang akan muncul di sisi tampilan smartphone. Setelah itu, Anda hanya perlu menekannya dan gambar pun akan tersimpan ke galeri.
  1. Pasang aplikasi Screen Grabber 5 - No Buttons dari Play store.
  2. Buka aplikasinya lalu tap Start Now dan tombol pun akan muncul dilayar.
  3. Sekarang, buka tampilan layar yang ingin Anda foto. Disini saya akan screenshot saat video call bbm.
  4. Terakhir tap tombol tersebut hingga bergetar yang artinya foto tersimpan ke galeri.

Kesimpulannya, Screen Grabber 5 bisa digunakan sebagai salah satu alternatif cara screenshot tanpa tombol di Android. Dengan begitu Anda tidak perlu repot menekan kombinasi tombol dan aplikasinya pun bekerja dengan cepat.
Baca juga: