search-button

Dec 25, 2017

Cara Remote Presentasi PowerPoint Dari Android ke Laptop

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Pengguna smartphone bisa dimudahkan dengan berbagai aplikasi yang tersedia. Salah satunya adalah kemudahan dalam remote presentasi dari Android ke laptop atau PC. Banyak persiapan yang biasa kita lakukan pada saat akan presentasi ini. Mulai dari menyiapkan materi power point hingga alat pendukung apa saja yang akan digunakan. Beberapa alat yang sudah umum digunakan antara lain adalah laptop, pointer laser eksternal dan projektor infocus.

Mengendalikan power point saat presentasi, memang akan lebih mudah jika menggunakan pointer laser. Alasannya tentu saja karena kita bisa memindahkan setiap slide dari jarak yang cukup jauh dari posisi laptop. Selain akan membuat audience lebih fokus, hal ini pun akan membuat kita terlihat lebih prosefesional. Tetapi bagi Anda yang tidak memiliki alat ini atau ingin memaksimalkan penggunaan smartphone, berikut akan saya tunjukkan cara mengontrol presentasi dari Android ke laptop.

Cara Remote Presentasi PowerPoint Dari Android

Cara Remote Presentasi PowerPoint Dari Android


Office Remote for Android adalah aplikasi untuk mengontrol presentasi dari Android ke laptop tempat file atau materi Anda tersimpan. Aplikasi ini dirilis oleh Microsoft pada April 2015 utuk memudahkan penggunanya mengendalikan presentasi file Office mereka seperti MS Words, Excel dan PowerPoint. Pada dasarnya, ia menggunakan koneksi bluetooth yang dipairing antara Android dan Host dari pc atau laptop untuk dapat mengontrol presentasi dan akan bekerja mulai dari versi Microsoft Office 2013. Bahkan ia pun dibekali dengan fitur pointer laser virtual untuk menggerakkan slide ppt yang sedang Anda presentasikan.

  1. Pastikan terlebih dahulu bluetooth smartphone dan laptop sudah di-pairing sebelumnya.
  2. Pasang aplikasi Office Remote for Android dari Play store.
  3. Buka aplikasi tersebut kemudian install program Microsoft Remote PC di laptop Anda yang akan dikirim melalui email berisi link unduhnya kemudian restart laptop Anda.
  4. Setelah aplikasi dan program terpasang, aktifkan bluetooth dikedua perangkat yakni smartphone dan Android.
  5. Buka salah satu dokumen PPT atau PowerPoint di laptop yang akan Anda gunakan untuk presentasi.
  6. Pada tab Menu di program PowerPoint, akan muncul menu baru yakni Office Remote kemudian klik Turn ON.
  7. Sekarang, buka aplikasi Office Remote yang ada di Android kemudian pilih nama bluetooth dari laptop Anda.
  8. Tunggu beberapa saat agar proses pairing melalui aplikasi di Android berhasil.
  9. Jika sudah, maka nama file dari no enam akan ditampilkan.
  10. Tap nama file yang muncul dilayar Android kemudian mulailah presentasi.
Kesimpulannya, cara menggunakan remote office Android tidaklah sulit. Aplikasi ini akan mempermudah Anda dalam melakukan berbagai tasking yang berkaitan dengan program Microsoft Office di PC atau laptop. Salah satunya adalah mengontrol powerpoint dari Android.
Baca juga: