search-button

Feb 5, 2017

Cara Menggunakan Smartwatch U8 Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Baru beli Smartwatch U8 dan bingung bagaimana cara menggunaknnya? Inidia panduan bagaimana cara menggunakan Smartwatch U8 di smartphone Android. Jam pintar murah yang satu ini harganya memang sangat terjangkau. Dengan harga sekitar 250 ribu, Anda sudah bisa memiliki jam pintar yang disambungkan dengan smartphone android melalui koneksi bluetooth. Tak hanya akan menunjukkan tentang waktu saja karena Smartwatch U8 memiliki kemampuan dan fitur yang akan Anda sukai.

Smartwatch U8 berfungsi sebagai penerima notifikasi dari hp Android. Setiap push notification yang diterima oleh aplikasi yang terpasang di Android, maka akan langsung diterima pula oleh jam pintar ini. Sebagai contoh, jika ada obrolan BBM yang masuk ke Android, maka Anda bisa langsung membacanya dari smartwatch ini. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa memutar musik, menggunakan kamera untuk memotret hingga menelpon langsung dari pergelangan tangan. Dan berikut akan saya jelaskan cara menggunakan smartwatch u8 di Android.

Cara Menggunakan Smartwatch U8 di HP Android

Cara Menghubungkan Smartwatch U8 ke Android

Sebelum Anda dapat memakai fitur dan fungsinya, Anda harus menghubungkannya terlebih dahulu yakni dengan menggunakan aplikasi notifikasi yang disambungkan melalui koneksi bluetooth. Disinilah hal yang paling penting dan harus Anda perhatikan. Pastikan Anda memasang aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi Android agar semua fitur dapat bekerja dengan baik. Perangkat yang saya gunakan adalah Onix U-Watch U8 yang di pasangkan dengan Samsung Galaxy yang memiliki sistem operasi Android Lollipop (Android 5.1.1). Untuk lebih jelasnya, saya telah membuat panduan Cara Koneksikan Smartwatch U8 Ke Android Lollipop dengan menggukan aplikasi MediaTek SmartDevice. Ikuti tutorialnya dalam artikel tersebut.

Cara Menggunakan Smartwatch U8 di HP Android

Setelah Anda mengikuti tutorial tersebut dan berhasil memasangkannya, jangan lupa untuk mencoba semua fitur smart watch agar dipastikan semuanya berjalan dengan baik. Seperti, membuka phone book, membaca sms, melakukan panggilan telpon, memutar mp3, memotret hingga menerima notifikasi.
  1. Membaca Notifikasi.
    Seperti yang telah saya jelaskan diatas, setiap ada notifikasi yang masuk ke smartphone Android maka akan langsung diteruskan ke Smartwatch u8. Lalu bagaimana cara mengetahui notifikasi yang masuk ke smartwatch, melihat, membaca dan menghapusnya?
    • Jika ada pesan BBM yang masuk, maka akan muncul notifikasi tepat pada icon bluetooth disudut atas layar.
    • Tap tombol menu kemudian pilih menu BT notice.
    • Disini, Anda dapat membaca semua pesan atau notifikasi dengan cara menggeserkan layar paling atas. Smartwatch u8 dapat menerima hingga 5 notifikasi dengan petunjuk 1/5.
    • Untuk menghapus pesan notifikasi, tap Options kemudian tap Delete atau Empty.
  2. Memblokir Notifikasi Dari Aplikasi Tertentu.

    Memblokir Notifikasi Smartwatch U8 Android
    Sebagai contoh, Anda tidak ingin menerima notifikasi dari aplikasi LINE maka terdapat dua cara untuk melakukannya. Pertama melalui Smartwatch dan kedua melalu pengaturan didalam aplikasi MediaTek SmartDevice.
  3. Unblock Notifikasi di Smartwatch.
    Agar Smartwatch U8 dapat kembali menerima notifikasi dari LINE, tap tombol Aktif pada pengaturan notification di aplikasi MediaTek SmartDevice.
  4. Menggunakan Fitur Anti Lost.
    Tentunya, Anda tidak ingin kehilangan Smartwatch atau Smartphone Android. Dengan menggunakan fitur ini, maka setiap salah satu perangkat tersebut kehilangan koneksi bluetooth atau tidak terhubung maka ia akan bergetar dan bersuara. Untuk mengaktifkannya bisa langsung melalui Smartwatch atau dari aplikasi MediaTek SmartDevice.
  5. Menambah Smartphone Android Lain ke Smartwatch.
    Tak hanya satu, Anda dapat mengkoneksikannya ke lebih dari dua smartphone. Pastikan Anda mengikuti panduan cara menyambungkannya dengan memperhatikan aplikasi apa yang harus dipasang sesuai dengan sisem opersi Android. Pastikan juga nama bluetooth di Smartphone berbeda.
  6. Reset Data Smartwatch Kembali Ke Pengaturan Awal.
    Jika ternyata Smartwatch U8 bertingkah aneh dalam artian tidak bekerja dengan baik, cobalah untuk reset data. Caranya tap tombol Menu di Smartwatch » Setting » Reset Data.

Itulah sedikit panduan dan cara menggunakan Smartwatch U8 di Android. Jika Anda menghadapi masalah ketika menggunakan kedua perangkat tersebut, silahkan berkomentar.
Baca juga: