search-button

Sep 10, 2019

3 Cara Mengatur Ulang Kalibrasi Layar Android (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Mengatur kalibrasi touchscreen HP Android. Sebelumnya saya pernah membahas tentang cara memperbaiki layar Android yang error. Dimana layar sentuh Anda tidak berfungsi dengan baik seperti tidak responsif, hanya berfungsi setengah layar maupun sulitnya membuka aplikasi karena harus mengetuk drawer selama beberapa. Ebenrnya masalah yang dihadapi tidak jauh berbeda. Jika saat ini Anda meresa kalibrasi Android terlalu lambat atau cepat dalam merespon perintah yang dilakukn oleh jari Anda, cobalah beberapa tips berikut ini.

Yang harus dilakukan sebelum mengatur ulang kalibrasi layar Android adalah kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagian mana yang dianggap saat ini mengalami kendala. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Simple Touch Tester. Aplikasi ini akan mengidentifikasi permaslahan terhadap kalibrasi pada HP Android jika terjadi error. Adapun cara kedua adalah dengan menggunakan kode rahasia. Tetapi setiap produk Android dari merk yang berbeda akan memiliki kode rahasia yang berbeda pula. Sebagai contoh untuk menguji layar LCD dari produk Smartphone Samsung adalah dengan menggunakan kode *#0*#. Disana terdapat beberapa tombol dan salah satunya adalah tombol Touch dan Sensor.

Lalu bagaimana cara menguji kalibrasi HP Android dari produk lain seperti Asus Zenfone, Advan, Oppo, Xiaomi, Lenovo, Smartfren Andromax maupun Sony Xperia? Silahkan Anda cari kode rahasia dari masing-masing produk tersebut.

Cara Mengatasi dan Mengatur Ulang Kalibrasi Layar Sentuh HP Android

Untuk mengatsi dan mengatur kalibrasi touchscreen Android yang tidak responsif atau malah terlalu cepat dalam merespon, ikuti beberapa tips berikut ini.
  1. Masuk kedalam display settings. 
    Cara Mengatur Ulang Kalibrasi Layar HP Android
    Setiap produk memiliki lokasi pengaturan yang berbeda. Atur ulang kalibrasi yang ada didalam pengaturan tersebut. Sebagai alternatif, jangan mengaktifkan fitur Auto Rotation.
  2. Jika HP Android tidak memiliki pengaturan kalibrasi seperti yang diharapkan pada display settings, pasang aplikasi SwiftKey keyboard. Ia memiliki pengaturan yang dinamakan Touch Input. Dari sana, Anda bisa mencoba untuk mengatur ulang kalibrasi.
  3. Lakukan Factory reset. Jika ternyata langkah diatas tidak berhasil maka ini merupakan cara terakhir yang saya rekomendasikan. Tetapi dengan melakukan factory reset, maka Android Anda akan kembali pada tampilan awal seperti pertama kali Anda membelinya.
Baca juga :
Itulah cara mengatur ulang kalibrasi layar Android agar kembali bisa bekerja dengan baik. Semoga berhasil.