search-button

Jan 8, 2018

Cara Merubah dan Mengganti Warna Font Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comMerubah warna font bawaan Smartphone dan Tablet Android sesuai dengan keinginan sendiri. Android OS memiliki banyak kelebihan yang sangat disukai oleh para penggunanya. Tak heran semakin hari pengguna Tablet dan Smartphone Android semakin bertambah jumlahnya. Bukan hanya karena sistem operasi ini cukup canggih, namun tersedianya banyak aplikasi untuk membantu kegiatan sehari-hari pun menjadi salah satu kelebihan tersendiri. Mulai dari aplikasi untuk meningkatkan produktifitas, tersedianya game untuk mambantu anak belajar hingga berbagai aplikasi lain yang biasanya hanya bisa dikerjakan melalui pc kini bisa langsung dari genggaman tangan.
Kelebihan lain yang tak kalah disukai oleh para pengguna Tablet dan Smartphone Android adalah karena kita bisa melakukan kostumisasi secara menyeluruh. Dari mulai mengganti tema, mengganti gaya huruf (font) hingga yang akan saya bahas saat ini adalah mengganti warna font Android. Tentu saja hal ini dapat memberikan pengalaman baru dan suasana yang lebih segar karena biasanya kita melihat warna font putih bisa dirrubah ke warna sesuai dengan yang kita inginkan.

Mengganti Warna Font Tablet dan Smartphone Android

Untuk Anda yang saat ini ingin merubah dan mempercantik tampilan Android agar memberikan kesan yang tidak bosan, bisa mencoba untuk mengganti warna font dari setiap aplikasi yang terpasang. Tentu saja untuk melakukan hal ini kita memerlukan aplikasi tambahan dan disini saya menggunakan Nova Launcher.
Nova launcher adalah salah satu aplikasi launcher terbaik untuk Android OS. Ia bisa merubah tampilan android yang memiliki banyak fitur dan kelebihan. Aplikasi yang satu ini tersedia juga secara gratis, dan hal yang bisa ia lakukan antara lain, mengganti tampilan home screen, merubah fungsi dock serta bisa kita gunakan untuk melakukan kostumisasi dengan berbagai efek pada drawer aplikasi Smartphone dan Tablet Android. Dengan demikian saya akan memanfaatkan launcher ini sebagai aplikasi pengubah warna font Android. Pastikan anda telah memasang aplikasi nova launcher sebelum melakukannya dan cara ini saya lakukan pada Android yang sudah di root.
Cara Ganti Warna Font Android
  1. Merubah warna font pada Drawer Aplikasi Android. Apps drawer adalah bagian dari tampilan Android dimana ia akan menampilkan aplikasi dan widget yang sudah terpasang di Tablet dan Smartphone. Biasanya font bawaan atau default pada app drawer berwarna putih disini saya akan mengubahnya menjadi warna kuning.
    • Buka aplikasinya lalu jadikan sebagai launcher default untuk Android yang anda gunakan.
    • Buka Nova Launcher Settings lalu tap Drawer.
    • Gulirkan kebawah kemudian cari dan tap Label Color.
    • Disana kita bisa memilih warna yang kita inginkan dan disini saya memilih warna kuning seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  2. Mengganti warna font pada tampilan Home screen. Pastinya untuk lebih mempermudah ketika kita akan membuka aplikasi, biasanya aplikasi tersebut akan kita taruh di layar depan atau home screen. Tujuannya tidak lain agar semakin mudah untuk menggunanaknnya. Untuk merubah warna font aplikasi Android yang tampil pada Home screen, simak cara berikut.
    • Buka Nova Launcher Settings lalu tap Desktop.
    • Gulirkan kebawah kemudian cari dan tap Label Color.
    • Cara inipun sama seperti cara diatas.
Baca juga :
Sekarang anda bisa merubah warna font aplikasi Android yang tampil pada home screen dan app drawer dengan menggunakan nova launcher.