search-button

Oct 28, 2014

10 Tips Memilih Tablet Terbaik Untuk Anak

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Tablet saat ini tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja namun bisa kita lihat dengan semakin majunya teknologi digital disegala bidang, anak kita pun membutuhkan perangkat pintar dan canggih yang satu ini. Tujuannya bukan saja untuk mengenalkan anak terhadap kecanggihan teknologi sejak kecil, namun juga dapat membantu anak agar ia bisa lebih pintar dikemudian hari. Ada begitu banyak pengalaman baru yang bisa anak jelajahi dengan menggunakan Tablet. Mulai dari game berkategori edukasi hingga aplikasi pintar khusus untuk anak.

Bagaimana Cara Membeli Tablet Terbaik Untuk Anak?

Ada begitu banyak tablet yang telah di produksi oleh berbagai produsen. Jelas saja hal ini membuat para orang tua kebingungan untuk memutuskan jenis Tablet apa yang cocok untuk anak, meskipun anda telah memiliki nama produsen yang dipercaya tetapi hal tersebut akan berbeda jika diberikan kepada anak. Simak beberapa tips berikut sebelum anda benar-benar memutuskan untuk membelinya.

Memilih Tablet Tebaik Untuk Anak
  1. Untuk Apa Anak Perlu Sebuah Perangkat Tablet?.
    Komputer dan Tablet adalah dua jenis perangkat yang berbeda. Pastikan apakah dia sering bermain dengan temannya diluar atau justru jarang keluar dan lebih banyak menghabiskan waktu didalam rumah. Sebagai contoh, jika ternyata ia sering menghabiskan banyak waktu untuk belajar tentang dunia diluar sana maka kita memerlukan tablet yang sifatnya akan membuat anak betah berada dirumah. Tujuannya untuk mencari alternatif agar ia punya waktu istirahat dirumah tetapi masih bisa merasakan bahwa dirinya seperti sedang berada diluar. Dan begitu juga sebalikya, bagi anak yang sering berada didalam rumah, berikan ia tablet yang akan membuatnya bersemangat dan berani untuk pergi ke luar rumah dan belajar menjelajahi dunia disekitar tempat kita tinggal.
  2. Desain.
    Apa yang membuat Tablet khusus digunakan untuk anak berbeda dari tablet standar salah satunya adalah desain. Mulai dari desain fisik hingga navigasi didalamnya. Pilih Tablet yang memiliki tampilan yang akan disukai oleh anak serta mudah untuk dinavigasi dan dioperasikan. Pilih warna favorit dan mencolok yang akan disukai oleh anak. Jangan memberikan tablet dengan desain untuk orang dewasa karena akan lebih sulit dan complex ketika mereka menggunakannya.
  3. Sistem Operasi dan Aplikasi.
    Apakah Anak akan diberi Tablet dengan sistem operasi iOS atau Android? Memang ada beberapa OS tablet diluar sana. Namun kedua OS inilah yang saat ini banyak digunakan dan memiliki kelebihan masing-masing. Tetapi jika saja saya sudah memiliki seorang Anak, saya akan putuskan untuk memberikannya sebuah tablet Android. Alasannya karena kita bisa membuat beberapa profil pengguna meskipun hanya dalam satu tablet.
  4. Processor.
    Anak kita nantinya akan sangat sibuk. Mulai dari menyelesaikan game edukasi, berkaraoke, menggambar, belajar membaca, menulis hingga menutup dan membuka berbagai macam aplikasi. Tentu saja dengan membelikannya Tablet yang menggunakan processor dengan teknologi terkini dan RAM yang bisa bekerja lebih cepat tidak akan membuat dia kesal karena sering lags.
  5. Layar.
    Pilihlah Tablet yang memiliki layar 7 inch. Tujuannya tidak lain untuk menekan beban atau berat dari tablet itu sendiri. Sehingga Anak akan lebih mudah untuk membawanya. Dengan layar 7 inch pun anak kita akan lebih mudah untuk menggunakannya karena jenis layar ini adalah ukuran standar untuk anak-anak. Serta, disesuaikan untuk jari kecil mereka saat melakukan tapping. Tetapi ingat, setiap produk yang dibuat memiliki ukuran resolusi gambar yang berbeda meskipun ukuran layar tersebut 7 inch. Seperti Google Nexus 7 yang memiliki resolusi layar 1280 x 800. Sementara Apple iPad Mini memiliki resolusi 1024 x 768.
  6. Daya Tahan Tablet.
    Sudah sangat jelas bahwa orang dewasa dan anak-anak memiliki kebiasaan yang berbeda. Coba perhatikan ketika ia sedang melempar sebuah boneka, tidak rusak bukan? Bagaimana jika ternyata ia sedang memegang tablet sambil berlari lalu tiba-tiba jatuh? Pilihlah sebuah Tablet yang memiliki daya tahan yang cukup kuat. Kita membahas tentang anak yang kurang hati-hati ketika menggunakan Tablet yang akan bertahan ketika jatuh, tahan terhadap benjolan, goresan hingga tahan terhadap air sekalipun harus diperhitungkan. Beberapa trik lain untuk mengatasi hal ini dengan membeli penutup tablet agar memiliki perlindungan yang lebih.
  7. Tempat Penyimpanan.
    Tablet tersebut hanya khusus untuk Anak. Tidak seperti para orang tua yang akan menyimpan berbagai macam file hiburan seperti musik mp3, video atau photo bahkan hingga ratusan aplikasi dan permainan yang dipasang. Pilih Tablet yang memiliki storage standar untuk anak yakni dikisaran 8GB.
  8. Tablet Yang Memiliki Stylus.
    Anak-anak sangat suka menggambar. Apa yang ia temui diluar akan ia gambar ketika sudah berada dirumah. Dan apa yang telah ia pelajari tentang binatang, akan ia gambar untuk menirukan bentuknya. Kelebihan lain dengan membeli Tablet yang memiliki stylus adalah anak-anak bisa belajar langsung untuk menulis teks atau kalimat langsung menggunakan Tablet. Bukankah akan lebih mengasyikkan bagi anak dari pada menulis langsung di atas kertas?
  9. Koneksi Internet.
    Tablet sedianya telah memiliki kemampuan agar dapat digunakan untuk mengakses internet dengan menggunakan akses internet paket data dan Wifi. Perhatikan, berapa umur anak anda saat ini? Apakah baru berumur 3 atau 4 tahun atau memang sudah berumur 7 tahun? Permainan yang bersifat edukasi akan sangat dibutuhkan baik untuk mendownload maupun untuk memperbaharuinya. Tentu saja kita membutuhkan koneksi internet untuk melakukannya.
  10. Kontrol Orang Tua.
    Parental controls menjadi salah satu hal wajib yang harus anda perhatikan.  Pastikan Tablet yang kita beli dan diberikan ke anak memiliki sistem atau fitur ini. Tentu saja kita tidak mau anak kita melakukan kegiatan atau aktivitas seperti orang dewasa pada tablet mereka. Baik dalam memilih permain, aplikasi, mapun ketika ia mengakses internet.
Baca juga :
Sebagai orang tua, kitalah yang bertanggung jawab atas apa yang kita berikan untuk memfasilitasi anak. Keputusan untuk memberikan Tablet masih tergantung beberapa faktor dn gaya hidup keluarga. Termasuk tujuan apa membelikan anak sebuah Tablet, usia anak, apakah dia anak sekolah dasar atau masih TK serta sistem operasi apa yang diinginkan.