search-button

Oct 27, 2014

10 Tips Memilih Tablet Terbaik Untuk Bisnis

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Memutuskan untuk mulai menggunakan tablet yang akan dijadikan sebagai salah satu pendukung untuk mempermudah pekerjaan dalam kegiatan bisnis merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat. Terlepas dari kebiasaan kita dalam menggunakan laptop, perangkat mobile seperti tablet dapat memberikan kemudahan tersendiri. Tentu saja selain karena berat dari tablet lebih ringan daripada laptop, ia juga memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa dituliskan dengan angka. Bayangkan saja, dijaman yang serba digital seperti saat ini, kegiatan bisnis tidak saja hanya terjadi secara offline namun juga banyak transaksi yang dilakukan secara online. Mereka melakukan penjualan dan pembelian langsung dilakukan dari genggaman tangan.
Memilih tablet yang cocok untuk digunakan dalam kegiatan bisnis harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Termasuk hal apa saja yang akan anda lakukan ketika menggunakannya. Sebagai referensi, simak hal penting apa saja yang harus anda perhatikan ketika berencana memilih dan membelinya.

Tips Sebelum Membeli Tablet Untuk Bisnis


Tablet Untuk Bisnis
  1. CPU dan Processor.
    Jika kita berbicara tentang bisnis, tentu hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting. Pilihlah tablet yang tidak akan lelet pada saat nanti kita sibuk menggunakannya. Tablet untuk bisnis harus bisa berjalan dan bekerja dengan cepat. Satu atau dua aplikasi yang berjalan mungkin akan membuat tablet anda tetap bekerja dengan cepat. Tetapi bagaimana jika puluhan? Terlebih akan ada banyak aplikasi yang berjalan pada background untuk mendukung satu aplikasi dengan yang lainnya. Pilihlah CPU Exynos 5 atau Snapdragon S5 serta Processor yang memiliki minimal 1.9 GHz karena biasanya akan bekerja dengan cepat dan lembut.
  2. Memori Penyimpanan.
    Apa yang akan anda simpan dan kerjakan? Jika bisnis yang anda kelola diutamakan untuk membuat, mengedit menyimpan jenis file office seperti membuat laporan atau data berupa spreedsheets, dokumen word maupun hanya dalam lingkup data statistik lain, maka anda tidak perlu banyak memerlukan memori internal. Namun sebaliknya, jika ternyata anda sering membuat graphic design, video, gambar, foto, rekaman audio maupun jenis file yang besar maka anda benar-benar memerlukan memori yang sangat besar. Memori internal yang dimiliki tablet secara umum biasanya antara 8GB hingga 512GB. Jika ternyata kapasitas tersebut dirasa masih sangat kurang, pilihlah tablet yang bisa mendukung memori eksternal.
  3. Sistem Operasi.
    Mengganti sistem operasi yang sudah terpasang pada sebuah tablet dari produsen tertentu sangat sulit untuk dilakukan. Ya, tebakan anda benar. Laptop yang kebanyakan memiliki sistem operasi windows bisa kita rubah dari waktu ke waktu. Hal tersebut sangat jauh berbeda dengan tablet. Pastikan, apakah kita membutuhkan tablet dengan sistem operasi Android, iOS, Windows dll. Kita bisa mencari informasi tambahan baik itu dari teman yang sudah terlebih dulu menggunakan maupun mencari informasi dari sumber terpercaya lainnya. Tentunya, hal yang lebih penting adalah pilihlah sistem operasi yang mudah untuk dipahami dan tidak terlalu sulit untuk dinavigasi serta dipelajari. Jika anda bertanya manakah yang terbaik menurut saya? Pilihan saya akan jatuh pada Android OS.
  4. Ukuran Layar.
    Layar tablet biasanya memiliki ukuran antara 6 inch hingga sekitar 12 inch. Tentu saja pada pilihan ini, layar yang lebih kecil akan lebih mempermudah kita ketika membawanya. Namun kelebihan lain yang dimiliki oleh layar dengan ukuran yang lebih lebar akan membuat kita jauh lebih nyaman ketika membaca e-book, menonton video, bermain game maupun untuk melihat dan memeriksa foto serta gambar yang memang kita butuhkan dalam melakukan pekerjaan. Kelebihan lain dari layar yang lebih lebar yakni akan membuat kita lebih cepat ketika mengetik untuk membuat file dokumen word, tidak peduli seberapa besar ukuran ujung jari tangan anda.
  5. Konesi Internet.
    Dimanakah anda akan sering membutuhkan koneksi internet? Apakah didalam ruangan atau dilapangan? Hampir semua tablet dibuat agar bisa terkoneksi ke internet menggunakan Wi-Fi. Tentunya dalam konteks ini saya akan berkesimpulan anda akan sering online didalam ruangan atau area yang memang terdapat koneksi wi-fi. Meskipun begitu, anda harus tetap memastikan bahwa tablet yang akan anda beli mampu terkoneksi ke wi-fi. Sementara jika ternyata kita sering berada dilapangan, pastikan memilih produk yang bisa terkoneksi ke internet menggunakan jaringan 3G atau diatasnya. Apple iPad Air telah mendukung koneksi internet menggunakan wi-fi dan sesuler.
  6. Kamera.
    Apa yang membuat kamera tablet begitu penting untuk bisnis adalah karena anda akan selalu berinteraksi dengan klien atau rekan bisnis. Sebagai contoh, untuk melakukan pertemuan secara online atau biasa kita sebut teleconfrence melalui video call sudah pasti kita membutuhkan kamera depan yang memiliki ukuran MP yang cukup tinggi. Disisi lain untuk mengambil foto dari proyek yang sedang anda kerjakan bisa menggunakan kamera belakang yang juga harus memiliki MP tinggi. Proses untuk membuat dan merekam video pun akan terlihat bagus dan tetap profesional.
  7. Baterai.
    Energi yang dimiliki baterai untuk tetap membuat tablet tetap hidup dan berjalan menjadi salah satu bagian yang sangat penting. Seberapa lamakah anda akan sibuk menggunakan tablet ketika bekerja? Memang, untuk menghemat baterai agar tidak boros bisa kita siasati dengan cara mengatur kecerahan layar atau menonaktifkan aplikasi yang tidak cukup penting agar tidak berjalan pada background. Meskipun begitu, pastikan produk tablet yang akan kita beli memiliki kekuatan energi yang tahan lama. Baik ketika digunakan setelah diisi maupun ketika digunakan sambil mengisi agar tidak menggelembung.
  8. Berat Dari Tablet.
    Sesuatu yang mungkin tidak terlalu kita permasalahkan adalah tentang ukuran berat dari tablet. Namun hal ini justru menjadi salah satu kelebihan tablet karena ia tidak akan membuat pinggang kita sakit seperti yang dilakukan laptop. Setelah anda membeli tablet, anda akan selalu membawanya kemanapun anda pergi untuk kegiatan bisnis. Baik itu diluar ruangan maupun didalam rumah. Ukuran berat dari tablet biasanya akan tergantung pada ukuran lebar layar.
  9. Kecerahan Layar.
    Bedakan hal ini dengan ukuran layar yang sudah saya jelaskan diatas. Bagaimana jika kita melakukan pertemuan bisnis atau sering bekerja diluar dengan teriknya matahari? Anda pasti sering mengalami hal ini. Smartphone maupun tablet akan sulit untuk kita navigasi ketika berhadapan dengan cahaya matahari baik yang terkena langsung ke layar maupun cahaya hasil pantulan. Meskipun kita sudah mengatur kecerahan tetap saja layar tersebut tidak bisa terlihat. Bahkan hanya akan membuat baterai menjadi lebih boros. Beberapa produk dari Samsung dan Apple telah memiliki kemampuan untuk mengatasi cahaya matahari agar tetap bisa terlihat dengan baik.
  10. Harga.
    Semakin banyaknya produk tablet yang telah dibuat dan dipasarkan oleh berbagai produsen menjadikan mereka tidak saja berlomba pada kualitas produk yang dibuat namun juga terhadap persaingan harga. Untuk mendapatkan kualitas tablet terbaik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan, anda bisa melihat beberapa type yang telah dibuat oleh Samsung dan Apple karena produk mereka banyak digunakan untuk mendukung bisnis dan pekerjaan.
Tips apalagi yang sekiranya anda butuhkan sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan tablet untuk bisnis? Segeralah putuskan dan kembangkan bisnis anda.