search-button

Aug 4, 2017

2 Cara Mengaktifkan Google Play Protect di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Inilah panduan lengkap cara mengaktifkan google play protect di semua hp Android agar smartphone semakin aman. Baru-baru ini google merilis sebuah fitur keamanan terbaru yang beberapa bulan lalu sempat diperkenalkan di acara Google I/O 2017 yaitu Google Play Protect. Dan pada juli lalu, goolge pun sudah membagikan fitur ini keberbagai perangkat Android di berbagai belahan dunia. Lalu apa dan bagaimana cara kerja dari fitur Google Play Protect ini?

Google Play Protect adalah sebuah fitur keamanan terbaru dari sistem operasi Android. Google Play Protect terdiri dari sebuah paket yang menyatukan beberapa fitur keamanan lama dan beberapa fitur baru yang tujuannya adalah untuk melindungi perangkat pengguna Android termasuk smartphone dan tablet dari aplikasi berbahaya ataumalware. Lalu bagaimana cara mengaktifkan google play protect di android dan apakah bisa digunakan pada semua versi Android OS?
Cara Mengaktifkan Google Play Protect di Android

Cara Mengaktifkan Google Play Protect di Android

Pada dasarnya Google Play Protect bisa digunakan pada semua sistem operasi Android yang minimal sudah memperbarui aplikasi Google Play Services versi 11.3. Namun karena setiap pengguna memiliki smartphone dengan merk dan type yang berbeda, maka jangan disama ratakan antara fitur ini di smartphone Anda dengan orang lain.

Cara kerja google play protect ialah akan memindai semua aplikasi yang telah terpasang di Android Anda secara realtime dan akan memberikan notifikasi jika ada aplikasi berbahaya atau malware didalamnya. Tenang saja, google play protect akan aktif pada background sehingga kita tidak perlu melakukan scanning secara manual atau memerlukan aplikasi antivirus pihak ketiga. Cara mengaktifkan google play protect di Android adalah sebagai berikut.

1. Update Gooogle Play Services ke Versi 11.3

Sistem operasi apapun yang kamu gunakan, alangkah baiknya jika selalu menggunakan layanan google play pada versi terbaru. Cara update google play service ini kadang menyulitkan pengguna karena saat kita cari di aplikasi Play Store memang tidak bisa ditemukan. Melainkan harus melalui pengaturan akun Google.
  • Buka “Settings » Google” kemudian tap opsi tiga titik disudut kanan atas dan tap “Help & Feedback.”
  • Selanjutnya tap lagi opsi disudut kanan tersebut dan tap “View in Google Play Store.”
  • Jika aplikasi Gooogle Play Services sudah terbuka di aplikasi Play Store, tap saja tombol update.
  • Selanjutnya periksa versi dari Google Play Service tersebut.
Cara Mengaktifkan Google Play Protect
Baca juga:

2. Mengaktifkan Google Play Protect

Cara menggunakan google play protect tentu saja harus diaktifkan terlebih dahulu. Dan jika kamu sudah memperbarui aplikasi Google Play Service ke versi 11.3, maka ikuti langkah ini.
  • Buka “Settings » Google » Security.”
  • Selanjutnya tap “Google Play Protect.”
  • Terakhir geserkan tombol “Scan devices for security threats” sampai berwarna hijau dan aktif.
  • Selesai.

Cara mengaktifkan google play protect ini bisa kamu terapkan pada Android Kitkat, Lollipop, Marsmallow dan Nougat. Dan seharusnya fitur ini bisa digunakan pada smartphone Samsung Galaxy, Xiaomi, Huawei, LG, OPPO, Vivo, Lenovo, Asus Zenfone, Sony Xperia dan yang lainnya.