search-button

Jun 9, 2017

10 Tips Cara Vlogging Menggunakan Smartphone

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tips cara vlogging menggunakan smartphone agar video kamu berkualitas. Jika kamu seperti kebanyakan orang yang tidak bisa jauh-jauh dari smartphonenya, entah itu untuk mengecek instagram, facebook dan mengupdate semua aktifitas kamu di sana. Ya, memang sulit menahan diri untuk tidak mengupdatenya. Smartphone menjadi alat yang bagus untuk berfoto-foto dan merekam video. Tapi pernahkah kamu berpikir untuk membuat vlog dengan smartphone kamu?

Apa bisa? sure! smartphone kamu bisa merekam video HD, jadi kenapa kamu gak buat vlog aktifitas seru kamu. Sekarang ini semakin banyak orang yang tertarik menggunakan smartphone mereka untuk menciptakan konten berkualitas yang mereka share di instagram ataupun youtube dan voila! mereka jadi selebgram atau youtuber yang terkenal dan bahkan kaya. Mau seperti mereka? simak tips cara vlogging menggunakan smartphone.
Cara Vlogging Menggunakan Smartphone

Cara Vlogging Menggunakan Smartphone

1. Lensa

Kita akui bahwa kamera smartphone tidak sebagus kamera DSLR atau Mirrorless yang harganya mahal, tapi ada tips cara vlogging menggunakan smartphone. Ada begitu banyak pilihan ketika kita bertanya mengenai hp yang bagus untuk vlog. Tapi, sekarang ini banyak sekali terdapat lensa-lensa ekternal yang dapat membuat kamera smartphone kamu naik to next level. Banyak jnis lensa yang dapat kamu pilih sesuaai kebutuhan kamu.
Baca : 10 Kamera Vlog Terbaik Untuk Youtuber Hasil Video Maksimal

2. Tripod

Tips cara vlogging menggunakan smarphone selanjutnya adalah penggunaan tripod. Apa itu tripod? tripod adalah sebuah alat bantu yang memiliki tiga kaki fungsinya sebagai penyangga. Kalau kamu pernah melihat fotografer yang menggunakan sebuah alat untuk menyangga kameranya, nah itu tripod. Tapi emang ada tripod untuk smartphone ? jaman sekarang apa sih yang gak ada, kamu tinggal cari di olshop aja.penggunaan tripod akan sangat memabntu kamu dalam proses perekaman vlog, tripod membuat kamu tidak harus selalu memegang smartphone dan meminimalisir kemungkinan video goyang.

3. Landscape

Tidak ada yang merusak subuah rekaman hebat selain dua bilah garis vertikal di kedua sisi video kamu. Untuk menghindari kesalahan amatir ini, pastikan untuk menggunakan mode landscape. Mode landscape tidak hanya membuat video kamu tampak lebih menyenangkan secara estetis namun juga membuatnya lebih menyenangkan untuk ditonton di layar lebar. Jadi ingat! tips cara vlogging menggunakan smarphone ketiga, jangan pernah memegang smartphone kamu secara vertikal ketika merekam vlog.

4. Zoom

Kesalahan ini sering sekali dilakukan oleh para vlogger pemula, yaitu penggunaan zoom digital. Dan sayangnya sebagian besar smartphone menggunakan digital zoom, yang hanya merupakan trik software yang akan membuat vlog kamu terlihat lebih dekat tanpa menambahan piksel. Nah tips cara vlogging menggunakan smartphone untuk memperbesar saat merekam tanpa kehilangan kualitas ketajaman, kamu harus lebih dekat dengan subjek rekam kamu atau menggunakan perangkat bantuan.

5. Flash

Mungkin kita pernah melihat video yang subjeknya memiliki kulit kuning dan mata merah ditambah dengan latar yang gelap. Ulah siapa itu ? bukan sepenuhnya salah si juru kamera tapi juga flashnya. Seperti yang kita tau, smartphone dilengkapi dengan lampu LED yang terlalu terang dan bisa mengacaukan warna gambar. Jika kamu ingin merekan pada malam hari, tips cara vlogging menggunakan smartphone kamu harus mencari sumber cahaya lain, seperti neon sign atau juke box. Lampu-lampu itu dapat membantu pencahayaan tanpa mengganggu warna gambar.

6. Backlighting

Tips cara vlogging menggunakan smartphone selanjutnya adalah tentang backligthing (lampu latar). Kamu mungkin bisa melihat wajah orang-orarng saat kamu menyalakan backlight tapi kamera smartphone biasanya hanya membuat subjek menjadi gelap. Untuk menghindari situasi ini, coba kamu atur cahaya tempat kamu melakukan perekaman, atau kamu bisa mencari posisi merekam yang cahayanya pas.

7. Audio

Kualitas audio vlog juga sangat penting, tapi sayangnya kualitas audio yang dihasilkan dari smartphone kurang baik. Tips cara vlogging menggunakan smartphone utnuk masalah audio ini adalah kamu harus menggunakan microphone eksternal untuk smartphone, yang akan memberikan kualitas audio jauh lebih baik.
Baca : 10 Microphone Terbaik Untuk Video Youtube

8. Editing

Editing diperlukan untuk membuat vlog yang “iuh” menjadi “wow”, bingung gimana mengeditnya  ada tipsnya cara vlogging menggunakan smartphone, iya... kamu gak perlu repot-repot untuk mengeditnya dengan software PC yang kamu gak ngerti karena sekarang ini sudah banyak aplikasi edit vlog di android yang bisa kamu download di play store bahkan secara gratis.
Baca : 10 Aplikasi Edit Video Vlog di Android Terbaik

9. Time-lapse

Time-lapse adalah teknik fotografi untuk mengabadikan proses yang panjang kedalam video singkat berdurasi puluhan detik dengan melakukan shoot subjek dengan interval waktu yang konstan. Ngerti? (gak...) gini contohnya kamu akan membuat video dengan subjek pertumbuhan tanaman kacang dari mulai ditanam hingga tumbuh. Mungkin saja kamu merekamnya dengan cara manual selama berhari-hari, tapi bayangkan berapa gigabyte yang diperlukan ? dan berapa lama kamu akn mengeditnya? Tapi jika kamu menggunakan tehnik time-lipse akan sangat berbeda proses dan hasilnya, yang pastinya lebih mudah.

10. Framing

Framing adalah sebuah “aturan”, aturan utama dari framing adalah subjek harus ditemptkan sedikit ke kiri atau ke kanan dari pusat frame. Terutama jika subjek memiliki unsur directionality untuk itu. (misalnya, jika memframe close up seorang aktor melihat dari kiri ke kanan, maka dalam frame aktor harus sedikit ke kiri tengah). Ini dikenal sebagai aturan pertiga yaitu konsep pada produksi film video dimana frame dibagi menjadi sembilan bagian imajiner, dimana kamu harus menempatkan subjek pada 1/3 atau 2/3 dari keseluruhan lebar frame dan bukan menempatkan subjek tepat di tengah.
Baca : 10 Webcam Gaming Terbaik Untuk Youtuber
Semoga tips cara vlogg menggunakan smartphone di atas dapat membantu kamu dalam membuat vlog yang berkualitas. Happy vlogging!