search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Update! Panduan lengkap Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP Oppo dengan beberapa metode pilihan yang tepat agar play store bisa kembali terbuka. Tak sedikit pengguna smartphone Oppo yang mengelami kendala pada smartphone mereka. Termasuk pada aplikasi google play store seperti adanya pesan eror, play store yang tidak ada sambungan hingga tidak berfungsi sama sekali.

Kita ketahui jika aplikasi google play store tidak bisa dibuka di HP Oppo, maka pengguna akan cukup kesulitan untuk memasang game maupun aplikasi yang dibutuhkan. Meskipun ada pilihan untuk memasangnya dari file APK tetapi pilihan yang paling aman adalah mendownloadnya dari play store. Lantas apa penyebab google play store tidak berfungsi di hp Oppo ini?
Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO

Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO

Banyak pengguna yang merasa nyaman menggunakan hp Opp. Pada dasarnya, semua smartphone Oppo yang bersistem operasi Android telah dibekali dengan skin atau launcher bawaan yakni ColorOS. Hal paling umum yang menjdi penyebab play store tidak terbuka di hp Oppo adalah karena koneksi internet yang lambat sehingga selalu muncul batas waktu koneksi habis. Disisi lain, adanya error yang terjadi akibat pengaturan dari pengguna maupun disebabkan oleh bugs. Akibatnya muncul pesan “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti
Berikut adalah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah play store yang error tersebut.

1. Paksa Berhenti Aplikasi Play Store

Sebelum memperbaiki play store di hp Oppo dengan cara yang lebih sulit, lakukan terlebih dahulu trik mudah ini. Masuk ke "Settings » Apps » Tab All » cari aplikasi Google Play Store" kemudian tekan tombol “Force Stop”.

2. Bersihkan Data Aplikasi Play Store

Jika selalu muncul pesan di hp Oppo "Unfortunately, google play store has stopped”, bersihkanlah data aplikasi tersebut. Caranya tap "Settings » Apps » tab All » Google Play Store" tap  tombol “Clear Data”.

3. Perbarui Aplikasi Play Store

Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari aplikasi google play store. Untuk itu, lakukan update agar mendapatkan perbaikan bugs dan meningkatkan kinerjanya.

4. Hapus Pembaruan Aplikasi Play Store

Jika ternyata play store tidak terbuka di hp Oppo setelah Anda mengupdatenya, kembalikan lagi aplikasi tersebut ke versi semula. Caranya "Settings » Apps » tab All » Google Play Store" tap  tombol “Uninstall Update”.

5. Update Aplikasi Google Play Service

Untuk smartphone Oppo model China, memang tidak dibekali dengan aplikasi Google Apps. Pastikan Anda menggunakan aplikasi play service versi terakhir jika smartphone tersebut sudah di flash melalui custom recovery.

6. Keluar Dari Akun Goolge

Trik selanjutnya yang juga bisa diterapkan ketika tidak bisa install aplikasi Android di HP Oppo karena error adalah dengan keluar dari akun google kemudian masuk kembali.

7. Perbarui Versi colorOS atau Android OS

Jika memang sudah tersedia, periksa lalu update versi colorOS dan Android untuk menutup kemungkinan bugs dan error dari versi saat ini.

8. Matikan Hp Oppo dan Restart

Matikan smartphone Anda kemudian lepaskan kartu memori eksternal micro SD Oppo dan SIM Car. Biarkan selama beberapa menit kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.

9. Wipe Cache Partition

Ini merupakan salah satu cara mengatasi play store tidak bisa dibuka di hp Oppo yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati yakni dengan  cara masuk ke Recovery Mode Oppo. Matikan smartphone kemudian tekan tombol “Volume Down + Power”. Saat hp bergetar, lepaskan kedua tombol tersebut hingga muncul logo OPPO. Selanjutnya pilih bahasa dan tap “Wipe data and cache”. Pilih hanya opsi “Wipe cache” kemudian tap “Yes”. Setelah selesai, tap “Reboot”.

10. Factory Reset Hp Oppo

Lakukan backup sebelum factory reset kemudian kembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Ini merupakan salah satu metode yang cukup berhasil untuk memperbaiki play store di hp Oppo.
Kesimpulan : Cara mengatasi play store tidak bisa dibuka dan tidak bisa download di smartphone OPPO ini bisa Anda terapkan ke seri Oppo Joy, Mirror 5, Oppo R7, Oppo F1, Oppo seri A dan seri lainnya. Semoga bermanfaat.