search-button

Sep 10, 2019

6 Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – UPDATE! Salah satu kendala yang dihadapi pengguna smartphone Android ketika akan install aplikasi dari Google Play adalah munculnya beberapa keterangan. Seperti “Tidak Ada Sambungan, atau Periksa koneksi & coba lagi”. Petunjuk ini memberitahu pengguna bahwa koneksi internet yang ada pada smartphone tidak berjalan dengan baik padahal akses internet baik itu melalui wifi atau paket data sudah di aktifkan. Lalu bagaimana cara memperbaiki play store tidak ada sambungan seperti ini?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan aplikasi play store Android sulit untuk mendapatkan koneksi atau akses data. Beberapa yang paling umum diantaranya adalah jaringan internet dari paket data kartu SIM atau wifi sedang lemah, banyak aplikasi yang berjalan pada background yang juga mengakses internet dan belum ditutup hingga menumpuknya cache didalam aplikasi play store itu sendiri. Sehingga menyebabkan play store tidak ada sambungan.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan

Cara Mengatasi Aplikasi Play Store Tidak Ada Sambungan

  1. Pengaturan Tanggal dan Waktu.
    Periksa kembali apakah pengaturan tanggal dan waktu sudah kamu atur dan menunjukkan kedalam waktu saat ini. Jika ternyata salah, silahkan atur ulang.
  2. Menutup Aplikasi Yang Berjalan Pada Background.
    Setiap aplikasi yang kamu buka untuk mengakses internet akan terus berjalan sebelum ia kamu tutup dengan cara yang benar. Misalnya, kebiasaan banyak pengguna ketika membuka browser seperti Chrome akan menutupnya hanya dengan menekan tombol Home. Padahal ia akan terus berjalan pada latar dan menghambat terhadap proses aplikasi yang lain.
  3. Hapus Cache Aplikasi Play Store.
    Cara Memperbaiki Play Store Tidak Ada Koneksi
    Coba kamu ingat, kapan terakhir kali kamu membersihkan cache yang sudah menumpuk didalam aplikasi ini? Caranya tap Setting » Manajer Aplikasi » Didownload kemudian tap Google Play Store. Setelah masuk kedalam info aplikasi, tap tombol paksa berhenti dan tombol Hapus Memori.
  4. Menghapus Update Aplikasi Play Store.
    Jika kamu baru saja memperbaharui aplikasi google play store kedalam versi terbaru, bisa jadi inilah yang menyebabkan tidak ada sambungan. Untuk itu kemblikan kedalam versi awal seperti saat pertama kali kamu menggunakannya. Caranya ikuti navigasi pada langkah no 3 tetapi disini kamu menekan tombol Hapus Instalan Pembaruan..
  5. Mengubah APN (Access Point Name).
    Gunakanlah alternatif apn dari layanan kartu SIM yang kamu gunakan. Caranya tap Setting » Jaringan Lainnya » Jaringan seluler. Kemudian pilih menu Nama Poin Akses dan tambahkan dengan apn baru.
  6. Reboot.
    Matikan smartphone Android kemudian cabut dan lepaskan baterai, micro sd dan kartu SIM. Biarkan selama satu menit kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.

Dengan mengikuti beberapa cara mengatasi play store tidak ada sambungan seperti diatas, maka aplikasi tersebut akan kembali berjalan untuk mendownload aplikasi ataupun game. Selamat mencoba.
Baca juga:
  1. 7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Play Store
  2. Mengatasi Android Tidak Bisa Terkoneksi Ke Internet
  3. Cara Mengaktifkan Play Store Di HP Android