search-button

Sep 10, 2019

2 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Oppo

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara memindahkan aplikasi ke sd card Oppo bisa Anda lakukan dengan dua trik yang berbeda ini. Smartphone Oppo yang kita gunakan tak lain untuk mempermudah kita dalam melakukan segala kegiatan harian. Tasking ini memerlukan aplikasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Dan hal inilah yang mengharuskan kita memasang banyak aplikasi di smartphone.

Disisi lain, akan timbul masalah seperti “tidak cukup ruang pada perangkat oppo” yang artinya kita tidak bisa intsall aplikasi baru di smartphone tersebut. Jangankan untuk memasang aplikasi yang baru, terkadang karena penyimpanan sistem oppo penuh ini kita pun tidak bisa update aplikasi sama sekali. Untuk mengatasi hal ini, salah satu solusi yang paling jitu adalah dengan cara memindahkan aplikasi ke sd card Oppo.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Oppo

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Oppo

Ada banyak keuntungan ketika kita menjaga memori internal hp Oppo agar selalu lega. Hal ini akan menjaga agar smartphone tersebut tetap ngebut dan tidak lag saat melakukan banyak tasking. Tapi jika penyimpanan internal Oppo penuh, maka kita pun akan mengalami kesulitan. Disii lain, micro sd menjadi penyelamat bagi hp yang dibekali dengan memori kecil. Tak hanya untuk menyimpan file dan foto saja. Kita pun bahkan bisa memindahakn aplikasi ke micro sd ini.

1. Memindahkan Aplikasi yang Sudah Terinstall ke MicroSD.
Untuk metode pertama ini, saya akan menunjukkan cara memindahkan aplikasi yang sudah terpasang di hp Oppo ke memori eksternal menggunakan fitur bawaan. Hal ini sudah tersedia di semua seri termasuk Oppo Joy, Oppo F1, Oppo R9, Oppo Neo, Oppo A53, Oppo A37, Oppo A59,  Oppo Yoyo dan seri lainnya. Meskipun lokasi fitur ini berbeda namun fungsinya sama saja.
  • Tap “Setelan » Kelola Aplikasi“ kemudian pilih tab “Diistall“.
  • Pada tampilan ini, gulirkan kebawah kemudian cari aplikasi yang ingin Anda pindahkan misalnya “Instagram”
  • Setelah muncul tampilan App Info, tap tombol “Pindah ke SD”.
Agar nanti tidak muncul lagi error “ruang penyimpanan hampir habis”, pindahkan semua aplikasi sd card dengan langkah tersebut.
Baca juga:

2. Cara Memindahkan Aplikasi Agar otomatis Terinstall di SD Card.
Smartphone Oppo dibekali dengan ROM colorOS yang merupakan bawaan dan milik Oppo. Meskipun demikian pada dasarnya Android OS lah yang menjadi sistem operasi ini. Dan salah satu fitur yang dimiliki oleh Android OS ini yaitu pengguna bisa mengatur agar aplikasi bisa terinstall di sd card secara otomatis.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Oppo

  • Tap “Setelan » Penyimpanan”.
  • Gulirkan kebawah kemudian tap “Lokasi pemasangan yang disukai” terakhir pilih “Kartu SD”.
  • Dengan menerapkan pengaturan tersebut, maka setiap aplikasi yang akan kita pasang akan langsung pindah ke memori eksternal.

Cara memindahkan aplikasi ke sd card oppo bisa dilakukan dengan mudah karena memang sudah tersedia fitur didalamnya. Sebagai tips tambahan, gunakanlah aplikasi yang memiliki banyak fungsi dan fitur agar kita tidak perlu memasang banyak aplikasi di hp Oppo.
Baca juga: