search-button

Feb 17, 2017

3 Cara Menambah Bahasa Indonesia di Andoid 100% Sukses

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Berhasil! Panduan lengkap Cara Menambah Bahasa Indonesia di Andoid dengan tiga trik yang berbeda agar smartphone kamu memiliki banyak pilihan bahasa. Tak sedikit para pengguna yang mendapatkan atau memesan smartphone langsung dari mall online luar negeri. Hal yang mengejutkan ketika kamu memesannya adalah tidak tersedianya bahasa indonesia dalam hp tersebut karena memang bukan untuk dipasarkan ke indonesia.

Setiap smartphone dari satu seri, diberi sebuah kode versi yang khusus untuk dipasarkan di suatu negara tertentu. Contohnya Samsung Galaxy J5 2016 (J510G) dan Galaxy J5 2016 (J510F) . Berbeda kan? Nah inilah yang menjadi alasan kenapa smartphone kamu tidak tersedia bahasa indonesia. Tetapi dalam artikel kali ini saya akan menunjukkan bagaiamana Cara Menambah Bahasa Indonesia di Android yang memang bukan versi untuk negara kita.

Cara Menambah Bahasa Indonesia di Andoid

Cara Menambah Bahasa Indonesia di HP Andoid

Tetapi tidak terbatas pula, beberapa diantara kamu mungkin membeli smartphone second hand yang hanya tersedia bahasa inggris saja. Misalnya pada hape Xiaomi versi China, kamu tidak akan menemukan bahasa lokal dan harus menambah bahasa indonesia di Xiaomi secara manual. Dan berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Menambah Bahasa Indonesia di Android Dengan Aplikasi Morelocale 2

Trik pertama jika kamu ingin hp Android ada bahasa Indonesianya adalah dengan menggunakan Morelocale 2. Aplikasi sederhana ini menyediakan berbagai bahasa negara yang lengkap dan bisa kamu aktifkan dengan mudah. Tetapi, bagi sebagain smartphone mungkin membutuhkan akses root jika ingin menggunakannya.
  • Download aplikasi Morelocale 2 dari play Store.
  • Buka aplikasinya kemudian pilih Bahasa Indonesia (ID).
  • Jika muncul keterangan “Permission Denied” artinya hp kamu harus di root dulu.
Tetapi jika bahasa indonesia langsung aktif, artinya kamu berhasil menambah bahasa indonesia di Android tanpa root.

2. Menambah Bahasa Indonesia Dengan Aplikasi Set Locale and Language

Solusi kedua untuk mengganti bahasa di hp Android dengan indonesia adalah menggunakan aplikasi Set Locale and Language. Aplikasi penambah bahasa indonesia di Android ini memungkinkan pengguna untuk mencari dan mengaktifkan bahasa dari berbagai negara secara manual. Tapi ingat, saatb kamu menggunakan aplikasi Set Locale and Language, sifatnya tidak permanen. Artinya saat hp kamu di reset maka kamu harus download kembali aplikasi ini.
  • Download aplikasi Set Locale and Language dari play Store.
  • Buka aplikasinya dan cari Bahasa Indonesia (ID).
  • Jika sudah ketemu, aktifkan saja.
  • Untuk menggunakan aplikasi ini, kebanyakan smartphone harus di root terlebih dahulu.
Baca juga:

3. Menambah Bahasa Indonesia di Android Dengan Flash Stock Rom atau Firmware Indonesia

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengganti bahasa hp Android adalah dengan melakukan flash stock rom atau frmimware ke Bahasa Indonesa. Misalnya jika kamu mendapatkan smartphone tersebut bukan versi khusus indonesia sebaiknya lakukan hal ini. Selain lebih efektif, bahasa yang akan kamu dapatkan pun akan permanen. Jika kamu melakukan factory reset maka bahasa indonesia akan tetap tersedia. Pastikan kamu memilih firmware official dari merk smartphone kamu.
Tutorial Cara Menambah Bahasa Indonesia di Andoid tersebut bisa kamu coba ke berbagai merk smartphone yang tidak tersedia bahasa indonesia. Seperti Samsung galaxy, Xiaomi, ASUS Zenfone, Oppo, Lenovo dan merk lainnya. Semoga bermanfaat.