search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Mengatasi "Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat" OPPO

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Smartphone oppo dibekali dengan internal storage yang cukup beragam disetiap seri yang dipasarkan. Tetapi tidak dipungkiri bahwa kebanyakan pengguna merasa bahwa memori internal yang diberikan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan akan daya tampung dari berbagai file yang disimpan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah munculnya keterangan “tidak cukup ruang pada perangkat” Oppo ini.

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada oppo bisa dilakukan melalui beberapa solusi. Tetapi sebelum saya menjelaskannya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu hal apa saja yang dapat menyebabkan peringatan ini muncul. Penyebab tidak cukup ruang pada perangkat oppo pada dasarnya terjadi karena penyimpanan internal telah penuh digunakan oleh berbagai aplikasi dan file. Misalnya oleh data aplikasi, sistem hingga foto dan musik yang tidak Anda pindahkan ke microSD. Yang pada akhirnya, saat kita akan menginstall aplikasi baru, selalu muncul “tidak cukup ruang pada perangkat” dan selalu gagal.

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat OPPO

Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat OPPO

Smartphone Oppo dibekali dengan versi Android OS dan skin ColorOS yang berbeda. Dalam tutorial ini tak hanya akan memberikan solusi bagi penyimpanan sistem oppo penuh saja, namun juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi ruang penyimpanan yang hampir habis. Entah itu pada Oppo Joy, Oppo F1, R9, Oppo Neo dan seri lainnya.
1. Pindahkan Aplikasi ke MicroSD.
Dimulai dari Android 4.0 Kitkat, para pengguna sudah bisa memindahkan aplikasi yang sudah terpasang ke kartu eksternal tanpa root. Fitur ini pun tentunya ada pada setiap seri smartphone Oppo meskipun navigasi atau tampilan pengaturan akan berbeda dari tiap versi OS-nya.
2. Pindahkan Default Pemasangan Aplikasi ke MicroSD.
Jika cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup pada hp oppo diatas bertujuan untuk memindahkan aplikasi yang sudah terinstall, maka solusi kedua ini adalah untuk mengatur agar semua aplikasi yang akan Anda download dari play store secara otomatis terpasang di kartu microSD. Untuk tutorialnya, silahkan baca disini : 2 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Oppo
3. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting.
eskipun aplikasi telah Anda pindahkan ke kartu memori eksternal, namun pada dasarnya sistem aplikasi tetap berada pada internal memory. Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun tidak menutup kemungkinan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya keterangan “tidak cukup ruang pada perangkat”. Untuk itu sebaiknya Anda hapus saja aplikasi yang jarang digunakan.
4. Pindahkan File Hiburan Seperti Foto, Music, Video.
Sepertinya adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua pengguna untuk selalu menyimpan berbagai file media hiburan di microSD. Contohnya saja pada Oppo F1s yang memiliki keunggulan pada kamera untuk selfie, ukuran file dari setiap foto pasti cukup besar bisa sampai 5MB perfotonya. Untuk itu atur agar setiap kita mengambil foto langsung tersimpan ke kartu memori. Begitu pun dengan aplikasi lainnya.
5. Factory Reset.
Cara mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat Oppo yang terakhir ini bisa Anda lakukan jika memang smartphone tersebut mengalami error. Factory reset akan memperbaiki semua sistem agar kembali ke pengaturan awal. Tapi ingat, lakukan backup sebelum factory reset agar nantinya mudah untuk restore data setelah factory reset ini.

Itulah beberapa solusi cara mengatasi "tidak cukup ruang pada perangkat" oppo, jika And mengalami kendala atau memiliki trik lain, silahkan sharte didalam kolom komentar.
Baca juga: