search-button

Nov 9, 2016

Cara Menggunakan Multi Window di Android Tanpa Root

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Berhasil, Cara Menggunakan Multi-Window di semua merk Android tanpa root dengan trik mudah ini agar Anda bisa melakukan dua tasking sekaligus dalam satu tampilan layar smartphone. Fitur multi window pada Android memang bukan sesuatu yang baru dikalangan para tweaker. Tetapi hal ini berbeda ketika hadir pada samsung galaxy S7 yang terkesan baru. Padahal, beberepa developer telah membuat modul aplikasi multi window yang bisa di install melalui Xposed installer.

Cara mengaktifkan mode multi window pada smartphone yang telah dibekali native apps seperti Galaxy S7 bisa dilakukan melalui tombol recent apps yang diambil dari multi tasking. Tetapi bagaimana jika pengguna menggunakan merk smartphone lain yang tidak memiliki fitur multi window bawaan seperti Samsung Galaxy dibawah S7, Xiaomi, ASUS Zenfone, Oppo, LG dan yang lainnya? Nah, pada tutorial kali ini saya akan menunjukkan cara menggunakan multi window di Android tanpa harus melakukan root yang telah saya praktekkan pada Android Lollipop.

Cara Menggunakan Multi Window di Android

Cara Menggunakan Multi Window di Android

Leena Launcher adalah aplikasi multi windows Android yang bisa kita pasang pada Android tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Pada dasarnya, aplikasi peluncur sederhana ini memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi melalui split screen yang bisa terbuka lebih dari satu. Kita pun bisa membukanya melalui apps drawer dengan tampilan yang bisa di skotumisasi. Selain itu, ia pun bisa kita gunakan melalui dua mode yang berbeda yakni Landscape dan Portait.
Baca juga:

Cara Mengaktifkan Multi Window di Android Menggunakan Leena Launcher

Hal yang bisa kita lakukan ketika menggunakan fitur multi window Android dari aplikasi ini yakni bisa membuka lebih dari satu tampilan windows atau multi-tasking tanpa harus menutup yang lainnya. Seperti membuka file manager, membuka galeri foto sambil menonton video atau youtube. Bahkan kita pun bisa mengatur ukuran dari masing-masing tampilan windows tersebut.
  • Pasang aplikasi Leena Desktop UI (Multiwindow) dari Play store.
    Cara Mengaktifkan Multi Window di Android
  • Buka aplikasi tersebut kemudian jadikan sebagai aplikasi launcher Anda.
  • Setelah aplikasi tersebut aktif, tap menu disudut atas.
  • Selanjutnya, buka aplikasi atau file hiburan dengan melakukan tap 2x maka akan terbuka dalam window baru.
  • Gunakan jari Anda untuk memperbesar dan memperkecil ukuran masing-masing windows yang telah terbuka.

Kesimpulannya, Cara Menggunakan Multi Window di Android Tanpa Root bisa dilakukan menggunakan aplikasi diatas. Pada artikel ini saya mengujinya menggunakan samsung galaxy grad prime dengan Android Lollipop dan mengaktifkan multi window dari aplikasi tersebut.
Baca juga: