search-button

Nov 4, 2016

2 Cara Membuat Watermark Video di Android

   
Advertisements
Advertisements
Heyriad.com – Berhasil, trik cara membuat watermark video di Android agar logo Anda muncul ketika video diputar bisa dilakukan dengan langkah ini. Pentingnya menambahkan watermark pada video bisa menjadi salah satu cara agar video yang telah Anda buat terhindar dari klaim pihak lain. Misalnya saat Anda mengupload video ke youtube, masukkan logo kedalam video tersebut agar tidak ada channel lain yang melakukan reupload.

Membuat konten video yang bagus dan terlihat profesional tidak akan selesai hanya dalam waktu satu hari saja. Bahkan kita perlu menghabiskan banyak waktu hingga berminggu-minggu. Itulah kenapa membuat logo watermark untuk video yang Anda buat sangatlah penting. Jika hal ini biasanya dilakukan menggunakan software seperti Adobe Premiere, maka dalam tutuorial kali ini saya akan menunjukkan cara membuat watermark video langsung di Android agar prosesnya lebih mudah.

Cara Membuat Watermark Video di Android

Cara Menambahkan Logo Watermark di Video Menggunakan Andorid

Sebelum saya menjelaskannya secara rinci, tutorial ini adalah untuk menambahkan logo di video yang hendak Anda buat. Baik itu dengan memasukkan teks atau logo gambar dari channel atau brand Anda yakni menggunakan aplikasi Kinemaster. Aplikasi video editor ini memiliki banyak fitur dan kemampuan. Yang salah satunya bisa menjadi alternatif sebagai aplikasi watermark video di Android yakni dengan menggunakan fitur layering.

Cara Membuat Watermark Pada Video Menggunakan Aplikasi Kinemaster

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan, yakni dengan membuat watermark video menggunakan logo gambar dan watermark menggunakan teks. Tapi sebelumnya, silahkan download aplikasi Kinemaster dari Play store.
1. Cara Menambahkan Gambar Logo Watermark di Video 
Cara Menambahkan Logo di Video Android

Persiapkan logo channel youtube atau logo brand Anda dan simpan didalam smartphone.
Buka aplikasi Kinemaster kemudian tap Media Browser dan masukkan video yang ingin ditambahkan watermark.
  1. Setelah video masuk kedalam panel, tap Layer » Image  kemudian masukkan gambar logo watermark kedalam video dan atur posisinya. Misalnya berada ditengah atau sudut bawah.
  2. Selanjutnya tap tool Alpha (Opacity) untuk mengatur tingkat opacity dari watermark didalam video tersebut.
  3. Jika video sudah sesuai dengan keinginan Anda, tap tombol Share » Save video to gallery.
Baca juga:
2. Cara Membuat Watermark Video Menggunakan Teks
Aplikasi Watermark Video di Android

Untuk trik yang kedua ini bisa menjadi alternatif jika Anda tidak memiliki gambar logo, yakni hanya dengan membuat teks atau nama channel youtube Anda.
  1. Buka aplikasi Kinemaster kemudian masukkan video.
  2. Tap Layer » Teks » kemudian masukkan teks Anda.
    Cara Memasukkan Watermark Video di Android
  3. Selanjutnya atur opacity dan simpan seperti langkah pada nomor 1.

Kesimpulannya, cara membuat watermark video di android bisa menggunakan aplikasi Kinemaster. Anda bisa memanfaatkan fitur layering untuk menambahkan watermark pada video dengan dua pilihan yang berbeda. Yakni memasukkan teks atau gambar logo kedalam video.
Baca juga: