search-button

Sep 10, 2019

Cara Koneksikan Kamera Drone ke Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Sebelum dapat merekam video dan berfoto selfie dari udara menggunakan RC drone, kita harus mengaktifkan dan mengkoneksikan kamera wifi yang sudah terpasang di RC drone ke smartphone. RC drone quadcopter yang sudah dibekali dengan fitur FVP (First-person view), salah satu kelebihannya adalah untuk memudahkan seorang pilot ketika ingin merekam video atau mengambil foto dari sudut tertentu. Bagi pilot yang hobi mengambill foto dari udara (aerial photography) pastinya ingin mendapatkan hasil yang terbaik dan sempurna.

Saya sendiri lebih menyukai wifi camera drone tanpa koneksi internet. Selain lebih menghemat data, hal ini juga tidak akan memberatkan smartphone Android ketika menerima gambar yang ditampilkan pada layar ponsel. Kamera wifi drone pun banyak macamnya, dari mulai produk kelas profesional hingga yang memiliki kualitas gambar standar. Bagi Anda yang saat ini baru saja memiliki drone quadcopter fvp, berikut adalah cara setting wifi cameranya.

Mengaktifkan Wifi Camera Drone Ke Android

Menghubungkan Kamera Wifi RC Drone Ke Android

Pada buku panduan yang Anda miliki dari produk drone quadcopter, biasanya sudah disertakan jenis wifi camera dan aplikasi smartphone untuk menampilkannya. Bisa dari jenis iOS atau Android OS. Berhubung saya mengkoneksinkannya ke Android, jadi langkah berikut adalah untuk sistem operasi tersebut saja.
  1. Download aplikasi FVP sesuai produk kamera dari play store atau situs resminya.
  2. Hidupkan rc quadcopter dengan menekan tombol switch hingga berada pada posisi “ON” dan tunggu beberapa detik.
  3. Buka pengaturan pada Android lalu aktifkan wifi.
  4. Tunggu hingga proses pencarian nama wifi dari kamera drone selesai.
    Cara Menghubungkan Kamera Wifi Drone Ke Android
  5. Jika sudah ditemukan oleh Android, tap pasangkan.
  6. Terakhir, buka aplikasi FVP yang tadi didownload.
  7. Gambar pun akan ditampilkan pada aplikasi di Android tersebut.
Jika drone quadcopter sudah dihidupkan tetapi wifi dari kamera tidak ditemukan oleh ponsel, bersihkan cache Android lalu reboot. Pastikan lampu wifi camera pada rc drone pun sudah aktif dan menyala. Itulah cara koneksikan kamera wifi di rc drone quadcopter ke smartphone Android.