search-button

Sep 1, 2016

5 Solusi Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tips paling jitu cara mengatasi aplikasi facebook tidak bisa dibuka di Android karena error atau selalu muncul keterangan force stop. Pada beberepa merk smartphone tertentu, aplikasi facebook Andorid telah terpasang dan menjadi aplikasi bawaan. Hal ini mungkin akan disukai oleh penggunanya, tetapi sebagian belum mengetahai bahwa aplikasi facebook Android adalah salah satu yang sering menyebabkan baterai Android boros dan cepat habis.

Aplikasi facebook akan bekerja pada latar dan mengambil beban RAM dari smartphone cukup besar. Pada saat aplikasi facebook tidak bisa dibuka di Android, biasanya akan muncul pemberitahuan tertentu seperti “Sayangnya, Facebook telah berhenti” atau “Unfortunately, Facebook has stopped”. Tetapi tidak menutup kemungkinan keterangan lain pun bisa saja muncul yang pada akhirnya aplikasi facebook berhenti, keluar sendiri bahkan smartphone menjadi lemot. Lalu kenapa aplikasi facebook tidak bisa dibuka?

Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Aplikasi Facebook Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi facebook yang telah terpasang, akan menyimpan data dan cache dengan tujuan untuk mempermudah pemuatan saat kita akan membukanya. Tetapi cache ini bisa menumpuk dan menjadi penyebab facebook Android tidak bisa dibuka. Faktor lain yang dapat menyebabkan aplikasi facebook error ini adalah karena kapasitas RAM smartphone Anda yang kecil tetapi sedang membuka banyak aplikasi atau multi-tasking. Yang pada akhirnya, aplikasi facebook pun terkena dampak dari beratnya beban RAM yang diminta.

Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Tidak Bisa Dibuka di Android

Saya akan berkesimpulan, bahwa tidak ada masalah dengan konesi internet di smartphone Anda. Entah itu saat menggunakan internet dari paket data maupun Wifi. Artinya, kita hanya akan fokus mengatasi aplikasi facebook Android-nya saja. Untuk memperbaiki aplikasi fb yang tidak tidak bisa dibuka, Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.
1. Bersihkan History dan Cache.
Solusi pertama untuk mengatasi facebook Android selalu menutup sendiri adalah dengan membersihkan riwayat dan cache didalam smartphone Anda. Caranya pasang aplikasi Clean Master kemudian gunakan fitur “Clean Junk” dan “Phone Boost”.
2. Paksa Berhenti dan Hapus Data.
Meskipun saat ini Anda tidak sedang menggunakan aplikasi facebook, tetapi ia akan berjalan pada latar dan terus membebankan RAM.  Untuk itu, kita harus memaksanya berhenti dan menghapus data didalam aplikasi itu sendiri. Tetapi, Anda akan log out atau keluar ketika melakukannya. Caranya tap Settings » Application manager » Facebook. Tap hingga muncul info aplikasi kemudian tap tombol Force Stop dan Clear Data.
Aplikasi Facebook Tidak Bisa Dibuka di Android
3. Update Aplikasi Facebook.
Salah satu penyebab aplikasi facebook Android tidak bisa digunakan adalah karena Anda tidak pernah memperbaruinya. Untuk itu pastikan bahwa ia sedang pada versi terkahir. Carannya buka Play store kemudian cari Facebook dan tap tombol Update jika tersedia.
4. Hapus dan Install Ulang Aplikasi Facebook.
Hapus aplikasi facebook Andoid kemudian bersihkan sampah menggunkana aplikasi clean master tadi. Tujuannya agar tidak ada file dari aplikasi yang tersisa. Setelah itu pasang ulang aplikasinya dari Google play.
5. Matikan Smartphone dan Reboot.
Jika aplikasi facebook Android tetap tidak bisa dibuka, matikan smartphone kemudian lepaskan baterai, kartu SIM dan MicroSD dari slot. Biarkan selama beberapa detik kemudian pasangkan dan hidupkan. Tujuannya adalah untuk memulai ulang sistem Android saat sedang reboot.

Kesimpulannya, memang tidak menutup kemungkinan aplikasi facebook error disebabkan oleh hal lain. Tetapi dengan mengikuti cara mengatasi aplikasi facebook tidak bisa dibuka yang telah saya jelaskan diatas, maka masalahnya akan teratasi dan aplikasi faceook Android pun bisa digunakan kembali.
Baca juga: