search-button

Sep 19, 2016

Cara Setting Email Kantor Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Biasanya, ketika kamu bekerja di perusahaan, akan diberikan alamat email dengan nama domain dari perusahaan tersebut. Email ini khusus dibuat untuk keperluan komunikasi bagi kamu, kantor dan klien. Untuk mempermudah kamu dalam memeriksa inbox atau mengirim pesan, tak harus selalu di akses melalui webmail dari PC. Dengan menggunakan smartphone pun, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan cara setting email kantor di Android.

Berbeda dengan layanan seperti dari Gmail, untuk email kantor harus menyetelnya secara manual. Proses setting email kantor di Android ini pada umumnya menggunakan incoming dan outgoing server sendiri. Untuk Incoming server, biasanya menggunakan IMAP port 143 dan POP3 port 110, sementara outgoing server dengan IMAP port biasanya berbeda dan tergantung dari layanan email itu sendiri. Untuk mengetahui hal ini, kamu dapat melihatknya di konfigurasi mail client didalam webmail atau menanyakannya kepada webmaster perusahaan tempat kamu bekerja.

Setting Mnual Email Kantor Di Android

Cara Setting Manual Email Kantor Di Aplikasi Android

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan dalam menyetel email kantor secara manual agar dapat menerima dan mengirim email. Dan hal ini pun terbagi kedalam dua pengaturan yakni Secure SSL/TLS settings dan Non-SSL settings. Pada Secure SSL , tingkat kemanannya lebih tinggi ketika Android berinteraksi dengan remote mail server dan sangat direkomendasikan. Konfigurasi manual untuk jenis ini, pengaturannya harus terhubung dengan mail server dari perusahaan hosting yang digunakan. Sementara Non-SSL, kamu dapat menyetelnya langsung melalui mail server dari nama domain perusaahan.

Pada tutorial ini saya akan menunjukkan cara setting email di Android yakni menggunakan Non-SSL Settings.

  1. Buka aplikasi Mail didalam Android. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang pastinya akan ada pada setiap merk Android yang digunakan.
  2. Selanjutnya, masukkan alamat email kantor kamu kemudian tap Next.
  3. Pilih tombol POP3 kemudian masukkan password log in email tersebut dan tap Next.
  4. Pada tampilan incoming server settings, pastikan nama server dan port sesuai dengan konfigurasi dari server mail kantor tersebut. Disini saya menggunakan mail.heyriad.com dengan port 110 kemudian tap Next.
  5. Tunggu beberapa saat hingga server memvalidasinya.
  6. Jika sudah berhasil, maka kamu akan dibawa ke tampilan outgoing server settings atau SMTP.
  7. Disini pun kamu harus menyetel mail server dan port sesuai dengan konfiguras mail server tersebut. Saya menggunakan server seperti pada langkah 4 tetapi dengan port 25.
  8. Pada bagian Secuity type pilih None dan mencentang Require signin selanjutnya tap Next.
  9. Jika validasi berhasil, tap pilihan frekuansi inbox yang masuk ke alamat email tersebut selanjutnya tap Next.
  10. Terakhir, pastikan nama dan alamat email kamu tertera dengan benar kemudian tap Next.
  11. Sekarang, kamu sudah bisa memeriksa inbox atau mengirim email langsung dari smartphone Android menggunakan alamat email kantor.

Cara setting email kantor di Android sebenanrnya sangat mudah. Yang pelu kamu perhatikan adalah mengetahui konfiguras mail server yang bisa kamu lihat di webmail atau menanyakannya kepada webmaster tempat kamu bekerja.
Baca juga: