search-button

Jan 27, 2016

Cara Menggunakan Google Translate Offline di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.Com - Menggunakan google translate secara offline atau tanpa koneksi internet sebenarnya sangat mudah. Kita sendiri sudah menyadari betapa pentingnya aplikasi translator ini yang sudah seharusnya wajib terpasang di Smartphone dan Tablet Android. Tentu saja akan sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan pengguna Android. Mulai dari yang mempunyai hobi travelling, pelajar, mahasiswa atau memang yang sering berkomunikasi dengan orang yang tidak kita mengerti bahasanya.
Semisal kita sedang jalan-jalan ke sebuah lokasi atau tempat yang tidak kita ketahui bahasanya sehingga menyulitkan kita untuk berkomunikasi maka pasti saja langkah pertama yang anda pikirkan adalah aplikasi google translate. Tetapi permasalahan yang muncul adalah bagaimana jika dilokasi atau tempat yang sedang kita kunjungi tersebut tidak ada koneksi wifi atau sulitnya mendapatkan koneksi internet? Jika hal ini terjadi, mungkin yang akan kita lakukan hanyalah menggunakan bahasa isyarat dan secara otomatis akan lebih sulit untuk menikmati suasana atau bertanya-tanya tentang tempat itu sendiri dengan orang-orang disekitar.

Download Google Translate Offline Android

Kabar baiknya, selain aplikasi ini dapat menerjemahkan kata, teks maupun kalimat dan terlebih lagi kita bisa menerjemahkan dan mengaktifkan suara pada google translate. Google sendiri menyediakan system untuk menerjemahkan berbagai macam bahasa yang bisa dilakukan tanpa koneksi internet. Tentu saja banyak bahasa yang telah didukung oleh aplikasi ini untuk diterjemahkan secara offline langsung di Smartphone dan tablet Android kita. Seperti Bahasa Indonesia, Inggris, Itali, Jepang, Cina, Rusia, Arab dan masih banyak lagi. Pertanyaanya, bagaimana cara menerjemahkan bahasa di google translate Android secara offline?
  1. Yang harus anda lakukan adalah download system bahasa yang dibutuhkan agar bisa digunakan untuk translate secara offline. Caranya buka aplikasi Google translate kemudian tap menu disudut atas dan tap Setting.
    Cara Menggunakan google translate secara offline Android
  2. Pada tampilan ini, tap Manage offline languages.
    Download Google Translate Offline
  3. Selanjutnya, gulirkan kebawah untuk memilih bahasa yang ingin kita simpan. Sebagai contoh disini saya ingin mengunduh bahasa Indonesia.
  4. Setelah terpilih, lihat berapa kapasitas dari file dan system bahasa yang ditampilkan. Jika anda sudah yakin dengan koneksi internet dan tidak akan gagal pada saat proses download, tap OK untuk mulai mendownload dan tunggu hingga selesai.
    Menerjemakankan google translate tanpa koneksi internet
Baca juga :
Setelah langkah diatas kita lakukan dan berhasil bahasa tersebut berhasil kita download. Matikan koneksi internet dan wifi di Smartphone dan Tablet Android kemudian mulailah untuk mencoba menerjemahkan dan menggunakan google translate secara offline di Smartphone dan tbalet Android.