search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Memasang Keyboard dan Mouse PC Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Tablet Android bisa sangat membantu sekali ketika kita sedang mengalami kesulitan. Misalnya dalam situasi PC kita sedang mengalami error, kerusakan pada LCD ataupun keadaan baterai laptop kita sudah habis. Disisi lain kita dituntut untuk mengerjakan sesuatu yang harus dikerjakan dengan cepta misalnya mengerjakan laporan atau tugas kuliah.
Nah bagi Anda yang saat ini mempunyai Tablet dengan sistem operasi Android bisa memanfaatkannya sebagai alternatif agar tetap bisa mengetik dokumen dengan cepat layaknya ketika Anda menggunakan PC atau laptop yakni dengan cara memasang keyboard eksternal dari PC. Begitupun jika ternyata touchscreen Tablet Android sedang rusak atau kinerjanya sudah tidak baik lagi, Anda bisa menggunakan Mouse eksternal yang biasa Anda gunakan pada komputer. Dengan begitu Tablet Android masih tetap bisa digunakan.

Alat Pendukung Yang Digunakan

Untuk melakukan hal tersebut disini saya membutuhkan beberapa alat tambahan agar Tablet bisa berfungsi dengan menggunakan keyboard dan mouse PC. Alat tambahannya adalah sebagai berikut.
Memasang Keyboard Komputer Di Android
  1. Tablet Android. Dalam tutorial ini saya menggunakan Asus Fonepad 7 K012 dengan sistem operasi Android 4.4.2 Kitkat.
  2. USB OTG (On The Go).
  3. Konektor Port PS/2.
  4. Keyboard dengan port PS/2.
  5. Mouse dengan port PS/2.

Cara Menggunakan Keyboard dan Mouse Komputer di Tablet Android (ASUS Fonepad 7)

Cara Menggunakan Keyboard Eksternal dan Mouse PC Di Android

Jika Tablet dan semua perangkat pendukung telah  disiapkan, ikuti cara berikut untuk memasangkannya.
  1. Sambungkan kabel USB OTG ke port Tablet Android yang biasa digunakan oleh charger untuk mengisi baterai.
  2. Sambungkan konektor Port PS/2 dengan USB OTG.
  3. Terakhir, sambungkan port keyboard dan port Mouse PC dengan konektor Port PS/2.
  4. Sekarang Anda sudah bisa memasukkan input dengan keyboard eksternal dari PC maupun menggunakan Mouse untuk mengopersikannya.
Baca juga :
Kesimpulannya, Tablet Android akan secara otomatis membaca keyboard dan Mouse PC secara otomatis. Yang artinya, kita tidak perlu memasang aplikasi tambahan ataupun pengaturan lainnya. Jika ada pertanyaan apakah cara diatas bisa dilakukan pada Smartphone Android? Jawabanya bisa, karena saya sendiri pernah memasangkannya pada Samsung Galaxy S4. Itulah cara memasang dan menggunakan keyboard serta Mouse PC di Android.