search-button

Sep 2, 2014

Cara Masuk Recovery Mode Semua Tablet dan HP Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.Com - Apa itu Android Recovery Mode? Recovery mode pada Android adalah proses dimana anda bisa masuk untuk mengakses kedalam partisi bootable yang telah dimiliki setiap setiap OS dan terpasang konsol untuk melakukan recovery atau proses pemulihan secara manual. Pada dasarnya untuk bisa melakukan recovery mode baik itu di tablet Android maupun di Smartphone anda harus menekan tombol yang memiliki kombinasi berbeda pada tiap perangkat yang telah dibuat oleh tiap produsen.  Seperti Samsung, Sony, LG, Advan, Smartfren Andromax, Acer dan yang lainnya, mereka memiliki cara tersendiri untuk dapat masuk ke recovery mode ini.
Android OS merupakan system operasi yang open source. Sehingga dengan adanya recovery mode ini, para pecinta dan penggunanya bisa dengan mudah untuk mempelajari secara lebih jauh mengenai bootable pada Android. Hal lain yang bisa dilakukan yakni bisa untuk memperbaiki OS, melakukan Update OS, install custom rom, menghapus data, menghapus cache pada partisi dan bahkan untuk melakukan factory reset jika secara tidak sengaja android terkunci pola yang menyebabkan tidak bisa dibuka dan hanya tampil untuk memadukkan akun.
Tidak jarang para pengembang membuat model recovery mode sendiri, dimana mereka menambahkan fitur yang dirasa masih kurang cukup. Seperti dengan menambahkan fitur back up atau untuk melakukan restore agar ketika mereka sedang melakukan proses uji coba dengan membuat custom rom bisa dengan mudah untuk dilakukan. Jika anda merasa tablet Android kesayangan telah berubah, misal menjadi lemot, sering restart sendiri atau tidak bisa melakukan instal aplikasi baik itu dari Play Store maupun aplikasi berupa file apk, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan masuk ke recovery mode untuk memperbaikinya.
Untuk masuk ke recovery mode di Android caranya bisa berbeda-beda. Ada banyak aplikasi di Play Store yang memiliki fitur agar tidak repot untuk mencari kombinasi tombol untuk bisa masuk ke recovery mode. Namun, jika android anda tidak bisa restart, tidak ada cara lain selain dengan menggunakan kombinasi dengan menekan tombol untuk masuk ke recovery mode. Yang harus diperhatikan adalah, setiap merk atau type untuk masuk ke recovery bisa berbeda-beda. Sebagai contoh, jika anda memiliki merk Android dari Samsung namun dengan type yang berbeda maka berbeda pula cara masuk ke recovery ini.
Sebagai contoh, disini cara untuk bisa masuk ke recovery mode Samsung Galaxy Tab 10.1, caranya :
  • Matikan Galaxy Tab
  • Tahan / Tekan tombol ‘Volume Down’ + ‘Power” secara bersamaan
  • Ketika logo samsung muncul, lepas tombol ‘Power’
  • Lepas tombol ‘Volume Down’ ketika 2 icon muncul
  • Kemudian gunakan tombol ‘Volume Down’ untuk memindahkan pilihan di antara kedua icon tersebut
  • Pilih / sorot pada icon sebelah kiri
  • Terakhir tekan tombol ‘Volume Up’ untuk memilihnya dan masuk ke recovery mode
Jika diatas adalah cara masuk recovery mode samsung galaxy tab, maka dibawah ini adalah kumpulan kombinas berbagai merk dan type Android.
Kumpulan kombinasi tombol untuk masuk ke Recovery Mode :
  1. Tombol untuk masuk ke recovery mode Samsung
    recovery code Samsung Android
  2. Tombol untuk masuk ke recovery mode Sony
    cara recovery mode SONY Android
  3. Tombol untuk masuk ke recovery mode HTC
    Android HTC
  4. Tombol untuk masuk ke recovery mode LG, Cross/Evercross, Motorola
    Eveross LG Motorolla
  5. Tombol untuk masuk ke recovery mode Acer, CSL Huawei, Andromax, Advan
    ACER CSL HUAWEI ANDROMAX ADVAN VANDROID
Jika, kombinasi tombol dari type tablet dan smartphone Android anda tidak ada didaftar tersebut, silahkan berkomentar agar saya bisa mencarikannya. Itulah sedikit info mengenai bagaimana cara masuk recovery mode semua merk android.