search-button

Sep 2, 2014

Tempat Teraman dan Terpercaya Untuk Menyimpan Data

   
Advertisements
Advertisements
Sebelum saya membahas tentang judul dari kiriman ini, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan kecil. Berapa harga Flash Drive anda? Berapa kapasitas penyimpanannya? apakah yakin data-data anda sudah aman? dan mari kita bayangkan, jika sesuatu terjadi terhadap laptop atau komputer anda misalkan dicuri, hilang, terbakar, terjadi kerusakan yang tidak bisa diperbaiki, jika semua itu terjadi bagaimana dengan mengembalikan data-data perusahaan anda? data-data dari tugas sekolah dan tugas kuliah anda? file-file pribadi anda pun bisa hilang dan musnah dibawa pencuri!

Disini kita mempunyai solusi untuk menjawab dan mengatasi pertanyaan-pertanyan tersebut yaitu menyimpan data dan file di dalam cloud storage. Cloud Storage adalah layanan yang digunakan sebagai tempat untuk penyimpanan data-data atau file-file yang ditawarkan oleh perusahaan jaringan di mana data dan file anda ditampung dan disimpan dalam sebuah kolam atau awan penyimpanan virtual.

Berikut ini adalah 4 daftar layanan Cloud Storage gratis yang sangat aman dan tentunya penyedia layanan ini pun bisa dipercaya dan digunakan secara gratis. Ke 4 layanan Cloud Storage ini mampu mengunggah, mengunduh, membuat, mengedit atau bahkan berbagi file seperti jenis Microsoft Office, file hiburan seperti Foto, Video, Musik dan tidak terbatas baik itu dengan mengunggah satu klik melalui folder yang sudah dipasang di komputer anda, maupun di unggah langsung melalui peramban seperti Google Chrome. Mozilla Firefox, Internet Explorer dan bahkan mereka mempunyai aplikasi khusus untuk para pengguna iOS, Smartphone dan Tablet Android sehingga memudahkan para penggunanya untuk membuka atau menyimpan data-data seketika langsung dari genggaman tangan.


Berikut ini adalah daftarnya :
1) Google Drive

Google Drive
image source : Drive.google.com

Diluncurkan pada 4 April 2012 merupakan salah satu dari ratusan layanan yang ditawarkan oleh Google dimana ketika anda mendaftarkan diri ke Google Drive maka anda akan diberi space atau tempat penyimpanan data sebesar 15 GB secara gratis. Google drive sendiri mampu menyimpan semua jenis file, baik itu berupa jenis file Ms. Doc, Exell, Power Point maupun tempat untuk menyimpan foto-foto dan video-video pribadi anda. Selain itu, saat ini google drive juga sudah bisa digunakan sebagai tempat untuk hosting file css dan juga JavaScript.

2) Dropbox

DropBox
image source : Dropbox.com

Diluncurkan pada awal bulan September 2008 oleh perusahan Dropbox, Inc dan memang umurnya lebih tua dari google drive dan koneksinya sendiri sangat cepat. Dropbox menawarkan tempat penyimpanan gratis bagi siapapun yang tertarik untuk menggunakan layanan mereka sebesar 2 GB. Sama seperti google drive, dropbox juga bisa anda gunakan untuk hosting file css dan javaScript dan anda tinggal mendaftar untuk mendapatkan tempat penyimpanan gratis tersebut setelah itu download dan install dropbox di laptop atau komputer untuk memudahkan anda menyimpan berbagai macam jenis file, hanya dengan satu kali klik.

3) Microsoft SkyDrive

Microsoft Skydrive
image source : Microsoft.com

Diluncurkan pada 1 Agustus 2007, dari namannya sudah pasti layanan ini di tawarkan oleh Microsoft. Layanan ini menawarkan 7 GB bagi pengguna baru tetapi jika anda seorang pelajar maka anda akan diberikan 10GB. Anda dapat membuat folder khusus untuk SkyDrive didalam komputer atau laptop, jenis file yang bisa disimpan pun tidak terbatas.

4) Amazon Cloud Drive

Amazon Cloud Drive
image source : Amazon.com

Diluncurkan pada 29 Maret 2011, siapa sangka ternyata selain terkenal dengan toko online dan layanan Alexa Rank amazon juga menawarkan layan cloud storage. mereka memberikan tempat penyimpanan gratis sebesar 5GB dengan mendaftar dan menginstall nya di komputer, laptop atau Mac.

Jika data-data atau file-file penting anda sudah disimpan di salah satu layanan cloud storage tersebut, maka anda tidak perlu khawatir lagi kehilangan data-data perusahan maupun data pribadi karena andapun bisa mengaksesnya baik itu dikantor, dikampus, disekolah maupun di tempat biasa anda bermain.