search-button

Feb 22, 2023

8 Cara Mengetahui Fake Account Instagram

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengetahui fake account Instagram, lebih mudah daricara mengetahui pemilik akun fake instagram yang di privasi. Baik itu bio berisi spam atau nama pengguna yang sangat mirip dengan akun yang sudah kamu ikuti, ada banyak sekali akun Instagram palsu bermunculan setiap harinya. Dan meskipun Instagram sering menghapus bot dan akun palsu, tapi masih ada ratusan yang berhasil lolos dari penyaringan Instagram ini.

Karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengetahui akun mana yang asli dan mana yang palsu, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti penipuan yang mengakibatkan kerugian dalam bentuk apa pun. Nah, di panduan kali ini, kami membagikan tanda bahaya yang harus diwaspadai saat mencoba mengidentifikasi akun Instagram palsu. Simak selengkapnya cara mengetahui fake account Instagram berikut ini, yang lebih sederhana dari cara mengetahui akun fake IG itu milik siapa.

Cara Mengetahui Fake Account Instagram

Cara Mengetahui Fake Account Instagram

1. Biografi yang Tidak Konsisten Atau Bio Hasil Salinan

Akun Instagram palsu sering kali menyalin biodata mereka dari akun asli, dengan penambahan sedikit perubahan dan ketidakkonsistenan. Perhatikan karakter di nama pengguna mereka. Biasanya ada huruf, angka, atau simbol tambahan yang ditambahkan ke bio atau nama akun mereka. Dalam kasus lain, akun-akun palsu ini mungkin tidak memiliki bio sama sekali. Bio akun juga biasanya punya emoji, tagar, atau terbaca seperti mesin yang menulisnya.

2. DM Berisi SPAM

Akun Instagram palsu akan sering mengirim ke DM kamu dengan berpura-pura menjadi merek ternama. Mereka akan mengirimi kamu pesan umum, dan akan mendorong kamu untuk mengunjungi situs web lain atau mengirimkan pesan kepada orang lain dengan informasi dari kamu. Akun-akun ini biasanya menawarkan konten seksual atau eksplisit, skema crypto, penjualan tunai, kemitraan merek, atau bahkan penipuan ritel di bio mereka.

3. Komentar Acak pada Posting

Jika sebuah akun sering memberikan komentar yang tidak terkait dengan konten postingan kamu atau emoji acak, kemungkinan besar akun tersebut palsu. Jika kamu masih tidak yakin, klik profilnya dan periksa komentar di postingannya untuk melihat siapa yang berinteraksi dengan akun tersebut. Perhatikan komentar pada kiriman mereka tampak asli atau dibuat-buat. Perhatikan apakah mereka menjual atau mempromosikan sesuatu.

4. Menawarkan Uang atau Mempromosikan Produk/Jasa

Akun Instagram palsu sering menawarkan pengguna kesempatan untuk menghasilkan uang cepat atau memenangkan produk gratis. Mereka akan memikat kamu untuk mendapatkan informasi pribadi kamu dan berpotensi meretas kamu. Terkadang, akun ini akan berpura-pura sebagai merek ternama untuk mendapatkan kepercayaan kamu, terutama jika merek itu mengadakan giveaway atau kontes.

5. Mengikuti Banyak Akun

Akun Instagram palsu membutuhkan pengikut agar tampak asli, dan sebagian besar akan menggunakan metode #followforfollow yang sudah ketinggalan zaman dalam upaya membuat orang mengikuti mereka kembali. Jika kamu menemukan akun yang memiliki sedikit pengikut tetapi memiliki banyak yang diikuti, kemungkinan akun itu palsu. Bandingkan jumlah akun yang diikuti, jumlah pengikut yang dimiliki, dan jumlah pos yang diposting.

6. Akun Tersebut Tidak Memiliki Gambar Profil

Profil tanpa foto pengenal bisa menjadi tanda bahwa akun tersebut tidak nyata. Akun yang sah, biasanya ingin orang tahu siapa mereka sehingga teman dan anggota keluarga mereka dapat menemukannya dengan mudah. Iya memang, mungkin ada sebagian pengguna yang mungkin belum sempat menambahkan foto profil, tetapi kemungkinannya kecil. Jadi intinya, biasanya akun palsu tidak akan menggunakan foto profil.,

7. Mereka Memiliki Nol Pengikut dan Nol Pengikut

Jika sebelumnya ada tanda-tanda mereka mengikuti banyak pengikut, akun Instagram yang palsu juga kemungkinkan tidak memiliki pengikut dan yang diikuti. Akun yan sah hampir selalu memiliki beberapa pengikut, jika akun tersebut tidak mengikuti siapa pun atau tidak memiliki pengikut, kemungkinan besar itu palsu. Bot biasanya menggunakan akun seperti ini untuk mempromosikan tautan spam di bios mereka.

8. Akun Tersebut Tidak Memiliki Postingan

Akun tanpa postingan apa pun kemungkinan besar mencoba menipu kamu. Jika kamu menemukan akun yang belum memposting apa pun, kemungkinan itu adalah bot. Meskipun profilnya pribadi, kamu dapat memeriksa nomor posnya dengan melihat bagian atas profilnya. Kamu juga harus mencari akun yang dulu sering memposting tetapi sekarang tidak lagi. Jika mereka tidak aktif untuk sementara waktu, mereka mungkin palsu.


Gengs!  Jika kamu menemukan akun yang memiliki tanda-tanda seperti yang kami sebutkan di atas, jangan klik tautan apa pun yang mereka kirimkan lewat DM, comment atau di bio mereka. Sebelum berinteraksi dengan mereka, kamu harus memastikan ulang tanda-tanda yang kami tuliskan. Selain cara ini, kamu juga dapat mengenali akun palsu dengan memeriksa komentar atau tawaran mereaka yang mungkin mencurigakan. Have a nice day!