search-button

Feb 14, 2023

13 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah kumpulan cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi, penyebab touchpad laptop tidak berfungsi Windows 7 dan Windows lainnya. Saat touchpad laptop kamu berhenti berfungsi, kamu mungkin akan panik, apalagi jika kamu sedang mengerjakan sesuatu yang penting di laptop itu. Masalah ini akan semakin parah, jika kamu tidak dapat punya tetikus, akan sulit untuk menyelesaikan banyak hal di laptop kamu dengan kondisi ini.

Tapi jangan khawatir! Kemungkinannya adalah ketika touchpad laptop kamu tidak berfungsi, perbaikannya cukup sederhana. Dengan artikel ini, kami akan memandu kamu melalui langkah pemecahan masalah umum untuk memperbaiki trackpad yang tidak berfungsi. Sebagian besar tips ini berlaku untuk Windows, touchpad laptop tidak berfungsi windows 10 dan seri lainnya, tetapi yang menggunakan Mac, Chromebook, atau laptop lain juga dapat menggunakan beberapa cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi di antaranya.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Touchpad Tidak Berfungsi

1. Perbarui driver touchpad, versi driver touchpad yang sudah usang bisa jadi penyebab touchpad tidak berfungsi dengan baik.

2. Instal ulang driver touchpad, jika versi driver touchpad yang kamu gunakan sudah yang terbaru, coba instal ulang untuk memperbaiki masalah ini.

3. Biarkan laptop selama beberapa menit, jika cara sebelumnya ini tidak memberikan hasil apa pun, berikan laptop kamu beberapa saat untuk memproses apa pun yang sedang diprosesnya.

4. Tekan dan tahan tombol daya fisik, jika setelah beberapa menit dibiarkan, laptop masih membeku, kamu perlu menekan dan menahan tombol daya fisik untuk mematikannya.

5. Periksa tombol touchpad keyboard, salah satu penyebab paling umum touchpad laptop tidak berfungsi adalah kamu secara tidak sengaja menonaktifkannya dengan kombinasi tombol.

6. Hapus semua tetikus eksternal untuk mengaktifkan touchpad, coba cabut semua mouse USB dan bluetooth yang telah kamu sambungkan ke laptop kamu.

7. Boot ulang laptop, jika kamu masih bisa mengakses tombol untuk membuat laptop kamu memulai ulang, gunakan itu, dan touchpad akan berfungsi kembali.

8. Tinjau pengaturan touchpad di windows, tindakan ini untuk melihat jika ada sesuatu yang salah. Di Windows 10, buka Pengaturan > Perangkat > Touchpad.

9. Akses Device Manager, tekan tombol Win + X > Device Manager > Klik dua kali mouse yang terhubung > Location > klik kanan dan pilih Disable device, lalu Enable device lagi.

10. Perbaiki di pengaturan touchpad di BIOS/UEFI, mungkin touchpad dinonaktifkan di BIOS, sehingga sepenuhnya mencegah Windows mengaksesnya.

11. Nonaktifkan layanan tablet pc, perangkat Windows yang memiliki layar sentuh dengan Tablet PC Input Service akan menonaktifkan trackpad saat kamu dalam mode tablet.

12. Gunakan mouse, jika touchpad masih tidak berfungsi setelah cara-cara di atas, laptop  mungkin mengalami masalah perangkat keras. Untuk sementara, kamu bisa gunakan mouse.

13. Jika tidak ada cara di atas yang berhasil memperbaiki touchpad laptop kamu, dan kamu perlu menggunakannya lagi, hubungi pabrikan laptop kamu atau tukang service untuk mendapatkan bantuan.


Gengs! Jika touchpad laptop tidak berfungsi windows 11, touchpad laptop asus tidak berfungsi, atau touchpad tidak bisa klik, kamu bisa menggunakan cara-cara mengaktifkan touchpad laptop di atas. Selain cara-cara di atas, masih ada banyak cara untuk memperbaikinya, tapi cara-cara di atas adalah yang paling mudah dan paling efekitif. Ok, sekian panduan cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi ini, have a nice day!