search-button

Oct 13, 2021

7 Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi foto hilang di galeri HP, cara mengembalikan foto yang hilang di galeri. Mungkin kamu baru saja menyadari hari ini bahwa semua foto kamu menghilang dari galeri HP kamu, jangan panik berlebihan! Ya, meskipun memang foto – foto dari galeri yang menghilang bisa menjadi kejadian yang sangat menyebalkan. Apalagi jika fiyu adalah foto – foto yang sangat penting.


Tapi kejadian itu memang tidak jarang terjadi, dan penyebab photo di galeri hilang dapat bervariasi, seperti peningkatan OS, penghapusan yang salah, jailbreak telepon, atau kerusakan OS, dan banyak lagi penyebab lainnya. Namun, apa pun situasi yang kamu alami, kami dapat memberi kamu metode praktis untuk mengatasi masalah ini. Simak selengkapnya cara mengatasi foto hilang di galeri HP berikut ini.

Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP

Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP


1. Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP dengan Menghapus Cache

Kamu harus tahu bahwa selama OS berjalan, akan ada beberapa file cache yang dihasilkan dan terkadang, kita tidak dapat melihat foto di galeri hanya karena cache ini yang menyebabkan OS rusak sementara atau tidak berfungsi secara tiba-tiba, itu juga bisa jadi penyebab album WhatsApp hilang dari galeri. Cara memperbaikinya cukup sederhana, kamu hanya perlu membersihkan cache HP.


2. Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP dengan dengan Menghapus File .nomedia

Jika cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di iPhone dengan pembersihan cache tidak berhasil, kamu dapat mencoba solusi yang sedikit lebih rumit ini. Cara ini melibatkan semua file bernama .nomedia di memori HP. Jika foto disimpan dalam file ini, galeri cenderung melewatkan pemindaian. Dan itu menyebabkan kamu tidak dapat menemukan gambar yang di galeri. Untuk ini, buka pengelola file dan temukan folder yang berisi file .nomedia > ubah nama file menjadi nama apa pun yang kamu suka > restart perangkat.


3. Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP dari Cadangan atau Backup

Jika kedua cara mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa aplikasi di atas tidak membantu, secara teknis, gambar mungkin telah dihapus karena beberapa faktor. Dalam situasi seperti itu, metode pertama yang harus dicoba adalah memeriksa apakah kamu telah mencadangkan foto sebelumnya, seperti ke cloud Samsung, Google Drive, atau di tempat lain. Jika ya, kamu dapat menemukan foto yang hilang di sana.


4. Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP dengan DroidKit

DoridKit adalah toolkit lengkap untuk masalah Android seperti data Android hilang atau gallery hilang di Android. Jadi ketika foto kamu hilang dari HP, kamu dapat mencoba fitur pemulihan data Android DroidKit untuk menemukannya. Aplikasi ini tidak akan menyebabkan penghapusan data di HP saat memulihkan foto yang hilang, jadi kamu bisa menggunakannya tanpa khawatir data yang lain hilang.


5. Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP dengan PhoneRescue

Jika semua cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP di atas tidak dapat membantu, kemungkinan besar foto tersebut telah dihapus. Untuk item yang dihapus, mengembalikannya ke HP tidak semudah itu memang, kecuali jika kami mendapatkan bantuan dari beberapa alat pemulihan data Android profesional. Dalam hal ini kami merekomendasikan PhoneRescue – Android Data Recovery.


6. Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP dengan Google Photos

Jika kamu telah menginstal aplikasi Google Foto dan mengaktifkan fitur "cadangan & sinkronisasi" di HP, kemungkinan besar kamu akan menemukan dan memulihkan foto yang dihapus dari Google Photos. Cara mengembalikan foto yang hilang di galeri dengan ini sangat mudah, tinggal lihat saja "sampah/ trash" di Google Photos dan pulihkan foto yang dihapus jika masih ada.


7. Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP dengan dengan Layanan Pencadangan Android


Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP


Dengan perkembangan drive Cloud, produsen ponsel yang berbeda memiliki layanan cadangan Cloud yang berbeda. Seperti Samsung, HUAWEI, Xiaomi, dan LG, mereka semua menyediakan layanan backup. Dengan izin kamu, HP akan menyinkronkan data di cloud-nya secara otomatis. Oleh karena itu, jika kamu tidak dapat mengembalikan foto yang dihapus dengan metode di atas, kamu dapat mencoba menemukan foto melalui cadangan lokal dari brand HP yang digunakan.


Seperti yang kamu lihat, masalah semua foto yang hilang dari HP, dapat diselesaikan hanya dalam beberapa langkah saja, dengan DoridKit, PhoneRescue atau dengan cara lainnya yang dicantumkan di atas. Oh, aplikasi - aplikasi yang kami rekomendasikan memiliki mode percobaan gratis untuk mengatasi masalah foto galeri hilang dan untuk mendapatkannya kembali. Sekian panduan Cara Mengatasi Foto Hilang di Galeri HP ini, yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus di memory. Have a nice day!