search-button

Sep 14, 2021

13 Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi HP dicas tidak mengisi, mengatasi baterai baru tidak mengisi. Apa yang harus dilakukan jika HP tidak mengisi daya? Well, upaya yang disarankan akan sangat beragam, tergantung dari penyebab, kenapa HP kamu tidak bisa dicas atau diisi dayanya. Ada beberapa alasan mengapa perangkat kamu mungkin tidak terisi daya, dan sebagian besar dapat diperbaiki tanpa dukungan tambahan.


Penyebab paling umum untuk ponsel atau perangkat lainnya yang gagal mengisi daya diantaranya adalah karena masalah pada kabel pengisi daya, soket, atau adaptor yang rusak. Penyebabnya juga bisa jadi karena kotoran di port pengisian daya. Selain itu, masih ada banyak penyebab lainnya. Untuk mengetahui cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas karena berbagai penyebab, simak cara mengatasi HP dicas tidak mengisi berikut ini.

Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi

Cara Memperbaiki HP Dicas Tidak Mengisi


1. Periksa Pengisi Daya atau Charger


Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi


Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi yang pertama adalah dengan memeriksa pengisi daya yang digunakan, charger yang tidak original bisa menyebabkan HP di cas malah berkurang. Meskipun sebagian besar charger dan kabelnya terlihat serupa, ada perbedaan besar antara kualitas dan kecepatan pengisian dayanya. Selalu disarankan untuk menggunakan pengisi daya yang disertakan dalam kotak, atau pengganti resmi dari brand HP yang kamu gunakan.


2. Periksa Kerusakan Pada Pengisi Daya

Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi selanjutnya adalah dengan memeriksa kerusakan pada pengisi daya, pengisi daya yang rusak da[atmenyebabkan baterai tidak mengisi laptop atau pada HP. Jika kamu sudah menggunakan pengisi daya resmi, periksa fisik pengisi daya untuk memastikan tidak ada kerusakan pada kabel atau steker. Jika kamu melihat ada kerusakan, segera hentikan penggunaan pengisi daya.


3. Coba Kabel dan Colokan yang Berbeda

Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi yang ketiga adalah dengan mencoba kabel dan colokan yang berbeda untuk mengisi daya, kabel atau colokan yang rusak bisa jadi penyebab kenapa HP Samsung tidak bisa dicas atau HP brand lainnya tidak bisa dicas. Meskipun tidak ada kerusakan fisik yang nyata pada kabel atau steker, coba gunakan kombinasi kabel dan steker yang berbeda untuk mengetahui potensi masalah dan untuk memastikan kabel atau colokan berfungsi baik.


4. Coba Sumber Listrik yang Berbeda

Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi selanjutnya adalah dengan mencoba sumber listrik yang berbeda, cara ini bisa kamu jadikan sebagai cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Setelah kamu yakin bahwa kabel atau steker pengisi daya berfungsi dengan baik, coba colokkan ke sumber daya yang berbeda. Misalnya, sambungkan pengisi daya ke soket listrik, bukan ke laptop atau PC.


5. Jalankan Tes pada Baterai

Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi yang ke lima adalah dengan menjalankan tes pada baterai, cara ini bisa kamu gunakan untuk menetes charger tidak mengisi iPhone atau Samsung. Nah! Untuk Samsung, kamu dapat menggunakan Samsung Member untuk menjalankan pengujian pada baterai dan port pengisian daya. Pengetesan ini akan memeriksa masalah apa pun yang mungkin menjadi penyebabnya.


6. Bersihkan Port Pengisian

Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi selajutnya adalah dengan membersihkan port pengisian, cara ini bisa mengatasi HP Samsung tidak bisa di cas karena kena air. Salah satu penyebab paling umum dari masalah pengisian daya adalah port pengisian yang tersumbat oleh kotoran, debu, atau serpihan. Kotoran atau serat dapat menumpuk di dalam port pengisian daya dan mencegah kabel pengisi daya terhubung dengan benar dengan kontak pengisian daya di dalam port. Karena itu, silakan bersihkan dengan aman.


7. Periksa Air dan Kelembapan


Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi


Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi yang ke tujuh adalah dengan memeriksa air dan kelembapan pada pengisi daya, baterai baru tidak mengisi bisa jadi karna perangkat mendeteksi air atau kelembapan di port USB. Ini adalah tindakan pengamanan untuk melindungi perangkat dari kerusakan dan korosi. Jika perangkat kamu mendeteksi air di port pengisian daya, terkadang akan menampilkan ikon tetesan air di layar di atas port pengisian daya.


8. Nyalakan Ulang Perangkat

Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi selanjutnya adalah dengan menyalakan ulang HP atau reboot, ini adalah cara termudah sebagai cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas. Untuk memeriksa apakah ini masalah terkait perangkat lunak dan jika HP kamu masih memiliki sisa daya, coba boot ulang. Pertama, silakan matikan HP lalu tunggu 10 detik. Kemudian colokkan pengisi daya dan nyalakan HP kembali.


9. Perbarui Perangkat Lunak

Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi yang ke sembilan adalah dengan memperbarui perangkat lunak, cara ini dapat mengatasi hp di cas malah berkurang. Pembaruan perangkat lunak dirilis secara berkala oleh setiap brand HP dan dapat memecahkan berbagai masalah perangkat lunak yang munfkin terjadi pada perangkat dan membuat perangkat tidak bisa diisi ulang.


10. Periksa Kerusakan

Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi selanjutnya adalah dengen memeriksa kerusakan fisik seperti layar atau casing yang retak, itu semuda dapat memengaruhi kinerja perangkat kamu juga pada baterai tidak mengisi laptop. Kamu juga harus memeriksa port pengisian daya, jika ada tanda - tanda kerusakan. Coba masukkan kabel pengisi daya ke port pengisian daya HP, Kabel pengisi daya harus pas dengan port dan tidak terasa longgar.


11. Coba Pengisi Daya Nirkabe

Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi selanjutnya adalah dengen mencoba pengisi daya nirkabel, ini adalah salah satu cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Jika menurut kamu masalahnya terkait dengan pengisian daya kabel dan kamu memiliki perangkat yang kompatibel dengan pengisian daya nirkabel, coba isi daya perangkat kamu menggunakan pengisi daya nirkabel.


12. Coba Wireless PowerShare

Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi selanjutnya adalah dengen mencoba Wireless PowerShare, jika software atau charger yang rusak menjadi penyebab kenapa HP Samsung tidak bisa dicas atau HP dari brand lain tidak bisa dicas coba fitur Wireless PowerShare (jika memungkinkan). Fitur ini memungkinkan perangkat mengisi daya menggunakan perangkat berkemampuan Qi lain tanpa memerlukan pengisi daya.


13. Ganti Baterai


Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi


Cara mengatasi HP dicas tidak mengisi yang terakhir adalah dengan mengganti baterai HP, cara ini bisa mengatasi charger tidak mengisi iPhone dan di HP lainnya. Jika tidak ada cara di atas yang menyelesaikan masalah, kamu dapat membeli dan mengganti baterai dengan yang baru, jika HP yang kamu gunakan adalah jenis baterai yang bisa dilepas. Jika itu baterai tanam, sebaiknya minta bantuan ahli.


Gengs, jika HP, tablet, atau perangkat kamu ‘berprilaku’ tidak normal, termasuk dayanya tidak mengisi dengan baik. Kamu dapat mengirimkan laporan kesalahan atau mengajukan pertanyaan kepada CS brand perangkat yang kamu miliki. Ini memungkinkan kita untuk mengetahui lebih rinci apa yang jadi masalahnya, dan kamu juga akan mendapatkan saran perbaikian. Sekian panduan cara mengatasi HP dicas tidak mengisi ini, have a nice day!