search-button

Aug 2, 2021

11 Cara Mengunci Menyembunyikan Folder di Laptop

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengunci folder di laptop, cara mengunci folder agar tidak bisa dibuka orang lain. Apa kamu termasuk pengguna yang punya beberapa atau bahkan banyak file yang tidak ingin diperlihatkan kepada orang lain yang menggunakan laptop kamu ? Atau mungkin kamu ingin menyembunyikan folder berisi file – file pekerjaan yang penting, agar anak – anak tidak mengacaukannya?


Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui cara – cara yang diklaim dapat melindungi folder dengan kata sandi dengan dan tanpa perangkat lunak tambahan. Dalam artikel ini, kami juga akan membahas trik sederhana untuk mengamankan folder – folder penting di laptop kamu tanpa harus mengunci atau tahu cara membuat password pada folder file. Simak selengkapnya, panduan cara mengunci folder di laptop berikut ini.

Cara Mengunci Menyembunyikan Folder di Laptop

Cara Mengunci Folder di Laptop


1. Sembunyikan Folder Apa Pun dengan Satu Checkbox


Cara Mengunci Menyembunyikan Folder di Laptop


Cara mengunci folder di laptop yang pertama ini adalah trik untuk menyembunyikannya, trik ini dapat kamu gunakan untuk melindungi folder – folder penting dari jangkauan anak – anak. Prosesnya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka File Explorer Windows dan arahkan ke folder atau file yang ingin disembunyikan. Klik kanan, pilih "Properties", dan centang kotak "Hidden" di menu yang muncul. Klik "OK" dan folder akan hilang dari tampilan.


2. Ubah Folder Menjadi Folder Sistem Tersembunyi dengan Command Prompt Command

Cara mengunci folder di laptop ini adalah trik lain yang memungkinkan kamu menyembunyikan file dengan mudah, metode ini tidak memerlukan perangkat lunak tambahan apa pun. Untuk ini tekan kombinasi tombol Win + R dan ketik cmd lalu tekan enter. Sekarang ketikan perintah dalam kurung ini ( attrib +s +h “C:\Users\HEYRIAD\Desktop\Top Secret” ), silahkan ganti yang didalam tanda kutip dengan lokasi folder kamu. beres!


3. Enkripsi File atau Folder Tanpa Perangkat Lunak Ekstra

Cara mengunci folder di laptop ini adalah cara paling aman untuk menyembunyikan file, cara itu adalah melalui enkripsi. Yang perlu kamu lakukan adalah klik kanan pada file atau folder, pilih Properties, lalu buka Advanced, dan centang kotak Encrypt Contents to Secure Data. Satu-satunya kelemahan metode ini adalah metode ini menautkan enkripsi ke akun pengguna kamu. Coba cara selanjutnya, jika tidak ingin menggunakan cara ini.


4. Buat Folder yang Dilindungi Kata Sandi dengan VeraCrypt

Jika kamu membutuhkan cara menyembunyikan folder di laptop yang sedikit lebih kuat dari yang di atas, kami sarankan untuk membuat wadah file yang dilindungi kata sandi dengan VeraCrypt. Cara ini akan meminta kata sandi setiap kali seseorang mencoba mengakses file. Untuk menggunakan cara ini, kamu hanya perlu mengunduh VeraCrypt Volume Creation Wizard, kemudian ikuti panduannya.


5. Mengunci folder di Macintosh

Cara mengunci folder di laptop selanjutnya, adalah dengan mengunci folder di Macintosh. Untuk ini tinggal klik ikon "Finder" > "Macintosh HD" di bawah bagian " Devices ". Klik dua kali folder " Users ", dan nama kamu untuk mengakses folder akun. Klik kanan folder yang ingin dikunci, dan klik " Get Info " dari menu pintasan. Klik kotak di sebelah "Locked", selanjutnya klik panah di sebelah bagian " Sharing & Permissions " dan klik panah di bawah bagian " Privileges ". Pilih " No Access " dari menu tarik-turun untuk membatasi akses, dan klik tombol merah di sudut kiri atas jendela untuk menyimpan perubahan dan menutup jendela.


6. ZIP Folder

Cara mengunci folder di laptop yang ke enam adalah dengan menjadikan folder yang ingin kamu kunci menjadi file ZIP, cara ini bisa juga menjadi cara mengunci folder di HP. Ini adalah solusi yang baik jika versi Windows kamu tidak mendukung fitur kata sandi. Untuk ini, di Windows Explorer, klik kanan pada file lalu pilih Send To, lalu Zip Folder. Ikuti petunjuk untuk memberi nama dan menyimpan folder, lalu klik dua kali file zip, dan pilih File dan Add Password. Isilah informasi yang diminta, lalu klik Apply.


7. Iobit Protected Folder

Cara mengunci folder di laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan software tambahan, yang kami rekomendasikan adalah Iobit Protected Folder. dengan menggunakan software ini, cara buat lock folder, jadi lebih mudah. Iobit Protected Folder adalah perangkat lunak yang menyediakan keamanan file dan direktori. Alat ini memungkinkan kamu untuk mengatur izin ke folder, alat ini juga menawarkan mode privasi dan perlindungan yang ditingkatkan.


8. Gilisoft File Lock Pro

Cara mengunci folder di laptop yang ke delapan adalah dengan menggunakan software Gilisoft File Lock Pro, ini adalah software untuk mengunci folder pada flash drive, drive USB eksternal, hard drive internal, dan lainnya. Alat ini dapat menjadi cara mengunci folder di laptop, menyembunyikan file, folder, dan drive dengan mudah. Software ini memiliki banyak fitur menarik, termasuk fitur yang dapat memantau Disk atau Folder ketika perubahan dilakukan oleh pengguna.


9. Wise Folder Hider

Cara mengunci folder di laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan software Wise Folder Hider, cara ini bisa kamu jadikan cara mengunci folder di laptop Windows 10. Ini adalah software untuk menyembunyikan foto, video, dan file pribadi dari sistem komputer. Alat ini menyediakan kata sandi tingkat kedua  untuk folder, drive, atau file tertentu. Alat ini punya banyak fitur, salah satunya fitur dengan untuk melindungi file di drive USB.


10. File Protect System

File Protect System adalah cara mengunci folder di laptop yang dapat digunakan untuk mengenkripsi folder dan file, cara mengunci file di laptop Ini menggunakan fungsi hash seperti Message Digest 5 dan SHA-256 untuk mengubah data menjadi kode sandi. Fitur – fitur software ini termasuk fitur yang memungkinkan kamu untuk dapat bertukar informasi rahasia menggunakan klien email tertanam.


11. File Protect System


Cara Mengunci Menyembunyikan Folder di Laptop


Cara mengunci folder di laptop yang terakhir adalah dengan software File Protect System, cara menyembunyikan file di laptop dengan password yang sati ini adalah solusi untuk melindungi data. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengenkripsi folder dan file, software ini menggunakan fungsi hash seperti Message Digest 5 dan SHA-256 untuk mengubah data menjadi kode sandi.


Cara – cara mengunci folder di laptop di atas bukan satu-satunya cara untuk menyembunyikan atau melindungi file dengan kata sandi di Windows, tetapi cara – cra di atas adalah beberapa cara yang lebih populer. Kamu bisa menggunakan cara mengunci folder di laptop dengan aplikasi atau tanpa aplikasi yang lain yang bisa kamu temukan dengan mudah di internet. Have a nice day!s