search-button

Jul 22, 2021

11 Cara Mengatasi File Excel Tidak Bisa Dibuka

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi File Excel tidak bisa dibuka, atasi file excel corrupt tidak bisa dibuka. Saat menggunakan spreadsheet Excel, kebanyakan orang kekurangan waktu dalam pengerjaannya atau memiliki tenggat waktu yang harus dipenuhi.  Dan itu bisa jadi lebih parah dan memakan waktu, ketika Microsoft Excel yang coba kamu buka tidak mau membuka.


Kejadian tak terduga ini cukup umum, di mana program Excel menolak untuk membuka salah satu file Excel penting yang telah kamu buat, file Excel lama dibuka atau bahkan aplikasi Excel-nya pun gagak dibuka. Jadi, jika kamu sedang mengalami masalah ‘Microsoft-Excel-won’t-open’, artikel Cara Mengatasi File Excel Tidak Bisa Dibuka ini adalah yang kamu butuhkan. Simak selengkapnya berikut ini.


Cara Mengatasi File Excell Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi File Excel Tidak Bisa Dibuka

1. Hapus centang pada kotak Ignore DDE


Cara Mengatasi File Excell Tidak Bisa Dibuka


Cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka yang paling umum dan termudah adalah dengan memastikan pengaturan untuk Dynamic Data Exchange (DDE) pada perangkat kamu itu, benar. DDE adalah cara Excel berinteraksi dengan aplikasi lain dan secara default, pengaturan DDE dinonaktifkan, tetapi jika itu diaktifkan secara kebetulan, maka itu dapat menyebabkan file Excel tidak terbuka di sistem. So, silahkan nonaktifkan.


2. Nonaktifkan Add-in

Banyak orang menggunakan add-in pihak ketiga di Excel yang memungkinkan untuk meningkatkan fungsionalitas dan dapat menggunakan banyak fitur yang secara default tidak ada di Excel. Dan terkadang add-in ini akhirnya menjadi masalah, ini akan membuat kamu tidak dapat membuka file Excel. Jadi cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka karena ini adalah dengan menonaktifkan add-in.


3. Perbaiki Microsoft Office

Kemungkinan alasan lain yang menyebabkan file Excel tidak dapat dibuka atau bahkan program excel tidak bisa dibuka sama sekali adalah karena aplikasi Microsoft Office pada perangkat rusak dan perlu diperbaiki. Caranya gampang, tinggal tekan Windows key dan tombol R. Pada Dialog box yang muncul, ketikan ‘appwiz.cpl’. Cari Microsoft Office di daftar kemudian klik kanan, klik pada opsi Change > Quick Repair > Repair.


4. Atur Ulang Excel File Associations

Excel File Associations adalah yang memastikan bahwa saat kamu membuka file Excel, file tersebut menggunakan aplikasi Excel untuk membuka file tersebut. Tapi terkadang, Excel File Associations ini salah. Dan ketika kamu mengklik file Excel, file tersebut tidak akan mengetahui bahwa file tersebut perlu menggunakan aplikasi Excel untuk membukanya. Jadi cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka karena ini adalah dengan mengatur ulang asosiasi file.


5. Nonaktifkan Hardware Graphics Acceleration

Hardware Graphics Acceleration adalah sesuatu yang membantu sistem perangkat bekerja lebih baik, terutama saat menggunakan aplikasi Microsoft Office seperti MS Excel atau MS Word. Tetapi sering kali, ini juga dapat menyebabkan file Excel tidak terbuka atau sistem atau file menjadi mogok. Jadi, ada baiknya mencoba cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka ini, dengan menonaktifkan Hardware Graphics Acceleration.


6. Perbaiki Workbook/File Exel yang Corrupt


Cara Mengatasi File Excell Tidak Bisa Dibuka


Cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan memperbaiki file yang corrupt, jika memang begitu. Ketika Microsoft Excel mendeteksi file yang rusak saat dibuka, secara otomatis itu akan membuka mode File Recovery dan akan memperbaiki file yang rusak itu. Jika mode File Recovery tidak membuka, coba gunakan proses manual untuk membuka file dan memperbaikinya.


7. Ubah Ekstensi File Exel

Excel memiliki dua format file asli yang berbeda, format XLS asli digunakan hingga Excel 2003. Sejak itu, Microsoft telah menggunakan format file berbasis XML baru dengan ekstensi XLSX. Kedua format tidak secara langsung kompatibel satu sama lain. Saat program pihak ketiga menyimpan file format Excel, terkadang file itu menggunakan ekstensi yang salah. Cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka karena ini adalah dengan mengganti nama ekstensi file ermasalah dari XLS ke XLSX atau sebaliknya.


8. Pindahkan File ke Drive Internal

Cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan memindahkan file ke drive internal. Sama seperti program Windows lainnya, Excel sering mengalami masalah saat membuka file di drive eksternal. Secara teori, Windows memungkinkan pengguna untuk membuka file apa pun, baik itu di hard drive internal, drive USB, atau drive jaringan. Namun, kesulitan sering muncul saat membuka file di drive eksternal. Jika kamu mengalami masalah ini, coba salin file ke hard drive internal dan buka dari sana terlebih dahulu.


9. Gunakan Aplikasi yang Benar

Jika file Excel tidak bisa dibuka dan malah membuka di program spreadsheet selain Excel, atau jika dibuka di aplikasi yang tidak dapat menampilkan file Exel. Untuk ini silahkan klik kanan file Excel yang akan kamu buka di File Explorer. Di menu konteks, pilih ‘Open With’ dan kemudian ‘Choose another app’. Di kotak dialog ini, pilih ‘Excel’ dan pilih ‘Always use this app to open XLSX files’  lalu klik ‘OK’.


10. Hubungi Microsoft Support

Cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan menghubungi Microsoft Support. Jika tidak ada cara di atas yang berhasil sejauh ini, sebaiknya hubungi dukungan Microsoft atau Microsoft Support. Kamu dapat menggunakan tautan ini https://support.microsoft.com/contactus/ untuk menghubungi dukungan Microsoft atau Microsoft Support.


11. Buka File Excel Di Program Lain


Cara Mengatasi File Excell Tidak Bisa Dibuka


Excel seringkali lebih rentan terhadap masalah file daripada program lain yang mendukung format file yang sama. Jika file tidak dapat dibuka di Excel, coba beralih ke aplikasi spreadsheet lain. Kamu bisa mencoba program LibreOffice atau OpenOfficespreadsheet, program itu akan membuka file Excel yang rusak. Cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka adalah solusi terakhit yang bisa kamu gunakan.


Hal lain yang dapat kamu coba untuk mencari cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka terbaik adalah dengan memposting masalah ini di banyak forum Microsoft yang aktif, dan mungkin kamu akan mendapatkan bantuan dari orang-orang yang pernah mengalami masalah yang sama dengan yang kamu alami sekarang ini. Sekian panduan cara mengatasi File Excell tidak bisa dibuka ini, have a nice day!