search-button

Nov 13, 2020

8 Cara Mengatasi Bluetooth Error di Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi bluetooth error di Android. Jika kamu menggunakan smartphone dengan operasi sistem Android dan Bluetooth pada smartphone mu itu tiba – tiba tidak berfungsi atau error, jangan dulu panik dan terburu – buru membawanya ke tukang service apalagi menggantinya dengan yang baru. Karena error pada bluetooth di smartphone Android mu masih bisa diperbaiki.

 

Masalah atau error pada bluetooth bisa disebabkan oleh banyak faktor, banyak dari faktor – faktor tersebut yang mungkin tidak bisa kamu sadari. Tapi apapun itu penyebabnya, kami telah merangkum serangkaian cara memperbaiki bluetooth yang tidak bisa diaktifkan dan juga cara – cara untuk memperbaiki bluetooth yang mengalami error lainnya dalam panduan ini. Silahkan pelajari cara mengatasi bluetooth error di Android selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Bluetooth Error di Android

Cara Mengatasi Bluetooth Error di Android

 

1. Matikan dan Hidupkan Kembali Bluetooth

Cara mengatasi bluetooth error di Android pertama adalah dengan matikan dan hidupkan kembali bluetooth, sebenarnya ini adalah pemeriksaan dasar saja. Mungkin bluetooth di smartphone mu agak ‘melamun’, jadi yang perlu kamu lakukan hanyalah mematikan Bluetooth seluler mu lalu hidupkan kembali. Setelah itu, coba pasangkan dengan perangkat lain. Jika belum  bisa, silahkan coba cara kedua.

 

2. Mulai Ulang Smartphone

Cara mengatasi bluetooth error di Android selanjutnya adalah dengan memulai ulang smartphone mu, cara ini sangatlah mudah dan dapat menjadi solusi untuk berbagai macam error kecil lainnya yang mungkin terjadi di smartphone Android mu. Langkah – langkah untuk memulai ulang berbeda – beda pada setiap tipe smartphone. Jadi jika kamu belum tau caranya, silahkan cari tau di internet.

 

3. Hapus Perangkat yang Sudah Ditambahkan

Cara mengatasi bluetooth error di Android yang ketiga adalah dengan menghapus perangkat bluetooth yang akan disambungkan (jika itu pernah disambungkan sebelumya, atau kamu juga bisa menghapus semua perangkat bluetooth yang pernah disambungkan dengan bluetooth di smartphone mu. Setelah berhasil menghapus semuanya, kamu bisa mencoba lagi untuk menyambungkannya kembali.

 

4. Hapus Memori Mobil

Cara mengatasi bluetooth error di Android yang satu ini bisa kamu gunakan ketika bluetooth audio mobil tidak bisa connect, caranya adalah dengan menghapus semua perangkat bluetooth terdaftar di perangkat mobil secara manual. Atau kamu hanya tinggal menghapus perangkat bluetooth smartphone yang sebelumnya terhubung dengan sistem Bluetooth mobil, kemudian silahkan coba hubungkan kembali.

 

5. Pastikan Proses Pemasangan Tepat

Cara mengatasi bluetooth error di Android selanjutnya adalah dengan memastikan proses pemasangan bluetooth tepat, proses untuk memasangkan perangkat dapat berbeda-beda. Kadang-kadang, itu melibatkan sebuah kode ke ponsel atau komputer, ada juga proses pemasangan atau pairing dengan fitur NFC. Jika dirasa cara pemasangan yang kamu lakukan salah, silahakan lihat panduan penggunanya.

 

6. Hidupkan Mode Dapat Ditemukan

Cara mengatasi bluetooth error di Android yang ke enam adalah dengan memastikan mode Dapat Ditemukan di Android mu juga perangkat yang akan dipasangkan menyala, cara untuk itu sangat mudah. Pertama, masuk ke pengaturan ponsel dan klik Bluetooth lalu aktifkan mode tersebut. Ingat! ponsel dan perangkat yang akan dipasangkan mungkin memiliki waktu mode Dapat Ditemukan hanya beberapa menit saja.

 

7. Pastikan Kedua Perangkat Tetap Berdekatan

Cara mengatasi bluetooth error di Android selanjutnya adalah dengan memastikan kedua perangkat tetap berdekatan, yup! Perangkat yang berjauhan bisa menjadi penyebab bluetooth error atau gagal dalam pengiriman maupun pemasangan. Jadi, ketika akan dipasangakan atau juga ketika digunakan, pastikan kedua perangkat dalam jangkauan bluetooth satu sama lain agar tidak terjadi error.

 

8. Isi Daya Kedua Perangkat

Cara mengatasi bluetooth error di Android yang terakhir adalah dengan mengisi ulang daya kedua perangakat atau salah satunya, karena beberapa perangkat memiliki manajemen daya cerdas yang dapat mematikan Bluetooth jika level baterai terlalu rendah. Jika ponsel atau tablet Android mu tidak berpasangan dengan benar atau terjadi error, pastikan perangkat yang kamu coba pasangkan memiliki daya yang cukup.

 

Ok gengs! Demikianlah panduan cara - cara mengatasi bluetooth error di Android ini. Jadu ketika kamu bertanya – tanya kenapa bluetooth tidak bisa pairing? kenapa bluetooth tidak bisa nyala di Androdi? kenapa bluetooth tidak bisa nyala di iphone, bluetooth tidak bisa dinonaktifkan, atau bluetooth audio tidak bisa connect kamu tinggal menggunakan cara – cara yang kami cantumkan diatas.