search-button

Sep 28, 2020

7 Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi smartphone Android bootloop di semua merk dan tipe. Jika kamu masih bertanya-tanya apa itu bootloop pada Android, maka kamu mungkin belum memperbarui atau me-rooting smartphone Android mu. Mereka yang pernah me-rooting smartphone-nya mungkin sudah sangat sering menemukan dan mengatasi masalah tentang bootloop ini.

 

Android bootloop adalah kesalahan umum firmware Android yang membuat ponsel mengalami booting dan shutdown loop tanpa henti. Silakan ikuti cara – cara mengatasi smartphone Android bootloop di semua merk dan tipe yang kami rangkum di bawah ini untuk menyelesaikan masalah bootloop Android pada Smartphone Android mu dari LG, HTC, Samsung, Motorola, Nokia, Huawei, Lenovo, Acer, Micromax Lava atau yang lainnya.

Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop

Cara Mengatasi Smartphone Android Bootloop

 

1. Lepas Baterai

Cara mengatasi smartphone Android bootloop yang pertama adalah dengan melepas baterai smartphone mu jika memungkinkan, yup! Cara ini hanya bisa dilakukan pada smartphone yang bukan baterai tanam. Kamu bisa melepas baterai, kartu SIM dan kartu memori dari smarphone. Setelah itu, biarkan beberapa saat. Kemudian pasang dan coba nyalakan lagi.

 

2. Bersihkan Cache Pada Sistem

Cara mengatasi smartphone Android bootloop yang kedua adalah dengan membersihkan cache yang ada pada sistem, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi tablet bootloop. Untuk menghapusnya, kamu perlu masuk ke mode recover. Caranya, tekan tombol Power + Volume bawah, tunggu hingga masuk ke Recover Mode. Kemudian, pilih menu Advanced > Wipe Dalvik Cache > Mounts Storage > Wipe / Cache. Terakhir, restart.

 

3. Hapus Cache Partition

Cara mengatasi smartphone Android bootloop yang keempat adalah dengan menghapus cache partition, cara ini merupakan cara mengatasi Hp Huawei bootloop dan brand lainnya juga. Untuk ini, silahkan akses Recovery Mode dengan menekan tombol Power + Volume bawah bersamaan selama beberapa detik. Lalu, pilih menu Wipe Cache Partition dan pilih Yes. Terakhir, tunggu hingga proses selesai lalu restart smartphone mu.

 

4. Pakai Custom ROM

Cara mengatasi smartphone Android bootloop selanjutnya adalah dengan menggunakan Custom ROM, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi Hp HTC bootloop dan cara mengatasi Hp lainnya ketika bootloop. Untuk ini, smartphone kamu sebelumnya harus sudah terpasang CWM atau ClockWorkMod. Kamu hanya perlu mengganti ROM smartphone mu dengan custom ROM yang kamu inginkan saja.

 

5. Wipe Data / Factory Reset

Cara mengatasi smartphone Android bootloop yang keenam adalah dengan wipe data / factory reset, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi Hp Coolpad bootloop dan cara mengatasi Hp dari brand lainnya ketika bootloop. Untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu menekan tombol Power + Volume bawah secara bersamaan. Tahan sampai logo muncul, lalu pilih opsi Backup & Restore > Backup > Wipe Data / Factory Reset > Yes. Tunggu hingga proses selesai.

 

6. Install Ulang

Cara mengatasi smartphone Android bootloop selanjutnya adalah dengan menginstall ulang, cara ini merupakan cara mengatasi Hp cina bootloop atau Hp lainnya. Untuk menggunakan cara ini, kamu akan memerlukan sebuah PC. Untuk ini, kamu harus tau brand dan tipe smartphone kamu. Setelah mengetahuinya, kamu hanya perlu mencari tau dan mempelajari cara install ulang smartphone mu di Google.

 

7. Service Center

Cara mengatasi smartphone Android bootloop yang terakhir adalah dengan membawa smartphone kamu yang bootloop ke service center terdekat, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi Hp Asus bootloop dan cara mengatasi Hp lainnya saat bootloop. Akan lebih baik jika kamu membawanya ke service center resmi, kamu juga bisa menggunakan kartu garansi jika masih ada.

 

Ok gengs, sekian cara - cara mengatasi smartphone Android bootloop yang bisa kamu terapkan pada berbagai brand dan tipe smartphone yang mungkin kamu gunakan. Yup! Cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi Samsung A20 bootloop, cara mengatasi Samsung tipe lainnya ketika bootloop dan cara mengatasi smartphone dari brand lainnya ketika bootloop. Stay safe gengs!