search-button

Aug 24, 2020

9 Cara Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Menyala

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Panduan cara - cara memperbaiki Hp Android yang tidak bisa menyala. Kami yakin kamu adalah salah satu pengguna Hp Android yang sedang mengalami kesulitan karena Hp Android mu tiba – tiba tidak bisa menyala, yup! Ketika kamu mencoba menyalakan Hp Android mu dengan cara biasa, kamu menyadari bahwa HP Android mu tidak menyala seperti seharusnya.

 

Jangan panik dulu gengs, jangan dulu marah – marah, kesal sampai melempar HP ke lantai ya! Karena mungkin saja, ada salah satu cara memperbaiki Hp Android yang tidak bisa menyala yang akan kami bahas disini yang bisa menghidupkan kembali Hp Android mu. Cara – cara yang kami bahas dibawah ini bisa kamu terapkan pada berbagai merk Hp Android ya. Selengkapnya cara memperbaiki Hp Android yang tidak bisa menyala ada dibawah ini.

Cara Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Menyala

Cara Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Menyala

 

1. Kunjungi Toko Tempat Pembelian

Cara memperbaiki Hp Android yang tidak bisa menyala pertama adalah dengan mengunjungi atau datang lagi ke toko tempat kamu membeli Hp tersebut, cara ini hanya berlaku pada kasus khusus tertentu saja ya. Dimana mungkin kamu baru saja membeli Hp tapi Hp tersebut tiba – tiba tidak bisa menyala, hal ini mungkin karena kondisi Hp memang sudah tidak baik dari sana nya. Coba tanyakan pada petugas atau minta ganti rugi saja sekalian.

 

2. Istirahatkan HP Sebentar

Ketika Hp tidak bisa nyala dan Hp tersebut memiliki baterai tanam, salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan tidak menggunakannya dulu atau istirahatkan dulu HP mu sejenak. Cara memperbaiki Hp Android yang tidak bisa menyala ini cocok untuk kamu yang selalu non stop menggunakan HP, dan jika HP mu belum pernah dimatikan sama sekali dari semenjak itu dibeli. Karena itu, silahkan copot baterai dan kartu – kartu, kemudian diamkan selama tiga hari. Setelah itu, coba nyalakan kembali.

 

3. One-click Unbrick Tools

Cara memperbaiki Hp Android yang tidak bisa menyala selanjutnya adalah dengan menggunakan software bernama One-click Unbrick Tools, software ini bisa mengatasi HP mati total tidak bisa di charge dan masalah lainnya. Sofware ini bisa kamu temukan dan unduh secara gratis di internet, dan untuk panduan lengkap bagaimana cara mengunduh, memasang, dan menggunakannya, kamu bisa mengetahuinya langsung di situs tempat kamu mengunduhnya.

 

4. Isi Ulang Daya

Cara memperbaiki Hp Android yang tidak bisa menyala selanjutnya adalah dengan mengisi dayanya atau charge, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi Hp mati sendiri dan tidak bisa hidup. Silahkan isi ulang daya HP Samsung mu dengan menggunakan charger original atau yang sesuai dengan baterainya, tunggulah hingga sekitar 20 menit. Setelah itu, coba nyalakan kembali Hp mu. jika belum menyala, silahkan coba cara lainnya.

 

5. Reset

Cara memperbaiki Hp Android yang tidak bisa menyala ini cukup sederhana, kamu hanya perlu melakukan soft reset pada HP mu untuk mengatasi masalah ini. Untuk melakukan ini, caranya mungkin akan sedikit berbeda pada tiap – tiap Hp Android tapi secara umum caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol volume dan daya selama sekitar 10 detik. Setelah itu HP akan mem-boot ulang, kamu hanya perlu menunggu hingga boot selesai.

 

6. Service Center

Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala selanjutnya adalah dengan menghubungi atau datang langsung ke service center Samsung terdekat, cara ini bisa kamu gunakan ketika Hp bisa di cas tapi tidak bisa nyala atau disebabkan karena Hp mu baru saja jatuh atau mati karena sebuah benturan dan mengindikasikan kerusakan pada fisik HP Samsung mu. Jika kamu masih punya kartu garansi, itu lebih baik karena kamu tidak harus mengeluarkan biaya.

 

7. Bantu dengan PC

Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala selanjutnya adalah dengan menyambungkannya ke PC, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai Hp nyala sendiri ketika baterai dipasang. Jadi, langsung saja sambungkan HP tanpa baterai dan kartu SIM mu ke PC dengan menggunakan kabel USB. Sekarang, tekan dan tahan tombol volume atas, volume bawah dan power secara bersamaan hingga terdengar “bip” pada PC atau tahan hingga sekitar 5 menit. Setelah itu, lepaskan kabel dan pasang kembali baterai dan semua kartu. HP mu akan masuk ke dalam mode download.

 

8. Lepas Baterai

Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala selanjutnya adalah dengan melepas baterai HP mu dan mendiamkannya selama sekitar 10 menit, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi Hp mati total tidak bisa dicas. Selain baterainya, kamu juga bisa melepas kartu SIM juga kartu memori dari HP. Setelah sepuluh menit, kamu bisa mencoba kembali untuk menyalakan HP dan lihat apakah cara ini berhasil.

 

9. Safe Mode

Masalah umum mengapa Hp mu tidak mau menyala adalah karena Aplikasi tertentu yang mungkin tidak kompatibel dengan software Hp. Aplikasi dan program yang diunduh dari sumber yang tidak bersertifikasi dapat menyebabkan Hp mengalami error dan berpotensi macet. Jadi, jika Hp Samsung tidak bisa menyala atau Hp dari brand lainnya tiba – tiba tidak menyala, maka kamu harus mengaktifkan Safe Mode.

 

Seperti yang kami katakan sebelumnya, cara - cara memperbaiki Hp Android yang tidak bisa menyala diatas bisa kamu gunakan sebagai cara memperbaiki Android mati total karena jatuh atau pun Android yang tiba – tiba mati sendiri. Cara diatas juga universal, kamu bisa menggunakannya sebagai cara mengatasi Hp Vivo V5 mati total atau cara mengatasi Hp dari brand lainnya ketika mati total. Good luck!