search-button

Oct 20, 2019

5 Cara Cek IMEI HP Legal Atau Tidak

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah lima cara cek IMEI HP legal atau tidak. Setiap ponsel atau yang sering kita sebut  HP memiliki nomor IMEI yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi perangkat itu sendiri. Menyusul keputusan pemerintah untuk mengekang distribusi HP di pasar gelap atau HP BM (Balck Market), Kementerian telah membuat basis data jumlah perangkat seluler internasional (IMEI) yang masuk ke Indonesia secara legal atau resmi.


Data tersebut, akan digunakan untuk memblokir semua HP BM yang beredar di Indonesia gengs.  Selain memberantas HP BM, pemblokiran ini juga dapat memblokir HP curian gengs. Nah, jika kamu curiga HP yang kamu gunakan adalah ilegal, sebelum diblokir lebih baik kamu cek keresmian nomor IMEI HP kamu gengs. Tidak tau cara mengeceknya ? tenang ! kami telah membuar panduan lima cara cek IMEI HP legal atau tidak berikut ini.

Cara Cek IMEI HP Legal Atau Tidak

Cara Cek IMEI HP Legal Atau Tidak


1. iPhone

Pertama kita akan bahas tentang cara cek IMEI HP iPhone, apakah itu legal atau tidak. Untuk mengkonfirmasi status perangkat iphone mu, pertama-tama temukan nomor IMEI-nya. Untuk iPhone atau iPad, nomornya dapat kamu temukan di bagian belakang perangkat. Catat nomor tersebut, kemudian buka situs resmi Kemenperin di sini. Masukan nomor IMEI tadi ke kolom pencarian jika muncul “IMEI terdaftar di database Kemenperin”, artinya HP mu resmi.

2. Android

Selanjutnya adalah cara cek IMEI HP Android, legal atau tidak. Untuk melihat nomor IMEI pada HP Android kamu bisa membuka menu "Pengaturan" dan pilih "Tentang Telepon". Jika HP hanya mendukung satu kartu SIM, maka hanya akan ada satu nomor IMEI. Jika mendukung dua kartu SIM, kamu akan menemukan dua nomor IMEI tercantum di sana. Seperti cara sebelumnya, kamu hanya perlu masuk ke situs Kemenperin dan masukan nomor IMEI HP mu.

3. Semua HP

Cara cek IMEI HP legal atau tidak yang satu ini, bisa kamu gunakan untuk semua jenis HP. Bagaimana caranya ? caranya adalah dengan melihat nomor IMEI di kotak atau dus HP mu. Tentu, cara ini bisa dilakukan hanya jika kamu masih menyimpan dusnya ya. Salah satu sisinya biasanya memiliki stiker atau label yang berisi informasi identitas HP, termasuk nomor IMEI-nya. Setelah itu, silahkan kunjungi situs resmi Kemenperin untuk mengecek legalitasnya.

4. Semua HP.2

Masih dengan cara cek IMEI HP legal atau tidak untuk semua HP, kali ini kita akan memakai sebuah kode dial. Yup, jika kamu sudah tidak menyimpan dus HP mu, kode ini bisa kamu gunakan untuk cek nomor IMEI HP mu. Ok, cara mengeceknya mudah saja, tinggal tekan * # 06 ## di HP mu. Setelah itu, nomor IMEI akan segera muncul. Dan seperti biasa untuk mengecek legalitasnya, kamu harus memasukan nomor IMEI tersebut ke situs Kemenperin.
Baca juga:
4 Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang
5 Cara Melacak HP ASUS yang Hilang
\20 HP Anti Air Tahan Banting Termurah & Terbaik

5. Periksa nomor sertifikasi Postel

Selain mengecek legalitas HP dengan nomor IMEI, kamu juga dapat menggunakan nomor sertifikasi pos dan informasi (Postel) HP mu. Nomor Postel ini menyatakan bahwa HP telah lulus melalui serangkaian tes dan sebagai penanda bahwa HP tersebut legal. Nomor sertifikat Postel biasanya ada di sisi kotak ponsel yang juga berisi nomor IMEI. Format angkanya adalah "nomor sertifikat / SDPPI / tahun pembuatan". Lalu kamu harus ketikkan nomor itu di sini.


Gengs, itulah kelima cara cek IMEI HP legal atau tidak. Kami harap HP yang kamu gunakan sekarang itu merupakan produk legal ya gengs, karena jika tidak HP kamu akan segera diblokir. Yup, pemerintah akan membuat HP yang ilegal jadi tidak bisa menangkap sinyal. Bukan hanya HP dari black market saja, tetapi HP curian juga akan diblokir gengs. Lebih baik membeli barang dari yang resmi, meski produk BM itu lebih murah, tapi ketika ada masalah seperti ini, tidak ada yang akan bertanggung jawab yakan. Peace !