search-button

Jun 14, 2019

5 Penyebab TV LCD Jadi Mudah Rusak

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Televisi atau TV merupakan salah satu alat elektronik yang mampu menampilkan siaran bergambar yang berupa audio visual. TV ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, mulai dari TV dengan tampilan hitam putih hingga TV berwarna. Semakin canggih teknologi, TV pun kini memiliki inovasi baru, seperti bodinya yang dibuat tipis, bisa tersambung dengan internet dan USB, dan lain-lain. Harganya pun tentu bermacam-macam, seperti harga TV LG yang memiliki harga berbeda-beda di setiap toko.

TV memang menjadi solusi ketika Anda sedang bosan dengan berbagai pekerjaan. Anda tidak hanya bisa menonton siaran TV, tetapi juga bermain game, internetan, menonton film 4D, dan menonton film dari USB. Agar lebih seru, Anda bisa mengajak teman atau saudara untuk menonton film atau bermain game bersama-sama. Dengan begitu, rasa bosan dan penat setelah seharian bekerja pun menjadi hilang.

Penyebab TV LCD Mudah Rusak

Karena TV merupakan benda elektronik, maka tak jarang TV LCD sewaktu-waktu  mengalami masalah. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti menyalakan TV 24 jam non-stop, terkena air, terkena sambaran petir, dan lain sebagainya. Tentu saja untuk memperbaiki kerusakan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi harga TV LG terbilang cukup fantastis karena kualitasnya mumpuni.

Penyebab TV LCD Mudah Rusak

Jika kerusakan diakibatkan oleh kerusakan teknis atau akibat kelalaian Anda sendiri, maka hal tersebut sebenarnya masih bisa dihindari dengan merawat TV sebaik mungkin. Agar Anda bisa merawat TV lebih baik lagi, maka kenali terlebih dahulu beberapa penyebab TV LCD rusak berikut ini.

1. Tempat Penyimpanan TV LCD Terlalu Sempit

Tempat penyimpanan yang terlalu sempit, bisa membuat TV Anda menjadi rusak. Hal ini tentu saja berlaku bagi Anda yang suka menyimpan TV di dalam lemari khusus. Tempat yang kecil tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga ketika TV dinyalakan maka akan menimbulkan panas berlebih. Maka dari itu, lebih baik TV diletakan di tempat terbuka atau di dalam lemari yang lebih luas.

2. Meletakan TV di Tempat Lembab

Jika Anda meletakan TV di tempat yang lembab, maka TV Anda akan mengalami karatan pada komponen bagian dalamnya, sehingga TV akan mudah rusak. Selain itu, tempat yang lembab juga bisa memancing hewan-hewan kecil untuk bersarang di dalam TV sehingga seringkali mengakibatkan konsleting listrik. Untuk itu, hindari tempat-tempat yang lembab untuk meletakan TV Anda.

3. Terkena Sambaran Petir

Pada saat hujan turun disertai dengan petir, maka Anda harus segera mematikan TV. Petir bisa menyebabkan arus kejut yang menjalar melalui kabel/penghantar sehingga bisa mengenai TV. Tuner TV bisa menjadi sasaran jika bagian antenanya yang tersambar. Jika arus listriknya yang menjadi sasaran, maka regulatornya yang akan rusak terlebih dahulu.

4. Terkena Air

TV bisa terkena air dengan sengaja maupun tidak sengaja. Jika atap rumah bocor lalu mengenai TV Anda, maka segera pindahkan TV tersebut. Benda elektronik yang terkena air umumnya akan mengalami konsleting, sehingga benar-benar harus dijauhkan dari benda-benda cair.

5. Dinyalakan Lebih Dari 12 Jam Perhari

TV yang terus menerus dinyalakan selama lebih dari 12 jam setiap harinya akan merusak bagian LCD juga komponen lain di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan Anda menonton TV seperlunya saja, tidak berlebihan.

Demikianlah beberapa penyebab TV LCD mudah rusak. Di Bukalapak.com, Anda bisa mengecek harga TV LG dengan harga yang menarik. Di sana Anda bisa lebih mudah memilih harga TV LG sesuai dengan budget yang dimiliki. sesuai dengan budget yang dimiliki. Nikmati berbelanja aman dan mudah hanya di Bukalapak.com.