search-button

May 3, 2019

15 Tips Membeli HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah tips - tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui. Tidak diragukan lagi, smartphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari. Sebagian besar dari kita hampir tidak bisa tinggal lama tanpa smartphone. Namun, orang yang berbeda memiliki kebutuhan smartphone yang berbeda pula. Sementara beberapa pengguna sangat antusias dengan spesifikasi kamera, yang lainnya membutuhkan perangkat dengan prosesor hardcore.


Raksasa pabrikan Cina, Xiaomi, adalah salah satu perusahaan yang memiliki semua jajaran smartphone yang mungkin diperlukan oleh banyak pengguna termasuk kamu. Xiaomi menyediakan Smartphone dari kelas bawah, menengah, hingga unggulan. Jika kamu ingin memiliki smartphone Xiaomi baru yang sempurna atau perlu mengganti perangkat yang ada, kamu akan memerlukan beberapa saran untuk itu. Dan berikut adalah tips - tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui.

Tips Membeli HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

Tips Membeli HP Xiaomi yang Wajib Diketahui


1. Jenis Baterai

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui pertama adalah dengan memperhatikan jenis baterai. Untuk kamu yang belum tau, baterai pada HP itu ada dua jenis yaitu baterai yang dapat dilepas dan baterai tertanam atau yang tidak bisa dilepas. Nah, sebelum membeli HP kamu harus memperhatikan jenis baterainya. Setelah itu ketahuilah keunggulan dan kekurangan dari masing – masing jenis baterai, kemudain tentukan jenis baterai yang paling baik menurut mu.

2. Beli di Waktu yang Tepat

Jika kamu benar-benar ingin membeli smartphone Xiaomi itu, pastikan kamu mengetahui jadwal rilis perangkat Xiaomi yang akan datang setelahnya. Alasannya sederhana, yaitu karena harga smartphone Xiaomi akan turun segera setelah model baru diluncurkan. Jadi tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu pembelian, jika kamu benar-benar menyukai model Xiaomi yang itu, kami sarankan untuk menunggu sebentar lagi karena itu akan menghemat uang di saku mu.

3. Model Baru Tidak Selalu Jadi yang Terbaik

Banyak dari kita yang berpikir bahwa ketika smartphone yang keluar tahun lalu atau telah berumur satu tahun atau lebih dari sejak perilisannya, memiliki perangkat keras yang usang. Namun,  ini tidak selalu benar. Ponsel biasanya akan menjadi usang karena penggunaan terus menerus. Jadi tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan menghapus pikiran untuk selalu membeli Xioami, hanya karena itu adalah model terbaru tanpa tau apaun lagi.

4. Jenis Pengisian Daya

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah jenis pengisian daya. Selain memperhatikan jenis baterai pada HP yang akan kamu beli, kamu juga harus perhatikan jenis pengisian dayanya. Karena seperti yang kita tahu, sekarang ini telah dikembangkan jenis pengisian nirkabel atau tanpa kabel. So, silahkan bandingkan jenis pengisian daya manakah yang paling baik menurut mu.

5. Perhatikan Kebutuhan Prosesor mu


Tips Membeli HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan memperhatikan prosesor HP. Pemikiran bahwa hanya prosesor unggulan yang memberikan kinerja terbaik itu benar-benar salah. Prosesor kelas menengah seperti Snapdragon 660 misalnya pada Xiaomi Mi Max 2 dan Xiaomi Mi Note 3 menawarkan kinerja yang cukup baik bagi sebagian besar pengguna. Namun, jika kamu adalah seorang gamer hardcore dan membutuhkan daya untuk permainan berat juga, maka kamu memerlukan ponsel Mi dengan prosesor Snapdragon 835 dan GPU Adreno 540.

6. RAM

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan memperhatikan besar RAM pada HP. Memilih besar RAM HP itu sangat penting, karena besarnya RAM itu berpengaruh pada kinerja HP. Cobalah untuk menghindari jenis – jenis HP dengan besar RAM atau memori sistem hanya 1GB. Pada perangkat tingkat midtier, RAM yang bagus dan standar itu minimal 2GB. Tetapi jangan khawatir, sekarang kamu akan sering menemukan HP model baru dengan RAM 4GB atau 6GB di pasaran.

7. Perhatikan Ukuran Perangkat

Selanjutnya dari tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui adalah memperhatikan ukuran perangkat. Kamu tidak harus membeli smartphone berukuran ekstra untuk tangan atau tas mini kamu. Jika kamu suka menggunakan HP hanya dengan satu tangan, maka kamu jelas membutuhkan perangkat dengan ukuran kecil. Kira – kira tidak lebih dari sekitar 5,5 inci seperti Xiaomi Redmi 5A atau Mi 6.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan pengalaman penggunaan yang lengkap dari video dan game atau mungkin kamu perlu mode multi-jendela di Android, maka kamu memerlukan layar yang lebih besar seperti Xiaomi Mi Mix 2 5,99 inci yang masih pas di satu tangan dengan rasio aspek 18: 9.

8. Desain

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan memperhatikan desain HP. Meski definisi desain smartphone bagus itu subjektif, tetapi jika kamu peduli dengan kualitas dan estetika dari sebuah HP, carilah desain HP dari logam atau kaca. Atau ponsel yang menawarkan campuran keduanya. Ada banyak perangkat murah dari plastik, dan kami sarankan kamu untuk tidak membelinya kecuali memang kamu ingin menghemat uang.

9. Jangan Tergiur dengan besar Mega pixel Kamera

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan memperhatikan besar MP kamera HP. Kami yakin sebagian besar pengguna smartphone sangat menyukai kamera hebat, tapi mereka sering disesatkan oleh besar megapiksel kamera. Sebenarnya, besar megapiksel tidak harus selalu menjadi prioritas.

Kamu juga harus perhatikan spesifikasi lain seperti aperture dan fitur khusus seperti lensa ganda dan optical image stabilization (OIS) pada kamera. Contohnya Xiaomi Mi 6 yang muncul dengan Dual 12 MP (f / 1.8, 27nm, 1 / 2.9 ″, 1.25 μm, 4-axis OIS) + 12 MP (f / 2.6, 52mm, 1 μm), zoom optik 2x, autofokus deteksi fase, dual- LED dual-tone flash dan 8 MP di kamera kedua which is the best gengs.

10. Kualitas Tampilan Layar


Tips Membeli HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan mengetahui kualitas layar. Selain ukuran layar, kamu juga harus mempertimbangkan kualitasnya termasuk kualitas kecerahan, kualitas warna, dan lainnya. Jadi, kamu harus pastikan bahwa smartphone yang akan kamu beli memiliki panel yang cukup terang sehingga kamu dapat membacanya di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung. Pertimbangan penting lainnya adalah seperti jenis layar, jumlah warna serta tingkat hitam yang lebih dalam dan sudut pandang yang lebih luas.

11. Pilih OS yang Benar

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan memilih jenis OS HP. Beberapa waktu yang lalu, penggemar Xiaomi tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan OS MIUI. Itu karena semua smartphone Xiaomi memang dilengkapi dengan sistem ini. Namun, itu telah berubah sekarang dengan dirilisnya Xiaomi Mi A1.

Model tersebut menggunakan Android Stock dan akan memberi mu Update cepat Android. Tapi jika kamu suka kustomisasi besar-besaran dan suka menggunakan banyak fitur luar biasa seperti Aplikasi Ganda, Layar Kedua, Gudang Aplikasi, Panggilan Cepat, Penguat Game maka kamu dapat memilih MIUI.

12. Tukar Tambah

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan memanfaatkan evevnt tukar tambah dari toko – toko. Sering kali, toko -  toko online menawarkan pertukaran smartphone lama dengan smartphone yang baru dengan harga yang didiskon. Jika kebetulan kamu memiliki smartphone Xiaomi yang cukup lama yang ingin kamu ganti dengan model HP Xiaomi yang baru, kamu dapat memanfaatkan penawaran tukar tambah yang kami sebutkan tadi. Yups, bukankah itu opsi yang lebih baik.

13. Kenapa Membeli Yang Mahal Jika Ada Yang Murah

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan membandingkan beberapa HP dengan spek yang sama. Xiaomi menyediakan berbagai macam pilihan kelas smartphone dari kelas low hingga high. Nah, ketika kamu akan memebeli smartphone dari Xiaomi, kamu harus memperhatikan dengan benar bagaimana spesifikasi yang kamu butuhkan.

Cari model - model Xiaomi yang memiliki spesifikasi tersebut, setelah terkumpul model – modelnya, silahkan bandingkan harganya. Tentu kamu akan menemukan HP dengan harga yang paling rendah dengan spesifikasi impian mu.

14. Perhatikan Besar Penyimpanan

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan memperhatikan besar penyimpanan. Percaya deh gengs, smartphone dengan memori penyimpanan kurang dari 32GB itu bukanlah pilihan. Jika kamu ingin merasa nyaman dengan game, film, dan semua jenis multimedia, maka gunakan opsi memori minimal 32GB atau lebih.

Saat ini, banyak smartphone dari Xiaomi hadir dengan penyimpanan internal tidak kurang dari 64GB, meski begitu kamu harus tetap teliti. Penambahan slot kartu microSD pada Smartphone juga harus diperhatikan karena itu bagus untuk memperluas penyimpanan.

15 Kelemahan dan Kelebihan HP Xiaomi yang Wajib Diketahui
12 Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu 100% Akurat
20 Gadget Xiaomi Canggih Selain HP 2019

15. Perhatikan Masa Pakai Baterai


Tips Membeli HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

Tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui selanjutnya adalah dengan memperhatikan masa pakai baterai HP. Jadwal mengisi daya dapat membuat frustrasi ketika kamu harus menunggu berjam-jam sampai terisi penuh. Karena itu, mungkin kamu harus mencari perangkat Xiaomi dengan kinerja baterai yang baik atau lama.

Seperti Xiaomi Redmi 4X yang dapat bertahan hingga 10 jam dengan pemakaian reguler, atau Xiaomi Mi Max 2 dengan baterai Li-on 5300 mAh, atau mungkin juga Xiaomi Mi Note 2 5,7 inci dengan baterai 4020 mAh dan pengisian cepat, atau mungkin juga Xiaomi Redmi 5 Plus.


Ok demikianlah tips - tips membeli HP Xiaomi yang wajib diketahui oleh mu. Well, sebenarnya ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan sebelum membeli HP seperti jenis keamanan, jenis operator telepon yang didukung, dan tentu kesediaan fitur yang kamu inginkan ada di HP yang akan kamu beli. Happy shopping !