search-button

Sep 10, 2019

5 Cara Membuat Polling/Vote di Instagram (5 Langkah)

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Apa kamu ingin lebih banyak berinteraksi dengan followers mu secara langsung? Well jika iya, di artikel ini kamu akan menemukan cara membuat polling/vote di Instagram yang mana itu dapat membantu kamu untuk berinteraksi dengan mereka. Fitur polling/vote hanya tersedia di Instagram Stories sehingga kamu harus membuat pos cerita baru untuk menggunakan fitur ini.


Pada postingan ini tidak hanya membahas tentang cara membuat polling/vote di Instagram tetapi cara untuk memantau hasil vote tersebut juga tips – tips untuk membuat polling yang menarik diikuti. Ok ! untuk menghemat waktu membaca mu, mari kita langsung ke langkah – langkah untuk membuat polling atau vote di Instagram berikut ini.

Cara Membuat Polling/Vote di Instagram

Cara Membuat Polling/Vote di Instagram


1. Buat Post Cerita

Untuk memaksimalkan hasil dari polling/vote, kiriman cerita mu harus memiliki konteks terkait dengan topik jajak pendapat. Gunakan foto selfe mu atau buat teks untuk latar belakang postingan di cerita mu. Tambahkan filter, teks, emoji, atau coretan ke dalam cerita mu, dan sisakanlah ruang untuk menambahkan tombol polling ke posting tersebut.

2. Tambahkan Polling ke Posting Cerita

Untuk membuat polling, klik ikon Stiker (kotak dengan wajah) di bagian atas layar Story dan pilih opsi Poll sticker. Pilihan untuk menambahkan pertanyaan mu dan kotak polling/vote dengan tombol Ya / Tidak akan muncul. Ketikkan pertanyaan yang ingin kamu tanyakan di bidang teks, pertanyaan yang kamu buat itu akan ditujukan kepada followers mu, jadi berkreasilah!

Untuk menyesuaikan respons atau jawaban jajak pendapat/polling/vote, klik di setiap kotak (ya atau tidak) dan ketikkan jawaban pilihan mu sendiri. Yups, jawabannya bukan hanya Ya/Tidak saja tetapi kamu juga dapat memberikan opsi teks apa pun hingga 26 karakter untuk setiap opsi dalam jajak pendapat, tetapi tetap terbatas pada dua opsi respons.

3. Tempatkan Tombol Polling

Saat kamu telah selesai menyesuaikan polling, klik tanda centang atau tombol Selesai di sudut kanan atas layar. Stiker poling akan berpusat pada layar cerita yang kamu buat. Seperti halnya stiker lain, kamu dapat menyeret polling di sekitaran layar untuk ditempatkan. Dan untuk membuat stiker polling lebih besar atau lebih kecil, gunakan gerakan zomming biasa.

4. Bagikan Cerita

Setelah melengkapi dan menyelesaikan desain postingan cerita mu, silahkan tambahkan ke cerita mu seperti halnya posting lainnya. Followers yang menelusuri cerita mu akan melihat pos tersebut dan dapat segera memberikan suara untuk pertanyaan yang kamu ajukan pada mereka. Bukan hanya yang sedang menelusuri bagian cerita tapi followers mungkin juga akan menerima pemberitahuan pop-up yang memberi tahu mereka.

5. Pantau Hasil Polling/Vote

Baca juga:
2 Cara Donwload Instagram Stories di Android
5 Cara Mengatasi Komentar Instagram Diblokir
Cara Menghapus Tag di Instagram

Setelah jajak pendapat mu tayang, pastikan kamu mengaktifkan notifikasi push dan Instagram akan mengirimi mu notifikasi ketika seseorang memberikan suara. Untuk melihat semua hasil jajak pendapat mu dan analisis Cerita, buka cerita mu dan ketuk pada pemirsa yang tercantum di bagian bawah pos cerita, atau geser ke atas untuk membuka analisis pos. Pada halaman analisis, klik ikon mata untuk posting untuk melihat detail setiap orang yang melihat posting mu, serta siapa yang memilih opsi mana dalam jajak pendapat.

Ingat ya! bahwa hasil jajak pendapat hanya tersedia saat cerita disiarkan saja. Ketika cerita menghilang setelah 24 jam, analitik tidak akan muncul di analitik akun mu yang lain. So! cara terbaik untuk mengetahui hasil suara dari polling atau vote yang kamu buat adalah mengatur pengingat untuk masuk dan amatilah hasil polling mu sebelum cerita berakhir.


Sebagai penutup, kami akan memberikan sedikit saran agar kamu bisa membuat polling/vote/jejak pendapat mu di Instagram menjadi lebih baik. Pertama gunakanlah timing yang bagus, alih – alih membuat postingan disaat semua orang membuatnya juga, kamu bisa membuat postingan di saat yang tidak terlalu ramai di Instagram. Pertanyaan dalam vote bisa meliputi sebuah produk, preferensi detail acara yang akan kamu selenggarakan atau pertanyaan tentang topik yang sedang tren. Sedikit saran lagi, jangan terlalu sering menggunakan fitur ini, atau kamu akan melemahkan tingkat respons dari followers mu. Ok ! sekian cara membuat polling/vote di Instagram ini, have a good day !