search-button

Sep 3, 2018

10 Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” Di Asus

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Halo teman-teman! Kali ini kami ingin berbagi tentang cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Asus. Error semacam ini memang sering terjadi pada banyak smartphone salah satunya smartphone dari Asus. Sangatlah mengganggu memang, ketika kita akan membuka aplikasi tetapi aplikasi tersebut tidak terbuka atau menggantung dan malah keluar dengan sendirinya dan muncul pesan “sayangnya aplikasi telah berhenti”.


Untungnya ada banyak cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Asus kamu, dan cara – cara tersebut telah kami rangkum disini. Kamu hanya perlu membacanya lalu praktekan satu per satu cara tersebut di Asus kamu, here we go !

Cara Mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di asus

Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” Di Asus


1. Bersihkan Semua Sampah Cache dan Data Sisa dari Aplikasi

Kesalahan ini kadang-kadang disebabkan oleh terlalu banyak cache dan sisa data yang tidak berguna. Ketika kesalahan seperti itu terjadi pada Asus kamu, hal pertama yang harus kamu coba adalah dengan membersihkan semua cache sampah dan data dalam aplikasi.

2. Hapus Cache Perangkat Asus

Untuk melakukan cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Asus ini, Asus kamu harus masuk ke mode Recovery, metode untuk masuk ke mode recovery bervariasi dari satu tipe ke tipe lainnya. Tapi biasanya untuk masuk ke recovery mode kamu hanya perlu menekan tombol power dan Volume secara bersamaan ketika ponsel dalam keadaan mati, setelah itu pilih  opsi partisi cache wipe.

3. Bersihkan Background

Jangan membiasakan untuk keluar dari aplikasi dengan langsung menekan tombol home,karena dengan begitu kamu akan membiarakan aplikasi terus berjalan di background. Jika background penuh dengan aplikasi yang masih berjalan maka ini akan menimbulkan error. So, bersihkan background Asus kamu guys, supaya aplikasi lain bisa berjalan dengan lancar.

4. Restart Asus

Ketika cara - cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Asus sebelumnya tidak merubah keadaan aplikasi kamu, kamu perlu mencoba cara sederhana ini. Dengan menekan dan menahan tombol power lalu pilih opsi restart pada kolom, tenang saja restart tidak akan menghapus data apapun pada smartphone kamu.

5. Perbarui Aplikasi Ke Versi Terbaru


Cara Mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di asus

Buka Google Play Store kemudian cari dan buka aplikasi yang bermasalah, setelah itu klik perbarui dan tunggu sampai aplikasi selesai diperbarui. Coba jalankan aplikasi yang telah diperbarui, jika masih belum benar, silahkan coba cara lainnya.

6. Instal Pembaruan Terbaru dari Software Asus

Ketika software sudah usang, kesalahan kerja pada aplikasi jadi lebih sering terjadi. Periksalah apakah ada pembaruan untuk software Asus kamu. Silahkan jalankan Asus dengan software yang telah diperbarui untuk melihat apakah masalah error pada aplikasi kamu sudah teratasi dengan cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Asus ini.

7. Instal Ulang Aplikasi

Kesalahan aplikasi pada ponsel Asus kamu mungkin disebabkan oleh software aplikasi yang rusak. Sudah berapa lama kamu menggunakan aplikasi itu di Asus kamu? Apakah Asus kamu terkena virus baru-baru ini? coba hapus semua file dan folder terkait dan instal ulang aplikasi itu di Asus kamu.

8. Uninstall Aolikasi Lain yang Mirip

Apa kamu mengunduh banyak aplikasi yang serupa ? Jika demikian, kerusakan aplikasi semacam itu dapat disebabkan oleh crash di antara aplikasi. Cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Asus karena ini adalah dengan menghapus salah satunya. Juga ingat untuk menghapus semua file terkait, folder, cache, residu data dan informasi relevan dari aplikasi yang kamu hapus itu.

9. Pulihkan ke Pengaturan Pabrik

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu dapat mencoba mengembalikan smartphone Asus kamu ke pengaturan pabrik. Tapi, kamu juga harus tahu bahwa setelah memulihkan smartphone ke pengaturan pabrik, semua setting, game, file, foto, video, kontak, dan semua data di smartphone akan dihapus. Jadi tolong pikirkan dua kali sebelum mengambil langkah ini.

10. Unroot Asus


Cara Mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di asus

Baca Juga :
Spesifikasi Lengkap Asus Zenfone 2
Cara Hard Reset Asus Zenfone 4, Zenfone 5, Zenfone 6
3 Aplikasi Penghemat Baterai Asus Yang Wajib Diketahui

Memang dengan meroot smartphone akan memberikan kamu keleluasaan yang lebih untuk mengotak – atik smartphone. Tapi ketika kamu melakukan kekeliruan saat mengotak atiknya, ini akan membawa masalah, salah satunya pada aplikasi. Cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Asus karena ini adalah dengan unroot Asus kamu.


Putuskanlah dari cara - cara diatas, mana cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Asus yang paling tepat untuk kamu terapkan. Sebelum memutuskan, pertimbangkanlah setiap dampak dari cara – cara tersebut, jangan sampai menmbah masalah pada Asus kamu. Good luck !