search-button

Sep 10, 2019

3 Cara Jitu Memperbaiki Layar HP Flickering

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Beginilah cara jitu memperbaiki layar HP flickering. Apakah layar HP kamu tiba-tiba bermasalah dengan kemunculan garis-garis yang mengganggu ? itu artinya layar HP kamu flickering. Hal ini terjadi karena beberapa sebab, baik itu sebab internal maupun ekternal.

Contoh faktor ekternal penyebab flickering adalah perilaku kamu yang sering menempatkan HP di area bersuhu tinggi. Tapi, jangan panik! Saya punya cara jitu memperbaiki layar HP flickering kamu itu, Entah itu karena penyebab eksternal maupun internal.

Cara Memperbaiki Layar HP Flickering


Cara Jitu Memperbaiki Layar HP Flickering


1. Boot HP Dalam Mode Aman

Mode aman memungkinkan kamu untuk mendeteksi apakah ada aplikasi atau sesuatu yang mengganggu, yang menjadi penyebab masalah pada layar HP kamu. Silahkan aktifakn mode aman pada HP kamu dengan cara sebagai berikut,

  • Tekan dan tahan tombol daya hingga kamu melihat menu daya muncul,
  • Pada layar menu, tekan dan tahan ikon tombol daya hingga kamu melihat menu pop-up safe mode muncul di layar,
  • Kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi "Reboot ke safe mode" lalu tekan tombol "OK".

Sekarang HP kamu akan boot ke mode aman, semua aplikasi pihak ketiga yang telah kamu instal akan dinonaktifkan dan disembunyikan. Ini juga akan membuat kamu melihat apakah masalah flickering pada layar HP kamu terkait dengan aplikasi pihak ketiga atau tidak.

2. Mengubah Developer Option

Terlepas dari semua fitur keren yang ditawarkan oleh vendor HP kamu, ada beberapa opsi di menu yang dapat membantu kamu memperbaiki flickering pada layar. Developer Option memberi kamu kemampuan untuk menonaktifkan beberapa opsi yang berhubungan dengan masalah flickering pada layar.

  • Jika kamu belum mengaktifkan Developer Option, silahkan klik Setelan> Tentang ponsel dan klik 7 kali di “Build Number”,
  • Menu Developer Option akan ditambahkan ke bagian bawah aplikasi Pengaturan, jadi silahkan buka,
  • Ubah tab menjadi “Show surface updates”, dengan menggeser tombol di sebelahnya,
  • Setelah itu kamu harus menonaktifkan HW Overlay pada layar, dan atur pengomposan layar hanya ke GPU.

Pada dasarnya, masalah layar flickering terjadi ketika hardware sistem beralih antara CPU dan GPU untuk menampilkan konten di layar. Dengan mengaktifkan opsi Nonaktifkan HW overlay, kamu dapat secara fisik menghilangkan masalah flickering pada layar dengan mengatur operasi tampilan pada GPU.

3. Menonaktifkan Kecerahan Adaptif

 Opsi kecerahan Automatic/Adaptive berarti kecerahan layar HP kamu akan berubah-ubah sesuai dengan cahaya disekitar HP. Cara kerjanya terletak pada fotometriknya, jadi ketika kamu menutup sensor fotometriknya, layar akan menjadi gelap dan begitupun sebaliknya. Karena masalah flickering layar berhubungan dengan kecerahan layar, kamu harus coba untuk mengubah pengaturannya seperti ini.

Baca Juga:
5 Cara Mengatasi Rotasi Layar Android Tidak Berfungsi (UPDATED)
Cara Mendinginkan HP Asus Yang Panas/ Overheating
10 Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

  • Buka Pengaturan> Tampilan> Kecerahan
  • Temukan opsi Kecerahan Otomatis/Adaptif lalu nonaktifkan.


Jika tidak ada metode di atas yang membantu kamu menyelesaikan masalah flickering layar, saya sarankan untuk membawanya ke pusat perbaikan. Karena mungkin masalah ini disebabkan juga oleh hardware yang rusak dan memerlukan penggantian panel kaca depan atau seluruh layarnya. Sekian cara jitu memperbaiki layar hp flickering, good luck !