search-button

Jun 30, 2018

10 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di Advan

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Advan. Kamera adalah bagian penting dari sebuah ponsel. Tentu saja kita senang untuk mengabadikan semua momen indah dan berselfie ria dengan kamera Advan kita. Tapi apa jadinya jika tiba-tiba kamera Advan kita berhenti berfungsi dan muncul pesan “sayangnya kamera telah berhenti” ?

Pasti banyak momen berharga yang terlewatkan, jangan sampai hal itu terjadi lebih lama lagi. Lalu bagaimana cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Advan ? Well saya telah mencatat cara-cara jitu untuk memperbaiki masalah ini. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita simak cara-cara tersebut.

cara mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di advan 0


Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” Di Advan


1. Istirahatkan Kamera

Perangkat Advan kamu mengalami kesalahan ini pada saat-saat ketika kamera telah digunakan untuk jangka waktu yang lama. Cukup keluar dari kamera, tunggu selama 1 menit, lalu silahkan buka dan gunakan kembali kamera-nya.  Namun, solusi ini mungkin bersifat sementara dan jika masalah berulang terlalu sering maka kamu harus mencoba solusi lain yang tercantum di sini.

2. Restart Ponsel

Cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Advan selanjutnya adalah dengan merestart ponsel. Hal ini sering dapat memperbaiki gangguan aplikasi sederhana seperti ini. Tapi biasanya, ketika masalah diperbaiki oleh restart, sulit untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari masalah. Jika kamera berhenti bekerja tanpa alasan apa pun, maka restart adalah solusi tercepat dan termudah.

3. Hapus File Cache Kamera

Cache kamera adalah file yang membantu kamera bekerja lebih cepat. File cache dibuat untuk kemudahan penggunaan dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Namun, terkadang file cache ini dapat rusak dan dapat membuat error yang tidak memungkinkan kamu menggunakan kamera. Untuk memperbaikinya, kamu dapat menghapus file cache pada kamera.

4. Bersihkan File Data Kamera

Meskipun menghapus file data relatif tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi apa pun pada Advan kamu, tapi file data menyertakan pengaturan pribadi kamu untuk kamera. Jika kamu telah mengatur preferensi pada kamera, maka sebaiknya perhatikan preferensi/pengaturan tersebut sebelum kamu melakukan cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Advan dengan menghapus file data untuk kemudian mengaturnya sekali lagi.

5. Perbarui Software


cara mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di advan 1


Masalah kamera tertentu dapat terjadi karena bug pada software yang menyebabkan kamera tidak berfungsi dengan benar. Jika kamu telah menunda pembaruan software pada perangkat untuk waktu yang lama, maka ada kemungkinan kamu telah melewatkan pembaruan yang diperlukan untuk dapat membantu aplikasi perangkat berfungsi dengan benar. Silahkan periksa apakah kamu memiliki pembaruan yang tertunda atau tidak.

6. Hapus Cache dan File Data Galeri

Galeri sangat terkait erat dengan kamera dan jika ada yang salah dengan galeri, maka akan merambat ke kamera kemudian berakhir dengan pesan “sayangnya kamera telah berhenti”. Menghapus cache dan file data dari aplikasi galeri dapat menjadi cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Advan dan membantu dalam mencari tahu apakah galeri adalah penyebab dari masalah ini.

7. Gunakan Aplikasi Kamera Lain

Silahkan buka Play Store dan cari aplikasi kamera pihak ketiga. Ada banyak yang tersedia dan beberapa dari mereka mungkin menawarkan kamu lebih dari aplikasi kamera bawaan yang kamu gunakan saat ini. But ini hanyalah alternatif yang tidak memperbaiki masalah tetapi membantu kamu untuk terus menggunakan perangkat tanpa kesalahan.

8. Gunakan Safe Mode

Jika kamu lebih suka memperbaikinya daripada menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka kamu perlu mencari tahu apakah masalah muncul dari salah satu aplikasi yang baru saja kamu pasang atau bukan. Aplikasi tertentu diketahui dapat menimbulkan masalah untuk kamera. Untuk memeriksa apakah aplikasi pihak ketiga adalah penyebabnya dan mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Advan, maka kamu harus mengalihkan perangkat Advan kamu dalam Mode Aman.

9. Factory Reset

Factory reset akan membawa perangkat Advan kamu ke kondisi awalnya. Ini berarti kamu akan kehilangan semua data dan semua aplikasi yang diinstal di perangkat Advan kamu. Dengan mencadangkannya akan membantu kamu menyimpan semua data penting dan memastikan kamu tidak kehilangan semuanya.

10. Pusat Perbaikan


advan service center


Baca Juga:
10 Cara Menghemat Baterai HP ADVAN Agar Awet dan Tahan Lama
5 Cara Mudah Membuka Pola ADVAN Terkunci, Lupa Password
Cara Unmirror Kamera Depan ADVAN (3 Langakh)

Jika cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Advan tadi belum berhasil memperbaiki kamera kamu. Saya sarankan untuk membawanya ke pusat perbaikan, karena mungkin masalah tersebut di sebabkan oleh rusaknya hardware kamera.


So itulah beberapa cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di Advan. Dalam sebagian besar kasus yang pernah terjadi, dengan menghapus cache aplikasi dapat menyelesaikan masalah kamera tersebut. Bagaimana dengan kamu ? let me know mana cara yang bekerja ?