search-button

Jun 23, 2018

10 Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di ASUS

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di ASUS. Kamera adalah salah satu bagian yang penting dari sebuah Android termasuk ASUS. Dengan kamera ASUS kamu dapat menangkap semua momen terbaik yang terjadi, mengambil foto narsis dan lainnya. Lalu apa yang kita lakukan ketika kamera ASUS kita berhenti berfungsi?


Disinilah saya untuk memberitahu kamu cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di ASUS. Cara-cara berikut ini adalah cara-cara termudah untuk memperbaiki kamera ASUS yang error, yups cara termudah agar kamu dapat segera berfoto-foto kembali dengan kamera ASUS kamu. Here we go…

Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di ASUS 0


Cara Mengatasi “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di ASUS


1. Tutup Kamera Sementara

Error ini biasanya terjadi pada saat-saat ketika kamera telah digunakan untuk jangka waktu yang lama. Cukup keluar dari kamera, tunggu selama 30 detik, lalu silahkan buka kembali kameranya. Namun, solusi yang satu ini mungkin bersifat sementara dan jika masalah berulang terlalu sering maka kamu harus mencoba solusi lain yang tertera di sini.

2. Mulai Ulang ASUS

Cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di ASUS selanjutnya adalah dengan memulai ulang ASUS kamu. Cara ini sering dapat memperbaiki gangguan-gangguan aplikasi sederhana lainnya, kekurangan dari cara ini adalah sulitnya melacak penyebab sebenarnya dari masalah. But ini adalah cara tercepat untuk memperbaikinya.

3. Bersihkan Cache Kamera

File cache dibuat untuk kemudahan pengguna dan untuk memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik. Namun, terkadang file cache ini dapat rusak dan dapat membesarkan kesalahan yang tidak memungkinkan kamu untuk menggunakan kamera. Untuk memperbaiki masalah, kamu dapat menghapus file cache yang telah menumpuk.

4. Hapus File Data Kamera

Dengan menggunakan cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di ASUS yang satu ini, kamu hanya akan kehilangan data seperti pengaturan yang telah kamu terapkan pada kamera. Tentu saja tidak akan menghilangkan aplikasi kamera itu sendiri.

5. Perbarui Perangkat Lunak


cara mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di asus 1


Masalah kamera ini dapat terjadi karena bug di perangkat lunak yang menyebabkan kamera tidak berfungsi dengan benar. Jika kamu menunda pembaruan perangkat lunak/software pada ASUS kamu, maka segeralah untuk melakukan pembaruan.

6. Hapus Cache Dan File Data Pada Aplikasi Galeri

Galeri sangat berpengaruh kuat pada kamera, jika ada yang salah dengan aplikasi galeri maka masalah ini dapat mempengaruhi kamera dan memunculkan pesan “sayangnya kamera telah berhenti”. Cobalah untuk menghapus cache dan file data dari aplikasi galeri, jika kamera berfungsi kembali berarti memang galeri adalah sumber masalahnya.

7. Gunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Silahkan buka Play Store dan cari aplikasi kamera pihak ketiga, Seperti Cymera dan kawan-kawannya. Ada banyak yang tersedia dan beberapa dari mereka mungkin menawarkan kamu pengalaman lebih dari aplikasi kamera bawaan yang kamu gunakan. Ini memang alternatif yang tidak akan memperbaiki masalah tetapi membantu kamu untuk sementara.

8. Aktifkan Safe Mode

Cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di ASUS selanjutnya adalah dengan mengaktifkan safe mode. Dengan mengaktifkanya, kamu akan mengetahui jika ada aplikasi ketiga yang menyebabkan errornya kamera. Jika memang ada, silahkan copot pemasangannya.

9. Format SD Card

Beberapa pengguna juga mampu memperbaiki kamera ASUS yang bermasalah dengan memformat kartu SD mereka. Sebelum memformat silahkan ambil kartu SD yang terpasang di ASUS kemudian transfer semua file ke komputer kamu.

10. Factory Reset


cara mengatasi sayangnya kamera telah berhenti di asus 2


Baca Juga:
10 Aksesoris ASUS Zenfone Terbaik yang Harus Dimiliki (UPDATED)
10 Cara Menghemat Baterai HP Asus Zenfone Agar Awet dan Tidak Boros
Cara Mengaktifkan 4G LTE di Asus Zenfone AR

Factory reset  akan membuat  ASUS kamu kembali ke kondisi awalnya. Kamu akan kehilangan semua data dan semua aplikasi yang diinstal sebelumnya. Pastikan kamu membuat cadangan untuk semua data dengan memindahkan semua file penting ke perangkat penyimpanan lain, misalnya di Google Drive.


Cobalah satu persatu dari cara-cara diatas, saya sarankan untuk mencoba dari yang paling mudah dilakukan dengan resiko kehilangan data yang paling kecil. Semoga kamera ASUS kamu dapat segera digunakan kembali ya. Sekian cara mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di ASUS, have a nice weekend !