search-button

May 5, 2018

2 Cara Mengatasi Power Bank Kembung

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara Mengatasi Power Bank Kembung. Tidak begitu mengherankan, jika kota Bandung pernah membuat sebuah jargon bahwa kebutuhan anak-anak milineal jaman now adalah “Sandang, Papan, dan Colokan”. Beberapa inovasi pun sering digunakan untuk menambah daya batrei, seperti double battery technology ataupun power bank.

Di antara keduanya, power bank boleh dibilang sebagai benda kesayangan penambah daya yang tidak hanya praktis dibawa, namun juga diisi dayanya. Sayangnya, tipe batrei seperti ini acapkali kembung atau melembung. Kaitannya dengan hal ini, ini adalah Cara Mengatasi Power Bank Kembung.

Cara Mengatasi Power Bank Kembung

Cara Mengatasi Power Bank Kembung

Akibatnya, tempat batrei tidak akan muat dan terpaksa mengeratkannya dengan sebuah karet gelang atau bahan ikat lain. Tidak hanya itu, baterai yang didominasi bahan nikel dan lithium ini adalah item yang rechargeable dan mudah kembung karena pengisian yang tidak normal.

Seperti mengisi sebelum habis atau mengisinya terlalu lama. Imbasnya adalah ngedrop. Daya akan mudah meningkat diisi hanya beberapa menit saja. Sebaliknya, daya Power Bank saat Kembung akan terkuras dalam jangka waktu yang relative singkat saat digunakan.

Cara Antisipasi

Alasan utama power bank mengalami hal tersebut setidaknya ada dua. Pertama, power bank sudah lama terpakai. Kemampuan power bank sebagai daya tambahan biasanya hanya tahan dalam jangka waktu 3 tahun maksimal. Itu pun daya yang mampu ditampung telah turun 20 hingga 30 persen.

Kedua, Cara Mengatasi Power Bank Kembung dengan antisipasi penggunaan secara hati-hati. Power bank adalah benda yang lumayan rapuh apabila terjatuh. Sedikit saja geser komponen di dalamnya, item ini dimungkinkan untuk mengalami konsleting.

Belum lagi jika diisi ulang melebihi waktu standardnya. Kemampuan menampung daya yang melebihi kapasitasnya ini akan menjadikan suhu power bank meningkat. Supaya power bank tidak Kembung, sebaiknya memilih item yang memang jelas kualitasnya.

Meskipun nantinya agak mahal, akan tetapi kualitas yang didapat sudah sesuai dengan harga yang dikeluarkan. Andai memaksa membeli yang abal-abal, sangat mungkin terjadi mengalami permasalahan ini.

Baterai Pengganti dan Harganya

Cara Mengatasi Power Bank Kembung sebenarnya sudah dilakukan oleh beberapa orang dengan cara eksperimental. Banyak yang menggunakan media seperti kulkas, menaruhnya di dalam beras, atau memanfaatkan media lain. Dengan memasukkannya ke dalam kulkas, setidaknya, panas yang berada di dalam batrei akan menurun . Faktanya, cara ini memang ampuh untuk menurunkan kekembungan batrei. Sayangnya, cara ini tidak terlalu efektif karena hal tersebut akan kembali terulang.

Sedangkan Cara Mengatasi Power Bank Kembung yang lain adalah dengan mengganti batreinya. Isi dari power bank sebenarnya tidak jauh berbeda dengan batrei isi ulang lainnya yang berjumlah genap.

Untuk membeli batrei ini, pembeli harus menyediakan kocek hingga Rp 50.000,- untuk sepasang batrei nikel dan lithium. Saat memasangnya, pastikan semua tertata sesuai dengan pasangan arus aliran listrik.
Baca Juga: